loading...

TAMAN DI RUMAH DAN TIPS MEMBUATNYA


Membuat taman merupakan salah satu usaha kita untuk menghadirkan keindahan bagi lingkungan rumah kita. Perencanaan desain taman baik di depan, samping, dan belakang rumah, ternyata bisa kita lakukan sendiri. Tentu pertanyaannya sekarang, bagaimana membuat taman itu? Saya jelaskan beberapa poin yang penting dalam membuat taman.

Tema Taman

Pilihlah tema taman yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda bisa memilih temataman gaya Bali, taman gaya tropis, taman gaya minimalis, atau gaya modern. Namun Anda juga harus mempertimbangkan situasi dan kondisi lahan yang Anda punya.

Pemilihan tanaman

Pemilihan vegetasi merupakan poin yang harus diperhatikan. Buatlah beberapa list jenis tanaman yang Anda suka. Belilah sesuai dengan kebutuhan bagi lahan Anda dan tentunya tanaman yang sehat juga menjadi poin yang sangat penting. Saya memiliki rumus untuk menghitung jumlah tanaman (berdasarkan jarak tanam vegetasi) yang ada sebagai berikut:

Jarak Tanam (cm)Jumlah Tanaman (nos/m2)
10100
1544.444
2025
2516
3011.111
406.25
504
602.7
751.7
1001
*nos = satuan tanaman (English)

Jadi seperti ini perhitungannya: jika Anda memiliki 2 meter persegi lahan, dan mempunyai tanaman yang mempunyai jarak tanam 30 cm, maka jumlah tanaman yang Anda butuhkan adalah 22.222 (dibulatkan menjadi 22)

Tata Letak

Tata letak tanaman mempengaruhi keindahan dalam merancang taman. Selalu perhatikan komposisi vegetasi seperti rumput (grass), tanaman penutup (groundcover), perdu (shrubs andfeature plant), tanaman air (waterplant) dan pohon (tree). Strata vegetasi yang harus diperhatikan seperti ini: Pohon diletakkan sebagai background (area paling belakang), Perdu dan semak diletakkan sebagai midground (area tengah), dan terakhir tanaman penutup ataugroundcovers dan rumput diletakkan sebagai foreground (area depan)

Pengolahan Media Tanam

Pengolahan media tanam yang baik dengan pencampuran tanah humus dan pupuk (organik atau non organik) sangat berperan bagi kelangsungan hidup tanaman kita. Penyiraman yang baik juga harus diperhatikan terutama pada pagi dan sore hari. Untuk penyirama jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa beli sprinkler (penyiram air otomatis) yang dapat disetting sesuai keinginan kita.

Drainase

Pada musim hujan bagian ini yang penting diperhatikan. Tanpa drainase kebun atau taman kita bisa banjir . Kenapa? Karena pada dasarnya drainase untuk mengatur aliran air yang sudah tidak terpakai dialihkan ke pembuangan riol (istilahnya got). Tapi ada juga alternatif pembuatan drainase ini dengan pembuatan lubang biopori.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "TAMAN DI RUMAH DAN TIPS MEMBUATNYA"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT