loading...

PANDUAN CARA MENANAM BUNCIS

http://tipspetani.blogspot.com/2017/06/panduan-cara-menanam-buncis.html
PANDUAN CARA MENANAM BUNCIS


Budidaya buncis adalah budidaya tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan di seluruh kawasan pertanian atau area lahan yang memenuhi kondisi persyaratan yang diperlukan untuk budidaya buncis. Tanaman budidaya buncis merupakan tanaman sayuran kelompok leguminosa yang ideal dibudidayakan di atas lahan yang terletak pada ketinggian 1000-1500 meter dari permukaan laut dengan suhu 20-25 derajat celcius.

Tanaman budidaya buncis masih dimungkinkan tumbuh di area budidaya yang berada di daerah rendah di bawah 1000 dari ketinggian laut. Tanaman budidaya buncis bahkan masih bisa tumbuh dengan kerendahan hingga 400 meter dari permukaan laut.

Petani budidaya buncis perlu mengenali beberapa faktor-faktor yang mendukung pertumbuhan tanaman. Tanaman budidaya buncis i membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak dengan curah hujan yang sedang. Jika anda hendak ingin membudidayakanya, lebih baik di akhir musim hujan atau awal musim kemarau agar pertumbuhan pada tanaman ini bisa meningkat.

Sayuran budidaya buncis sangat peka sekali dengan genangan air, dengan demikian sangat cocok sekali jika anda membudidayakan pada waktu kemarau. Ini sangat harus diperhatikan karena jika terlalu lama tergenang air maka perakaran buncis akan busuk, dan bahkan tanaman akan layu dan mati. Pada dasarnya air hujan itu tidak baik bagi tanaman ini karena mengandung asam dan ini buruk untuk pertumbuhan selanjutnya.
Tanaman budidaya buncis merupakan tanaman sayuran kelompok leguminosa yang ideal dibudidayakan di atas lahan yang terletak pada ketinggian 1000-1500 meter dari permukaan laut dengan suhu 20-25 derajat celcius. Foto: extension.uga.edu
Mengenal Jenis Tanaman Budidaya Buncis

Ada dua jenis tanaman budidaya buncis yaitu tumbuhnya merambat dan tegak. Tanaman budidaya buncis yang berjenis merambat dapat tumbuh mencapai hingga 2 meter. Sedangkan tanaman budidaya buncis yang tegak memiliki ketinggian tumbuh mencapai 60 cm.

Kedua jenis tanaman budidaya buncis ini memiliki keunggulan masing-masing, tergantung anda untuk memilihnya jenis apa yang cocok di lahan anda.

Jika anda memilih jenis tanaman budidaya buncis yang merambat biasanya mudah rebah, untuk mengatasi hal itu anda harus menambahkan sedikit biaya untuk memasang lanjiran atau ajir.

Sedangkan jenis tanaman budidaya buncis yang tegak tidak membutuhkan ajir karena terbilang pendek maka hal ini bisa menghemat pengeluaran anda untuk membeli ajir.
Mengenal Lahan Budidaya Buncis

Pengolahan lahan budidaya buncis adalah langkah yang dilakukan sebelum memulai penanaman benih di area lahan. Pengolahan lahan diawali dengan pembersihan lahan dari tanaman dan rumput pengganggu hingga pencangkulan dan penggemburan tanah.

Setelahnya, siapkan bedengan berukuran sedang yaitu lebar 1 meter tinggi 20-30 cm dan dan jarak tanam 30-40 cm. Kemudian, buat lubang tanam untuk benih budidaya buncis.

Caranya, bentuk lah dua baris degan jarak baris 50-60 dan di dalam baris berukuran 30 cm. Jika anda memiliki lahan miring dan sedikit berbatu maka sesuaikan bedengan anda dengan kapasitas lahan anda.

Agar hasil tanaman budidaya buncis yang diperoleh lebih baik, masukkan pupuk kandang, pupuk kompos atau bahan pupuk organik lainnya ke dalam lubang tanam. Berikan sedikit pupuk dasar, kira-kira satu genggam, ke dalam lubang tanam benih budidaya buncis. 
(dari berbagai sumber)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PANDUAN CARA MENANAM BUNCIS"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT