loading...

CARA BERCOCOK TANAMAN CENGKEH DENGAN MUDAH

http://tipspetani.blogspot.com/2017/09/cara-bercocok-tanam-cengkeh-dengan-mudah.html

Cengkeh atau Eugenia aromaticum memang banyak peminatnya. Tanaman yang kerap dibuat sebagai bumbu masakan dan bahan utama rokok ini memiliki prospek yang tinggi. Oleh karena itu, disini akan dibagikan cara budidaya Cengkeh yang benar.

Sebelum menanam tanaman cengkeh yang merupakan identitas Provinsi Maluku Utara ini, anda harus memperhatikan hal-hal dibawah ini:

Cara Budidaya Cengkeh Secara Garis Besar

1. Pemilihan bibit
Pilihlah bibit dengan tinggi minimal 60 cm yang berumur 1 tahun dan 90 cm drngan umur 2 tahun. Akar tunggangnya lurus dan sehat dengan panjang ±45 cm. Mempunyai batang tunggal dan jumlah rata-rata percabangan 7 pasang dengan warna daun hijau tua.

2. Penanaman
Siapkan lahan untuk menanam bibit cengkeh, kemudian berilah pupuk kandang 2 minggu sampai 1 bulan sebelum bibit ditanam. Buatlah saluran drainase untuk mengatur kelebihan air. Kemudian perhatikan jarak tanam yang tidak terlalu dekat. Penanaman yang baik untuk cengkeh yaitu pada awal musim hujan.
3. Pemeliharaan
terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk memelihara tanaman cengkeh:

  • Pengelolaan lahan dan tanaman, lakukanlah penggemburan tanah disekeliling tanaman dengan mencangkul ± 10 cm. Anda dapat melakukan 2x selama setahun yaitu diawal dan akhir musim hujan. Jangan lupa membersihkan alang-alang sampai pada akarnya.
  • Penyulaman dilakukan pada musim hujan.
  • Penyiraman, siramlah tanaman cengkeh pada musim kemarau saat awal pertumbuhan. Setelah dewasa, tidak perlu lagi menyiram kecuali iklim sangat kering.
  • Pemasangan mulsa, mulsa dipasang menjelang musim kemarau. Tujuannya untuk menjaga kelembaban tanah.4. Pemupukan
  • Anda bisa menggunakan pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) dan pupuk anorganik. Pupuk anorganik yang berbentuk butiran dapat dilakukan dua kali setahun, yaitu pada awal dan akhir menjelang musim hujan. Sedangkan pupuk anorganik berbentuk tablet hanya setahun sekali, yaitu pada awal musim hujan.

5. Panen
Panen dilakukan sekitar 6 bulan setelah setelah satu atau dua bunga mekar dan berwarna kuning kemerah-merahan dengan kepala bunga masih tertutup, berisi dan mengkilat. Petiklah bunga cengkeh yang sudah penuh tetapi belum mekar.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "CARA BERCOCOK TANAMAN CENGKEH DENGAN MUDAH"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT