loading...

MANFAAT PENTING BUAH JERUK LEMON


Menurut USDA, satu buah jeruk lemon mentah yang belum dikupas (sekitar 58 gram) mengandung 17 kalori, 0.6 gram protein, 0.2 gram lemak dan 5.4 gram karbohidrat (termasuk gula dan serat). Buah jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jika Anda mengkonsumsi satu buah jeruk lemon saja dalam sehari, kebutuhan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang bervariasi menjadikan jeruk lemon memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, seperti berikut ini:


Menurunkan Risiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung

Menurut American Heart Association, manfaat jeruk lemon bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dan rutin ialah dapat menurunkan risiko seorang perempuan untuk terkena stroke otak. Data penelitian mereka mengatakan bahwa kelompok perempuan yang menkonsumsi lemon ternyata memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi lemon. Jeruk lemon juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung karena manfaatnya yang dapat melindungi pembuluh darah dari penimbunan kolesterol.

Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satu penyebab terjadinya kanker di dalam tubuh adalah karena adanya radikal bebas yang berlebihan dan mengacaukan sistem tubuh. Buah jeruk lemon memiliki banyak antioksidan (vitamin C) yang dapat bekerja menangkal dan menetralisir radikal bebas tersebut sehingga melindungi tubuh dari terjadinya penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Kulit


Kolagen yang merupakan salah satu zat penyusun kulit manusia dipengaruhi oleh kadar vitamin C dalam tubuh. Pembentukan kolagen akan semakin baik dan optimal bila vitamin C yang di dalam tubuh dalam jumlah yang memadai. Ini artinya, manfaat jeruk lemon yang tinggi vitamin C akan memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan kulit dan meningkatkan kualitas kulit.

Membantu Menstabilkan pH Tubuh

Keseimbangan asam dan basa tubuh merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa pH tubuh yang cenderung asam tidak baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu manfaat jeruk lemon yang lain ialah dapat menetralisir asam berlebih dalam tubuh kita. Uniknya, jeruk lemon yang sifatnya asam akan dirubah menjadi basa ketika sampai di lambung, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk obat alami sakit maag. Sifat jeruk lemon yang unik ini juga bermanfaat untuk memecah batu ginjal.

Mencegah Sesak Nafas atau Asma

Manfaat lemon yang satu ini sangat berguna bagi mereka yang menderita asma. Risiko terjadinya asma dapat dicegah dengan konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan kelompok yang mengkonsumsi vitamin C yang cukup ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi vitamin C dengan teratur

Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Makanan yang tinggi akan vitamin C (salah satu jenis antioksidan yang paling bagus) akan mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh sehingga membantu kita agar tidak mudah terkena penyakit. Disarankan untuk mengonsumsi lemon saat kondisi tubuh terasa tidak fit, sedang banyak aktivitas fisik yang berat dan saat cuaca dingin. Selain itu juga dapat membantu menyembuhkan sakit ringan semacam flu dan pilek, namun jika sudah mengonsumsi obat, konsultasikan dahulu dengan dokter apakah boleh makan jeruk lemon pada saat itu.

Mencegah Anemia


Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang terkena anemia atau kurangnya sel darah merah. Zat besi ini berguna untuk pembentukan sel darah merah dan berasal dari makanan yang kita konsumsi. Syaratnya, zat besi yang kita konsumsi harus diserap oleh sel usus agar dapat bekerja dalam tubuh kita. Vitamin C dalam lemon yang dikonsumsi sebelum makan makanan yang kaya akan zat besi akan membantu penyerapan zat besi yang optimal. Jadi sebaiknya Anda mengkombinasikan lemon dengan makanan yang kaya akan zat besi misalnya bayam.

Menurunkan Risiko Terkena Radang Sendi / Rematik


Radang sendi yang disebut juga Rheumatoid Arthritis merupakan suatu penyakit yang menyebabkan persendian terasa nyeri dan kaku. Dalam suatu penilitian disebutkan bahwa kelompok yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit ini sebesar 3 kali dibandingkan kelompok yang jarang mengkonsusi makanan yang kaya akan vitamin C.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet

Para ahli sudah menyetujui bahwa mengonsumsi jeruk lemon bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Buah asam ini baik dipakai untuk membantu mencapai berat badan ideal karena memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan. Hal ini sebenarnya juga mirip dengan jeruk nipis. Memanfaatkan jeruk lemon untuk menurunkan berat badan Anda dapat melakukannya dengan membuat infused water dengan mencampur buah-buahan lain, atau bisa juga cukup dengan membuat minuman jeruk lemon sederhana.

Melancarkan Metabolisme dan Membantu Detoksifikasi

Air lemon yang diminum pada pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun sangatlah bagus untuk tubuh kita. Tentu saja air lemon yang diminum lebih baik tidak mengandung gula dan pemanis lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa kondisi tubuh yang cenderung asam merupakan kondisi yang kurang baik untuk metabolisme tubuh. Sifat lemon yang dapat menetralisir asam ini sangat baik untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh. Selain itu lemon juga akan membantu proses detoksifikasi yaitu membantu mengeluarkan zat tidak berguna dan berbahaya dari tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi lemon pada pagi hari baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini sangat baik terutama bagi mereka yang mengalami konstipasi. Meminum air lemon pada pagi dan saat perut kosong dapat membantu memperlancar BAB. Sistem pencernaan yang lancar penting untuk melakukan program menurunkan berat badan, hal ini karena penyerapan nutrisi makanan dapat menjadi optimal.

Mempertahankan Rasa Kenyang

Lemon mengandung suatu zat yang disebut pektin. Zat pektin ini memiliki efek untuk menahan rasa lapar dan memperlama sensasi kenyang. Meminum minuman dengan sari lemon setiap hari akan membantu Anda untuk mempertahankan porsi makan Anda. Apalagi jeruk lemon mengandung sedikit kalori dan banyak serat yang bermanfaat untuk diet.

Manfaat jeruk lemon ternyata tidak sedikit. Jeruk lemon mempunyai banyak fungsi yang berguna meningkatkan kesehatan tubuh, mempertahankan tubuh dari penyakit dan membantu sistem kekebalan tubuh. Selain di bidang kesehatan, jeruk lemon juga ternyata berguna untuk membantu program penurunan berat badan bila dikonsumsi setiap hari karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meregulasi rasa kenyang dan memperlancar pencernaan.
sumber :http://dedaunan.com/
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "MANFAAT PENTING BUAH JERUK LEMON"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT