loading...

PEMBIBITAN DAN PENANAMAN TANAMAN KUNYIT

Artikel sebelumnya di blog tipspetani :

-----------


Saat sekarang jika Anda tidak mempunyai usaha sampingan, maka Anda tidak akan bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Ada berbagai usaha sampingan yang bisa Anda lakukan namun pada dasarnya usaha sampingan adalah sebuah usaha yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Dari sekian banyak usaha sampingan yang bisa Anda lakukan, bercocok tanam kunyit mungkin adalah usaha sampingan yang paling baik untuk Anda, khususnya jika Anda mempunyai lahan kosong disekitar rumah Anda. Harga kunyit baik kunyit kuning atau kunyit putih yang lumayan mahal bisa menambah pemasukan kedalam kocek Anda setiap minggunya. Untuk memulai usaha sampingan ini maka yang Anda perlukan hanyalah sedikit mengetahui teknik budidaya kunyit karena penanaman kunyit sangat mudah dan tidak memerlukan terlalu banyak perawatan.

Cara Pembibitan Tanaman Kunyit
Cara budidaya tanaman kunyit tidak sesulit tanaman lain. Tanaman kunyit merupakan tanaman semak yang mudah tumbuh dan tingginya bisa mencapai 100cm. rimpang kunyit berwarna mulai jingga sampai kecoklatan dan daging rimpang berwarna merah jingga kekuning-kuningan. Cara budidaya kunyit sangat mudah syarat pertama yan harus dipenuhi adalah iklim. Kunyit akan tumbuh subur pada daerah dengan intensitas cahaya penuh atau sedang dan dengan curah hujan antara 1000-4000mm/tahun. Kunyit tumbuh subur pada tanah gembur dan jenis tanah yang paling cocok adalah tanah riingan dengan bahan organik yang tinggi dan tanah lempung berpasir yang tidak tergenang.

Untuk mulai penanaman, siapkan bibit terlebih dahulu. Bibit bisa dibuat dari pecahan rimpang yang sehat dan bersih dari penyakit dan kerikil. Rimpang dipotong dengan ukuran 3-7cm dan berat seragam (20-30 gram) setelah itu bekas potongan ditutup dengan abu dapur. Setelah itu bibit disemaikan dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh selama 1-1,5 bulan dan disiram pagi dan sore hari. Setelah muncul mata tunas, makapembibitan sudah selesai. Cara budidaya yang benar, bibit harus dipindahkan ke tempat persemaian hingga mata tunas tumbuh 2-3cm dan setelah itu penanaman pada lahan bisa dilakukan.

Pengolahan Lahan dan Penanaman Kunyit

Untuk lahan yang akan ditanami kunyit, maka pengolahan sederhana diperlukan. Pertama, lahan dibersihkan dari daun, rumput dan hama pengganggu 30 hari sebelum penanaman dengan cara dicangkul dengan kedalaman 20-0 cm dan kemudian dibiarkan terkena matahari selama 1-2 minggu agar hama penyakit dalam tanah mati dan gas berbahaya menguap. Selanjutnya, buat bedengan dengan lebar 60-100 cm dan tinggi 25-45 cm dengan jarak antar bedengan 30-50cm. sebelum ditanami sebaiknya bedengan dipupuk dengan pupuk kAndang yang sudah jadi dan dibiarkan 1 minggu.

Teknik menanam kunyit pada lahan adalah kunyit dimasukan kedalam lubang berukuran 5-10cm dengan mata tunas menghadap keatas. Penanaman sebaiknya dilakukan diawal musim hujan. Bibit ditutup tanah tapi jangan dipadatkan. Cara tanam yang demikian akan membuat kunyit cepat tumbuh daunya dan akarnya juga cepat menyebar. Untuk mengetahui cara menanam kunyit yang benar, Anda bisa juga mencari informasi dari dinas pertanian. Penyuluh pertanian akan datang atas permintaan Anda jika ada banyak petani yang ingin mengetahui teknik menanam kunyit yang baik dan benar. Untuk hasil rimpang yang besar dan seragam, pemupukan, penyiraman serta penyiangan mutlak diperlukan. Pestisida tidak mutlak diperlukan kecuali Anda melihat ada serangan hama yang serius. Pemanenan dapat dilakukan setelah berumur 8-18 bulan dan masa panen bisa mencapai 8 bulan. Untuk pemanenan yang berkelanjutan, jangan cabut batang kunyit namun cukup Anda korek disekitar batang untuk mengambil rimpang yang sudah besar.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PEMBIBITAN DAN PENANAMAN TANAMAN KUNYIT"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT