loading...

TIPS MEMILIH BIBIT KACANG PANJANG YANG BAIK



Untuk menghasilkan tanaman kacang panjang yang berkualitas tentu saja bibit yang digunakanpun haruslah berkualitas. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap jenis tanaman yang diharapkan, serta banyaknya produksi panen yang dihasilkan.

Dalam menentukan bibit tanam kacang panjang, seorang petani/pekebun terlebih dahulu dapat membeli bibit tersebut di toko bibit, atau dapat juga melakukan pembibitan sendiri dari induk kacang panjang yang berkualitas.

Namun kali ini saya akan memberikan kiat terbaik dalam memilih bibit kacang panjang berkualitas tinggi, yang kali ini akan diberikan beberapa kriterianya. Berikut ini beberapa kriteria yang harus anda pahami terkait bibit kacang panjang yang berkualitas.

1. Bibit Kacang Panjang Hasil Pembelian Di Toko Bibit

Bibit kacang panjang dapat secara praktis dan mudah diperoleh dengan cara membelinya langsung di pasaran. Beberapa jenis/varietas kacang panjang yang dapat anda beli, diantaranya adalah kacang panjang usus, kacang panjang biasa, varietas kacang panjang 1 (KP-1), varietas kacang panjang 2 (KP-2), varietas usus hijau, dan lain-lainnya.

Selama membeli bibit, sebaiknya anda dapat menanyakan langsung kepada produsen/penjual bibit kacang panjang tersebut, meliputi beberapa pertanyaan umum seperti:

  • Dari beberapa varietas manakah yang lebih banyak digunakan petani?
  • Apakah bibit tersebut sudah terverifikasi/bebas dari penyakit?
  • Syarat tumbuh untuk penanaman bibit tersebut?
  • Keunggulan dari salah satu bibit dari bibit dari jenis/varietas lainnya?
  • Apakah ada varietas bibit kacang panjang yang lebih cepat tumbuh dan berbuah lebat?
  • dan lain sebagainya (dapat anda buat pertanyaan sebelum membeli bibit supaya mendapatkan informasi yang resmi, akurat, dan bermanfaat untuk tindakan pertanian anda selanjutnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli dan memilih bibit kacang panjang, diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Pilihlah kemasan bibit yang masih disegel utuh, kemasan juga menarik;
  • Pilihlah kemasan bibit yang tidak kadaluarsa (expired);
  • Dikemasan bibit tertera "bibit telah terverifikasi dari badan yang berwenang/dinas pertanian atau bahkan dari kementerian pertanian Republik Indonesia", itu artinya bibit juga harus mempunyai sertifikasi dan izin yang resmi;
  • Bobot bibit saat dibawa menggunakan tangan terasa agak berat dan hal ini menandakan bahwa bibit berkualitas;
  • Jika memungkinkan bibit dapat dilihat dari luar kemasan, biasanya bibit akan nampak gemuk-gembuk/ideal dan nampak bersih.

2. Bibit Kacang Panjang Hasil Pembibitan Sendiri

Sementara itu, untuk bibit kacang panjang hasil dari pembibitan di kebun sendiri juga dapat dijadikan bibit produktif berkualitas tinggi. Bibit ini diambil dari bibit buah kacang panjang yang sudah tua dan dengan cara dijemur, bibit yang telah tua tersebut kemudian diambil bijinya, untuk selanjutnya dijadikan bibit generatif (bibit dari biji).


Untuk mengetahui apakah bibit kacang panjang dari biji tersebut berkualitas atau tidaknya, maka parameter yang dapat diukur untuk melihat kelayakannya yakni:


  • Bibit kacang panjang harus berasal dari induk tanaman yang telah memiliki riwayat hidup cukup mumpuni (baik), meliputi beberapa kriteria seperti pernah menghasilkan buah dalam jumlah banyak, memiliki pertumbuhan yang baik, atau dapat menghasilkan tanaman dan bunga, buah dalam skala besar sehingga dapat dipanen berulang kali;
  • Bibit kacang harus berasal dari induk tanaman yang produktif dan jarang atau bahkan tidak pernah terserang penyakit tanaman dalam jumlah epidemi (penyebaran) yang sangat luas;
  • Bibit kacang panjang yang bagus biasanya jika direndam di dalam air tidak mengapung. Pastikan sebelum menyemai/menanam bibit lakukan perendaman bibit ke dalam air, untuk memastikan bahwa apakah bibit tersebut layak tanam atau tidak?;
  • Jika ditekan, maka bibit tidak mudah pecah/bonyok;
  • Dari ciri fisiknya, bibit tanaman yang berkualitas biasanya mempunyai warna yang tegas, cerah, dan bibit tidak mengkerut, atau permukaan kulit bijinya rata, serta tidak ada lubang-lubang dari bekas gigitan hewan serangga (insecta), maupun gigitan hama.
  • Bibit yang berkualitas biasanya memiliki ukuran tubuh yang gemuk-gemuk/ideal, sementara bibit yang buruk dapat dilihat dari kenampakan bahwa banyak sekali lubang-lubang/pertumbuhan bibitnya kurus/tidak berbobot.
  • Memilih dan mengetahui ciri-ciri fisik biji/bibit tanam kacang panjang sangat penting dilakukan, supaya saat ditanam, bibit memang benar-benar berkualitas sehingga hasil tanam nantinya akan sesuai harapan.
http://guruilmuan.blogspot.co.id/
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "TIPS MEMILIH BIBIT KACANG PANJANG YANG BAIK"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT