loading...

INFO TENTANG TANAMAN HIAS DALAM RUANGAN



 
INFO TENTANG TANAMAN HIAS DALAM RUANGAN 
Jenis tanaman hias indoor mesti memiliki  sifat :
  • ketahanan hidup dalam ruangan. Tahan pada temperatur ruangan. 
  • Tahan pada kelembapan yang rendah, 
  • aliran hawa yang relatif sedikit serta juga mesti dapat sesuaikan dengan ruangan ber AC. Ketahanan dalam ruangan minimum sepanjang 2 minggu.



Media tanam untuk tanaman hias indoor mesti mempunyai karakter porous, yang bisa menahan sedikit air. Media tanam yang pas yaitu sekam bakar, cacahan pakis, cocopeat atau kombinasi sesuai dengan type tanaman hias yang bakal ditanam. Juga butuh ditambah humus daun atau pupuk kandang yang sudah diolah.

Beberapa contoh jenis daftar tanaman hias untuk indoor yang populer misalnya Dendrobium dan Phaeleonopsis atau Anggrek bulan yang dikenal sebagai tanaman yang rewel dan sulit untuk tumbuh, Palem dari keluarga sawit yang dikenal dengan nama latin palmae, spathiphyllum atau bunga Lili, pakis dengan daunnya yang berbulu dan bertekstur besar, authurium yang exotis, sirih gading dengan daya tahannya yang kuat serta Massangeana Cane yang lebih dikenal sebagai bunga Andong di Indonesia.








Terdapat banyak persyaratan untuk mempermudah menentukan tanaman hias yang bisa digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan. seperti:

1. Didasarkan atas jenis dan fungsi sebagai tanaman hias indoor.
Tanaman hias ada tanaman hias berbunga dan tanaman hias yang tidak berbunga atau biasa disebut tanaman hias daun. Tanaman hias berbunga dinikmati karena keindahan bungannya misalnya angrek, adenium, mawar. Tanaman hias daun dinikmati karena keindahan corak dan warna daunnya, misalnya anthurium, aglaonema, sanseviera. Jenis tanaman hias yang dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor banyak dari tanaman hias daun. Namun juga ada tanaman hias bunga bisa sebagai tanaman hias indoor. Tapi jumlahnya tidak sebanyak tanaman hias daun.

Fungsi sebagai tanaman hias indoor bermacam-macam. Tanaman hias tersebut diletakkan dalam ruangan untuk apa. Sebagai pembatas pandangan, sebagai memperindah sudut ruangan. Untuk pemanis atau memperindah ruangan, tanaman hias yang dipakai harus memenuhi kriteria seperti berdaun unik dan berwarna indah. Sedangkan sebagai pembatas ruangan tanaman hias yang digunakan harus cukup besar dan berdaun lebat. Beberapa tanaman hias yang dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor adalah : dari jenis tanaman hias berbunga; anthurium bunga, begonia, spathiphylum, anggrek. Dari jenis tanaman hias daun; andiantum, aglaonema, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, dracaena dll.

2. Didasarkan daya tahan tanaman.
Tanaman hias memiliki daya tahan yang berbeda-beda terhadap lingkungan. Seperti intensitas cahaya, kelembaban, sirkulasi udara dan temperatur. Tanaman hias yang tahan akan intensitas cahaya matahari yang rendah dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor. Juga tahan terhadap udara kering dengan sedikit sirkulasi dan tahan terhadap temperatur sedang serta perbedaan temperatur siang dan malam yang ekstrem. Namun demikian bukan berarti tanaman tersebut tahan selamanya dalam ruangan. Rotasi tanaman tetap diperlukan. Minimal 2 minggu sekali rotasi dilakukan. Tanaman hias dari dalam ruangan diletakkan kembali diluar. Dengan tujuan untuk memberikan kesegaran dan agar tetap tumbuh dengan baik. Karena fotosintesis tanaman tetap membutuhkan sinar matahari.

3. Didasarkan pada sitem perawatan tanaman.
Perbedaan ketahanan tanaman hias pada lingkungannya, membuat tanaman hias tersebut mempunyai sistem perawatan yang berbeda pula. Rata-rata tanaman hias yang memerlukan intensitas matahari yang tinggi mempunyai sistem perawatan yang paling gampang. Namun demikian jenis tanaman hias indoor, ada juga yang butuh perawatan intensif dan ada yang mudah perawatannya.

Dianjurkan untuk hobyis pemula dalam menentukan tanaman hias indoor untuk mencari yang perawatannya sedikit serta gampang. Gampang perawatan berarti aktivitas perawatan tanaman hias itu gampang serta cepat dikerjakan oleh siapa saja. Yang terhitung tanaman hias indoor gampang dirawat : sanseviera, dracaena, philodendron. Untuk yang perlu perawatan intensif : aglaonema, anthurium, calladium, anggrek.







disarikan dari http://caraberkebun.com/
sumber gambar :  http://caraberkebun.com/
loading...
>


artikel berikutnya



1 comments:

Faedah Jaya mengatakan...

banyaknya artikel yang ada disini memiliki kualitas content yang bermanfat bagi saya, tak heran bila blog pertanian ini ramai pengunjung? salam sukses

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog