loading...

CARA BUDIDAYA TANAMAN SERAI DAN ANALISA PROSPEK USAHANYA



CARA BUDIDAYA TANAMAN SERAI DAN ANALISA PROSPEK USAHANYA
Tanaman sereh atau serai merupakan sejenis tanaman yang berdaun mirip rumput gajah dengan daun yang lebih ramping tentunya.

Sekilas tanaman ini seperti gundukan rumput lebat atau alang-alang yang tidak berguna, tapi jangan salah, tanaman serai merupakan tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnnya.

Tanaman sereh hidup bergerobol atau berumpun meskipun tanaman ini tidak memiliki umbi.
Satu tanaman sereh ini nantinya akan beranak pinak dengan menghasilkan tunas-tunas baru melalui akarnya yang menyebar dari dalam keluar ke permukaan tanah.

SEKILAS TENTANG TANAMAN SERAI




Tanaman serai masih termasuk dalam keluarga rumput-rumputan. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti di negara-negara benua Asia, Afrika, Amerika dan beberapa wilayah di Australia. Nama beken dari tanaman ini adalah lemon grass dan memiliki nama latin cymbopogon schoenanthus atau cymbopogon citroli untuk sereh wangi.

Di pasar, biasanya kita dapat dengan mudah menemukan sereh. Biasanya sereh ini dijual per batang; kita akan sedikit sulit membedakan batang sereh atau daun sereh karena batang sereh ini merupakan bonggol tanaman yang tampak menyatu dengan daun.

Gampangnya, struktur tanaman atas sereh ini bisa disetarakan dengan daun bawang yang berboggol putih dan diteruskan batang hijau lalu batang tersebut memencar menjadi daun. Demikian halnya sereh, batang atau bonggol tanaman ini terdiri dari serat-serat padat berair yang memiliki kandungan sama dengan daunnya.

Tanaman sereh selain bentuknya yang demikian, memiliki ciri-ciri yang khas, yakni aromanya yang wangi seperti aroma jahe.

Sereh bisa digunakan sebagai bahan minuman atau bahan masakan karena aromanya yang khas tersebut dan sekali lagi fungsi ini boleh dibilang mirip jahe; bisa dijadikan bahan masakan atau minuman.

Sereh seringkali digunakan untuk memasak daging dan ikan, tentu selain untuk menghilangkan amis, tanaman ini memberikan nuansa rasa tertentu yang menenangkan.

DAUN TANAMAN SERAI




Sereh merupakan tanaman daerah tropis dan merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh. Tanaman ini bahkan bisa hidup di daerah pegunungan dengan ketinggian hingga 1800 m.dpl. meskipun tanaman sereh ini hidup dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian tanah sekitar 250 m.dpl. Bahkan, di daerah yang sangat miskin unsur harapun, tanaman sereh masih bisa hidup dengan baik.

Mula-mula, sereh ini merupakan tanaman liar yang tumbuh di mana saja sebagaimana rumput-rumput lainnya. Karena masih sekeluarga dengan rumput, sebagaimana rumput lainnya, sereh tidak mudah mati.

Akan tetapi sereh memiliki kualitas yang berbeda-beda lho bergantung pada kesuburan tanah tempat sereh tersebut tumbuh. Sereh dikatakan berkualitas jika menghasilkan banyak minyak ketika diolah.

Ketika sereh telah diketahui memiliki manfaat obat, tanaman tersebut pada akhirnya dikategorikan sebagai tanaman herbal dan mulai di budidayakan. Selain dapat diolah sebagai masakan atau minuman, sereh juga diambil minyaknya yang dikenal dengan nama minyak citronella.

Di Indonesia, sereh dibudidayakan dibeberapa wilayah khususnya di Aceh, Lampung, dan Jawa khususnya Jawa Barat dan jawa Timur. Oleh sebab itulah, pulau jawa menjadi salah satu pemasok minyak sereh dunia dan minyak sereh dari Jawa ini dikenal dengan julukan citronella oil of Java.




Bagian terpenting dari tanaman sereh yang diolah untuk dijadikan minyak adalah daun sereh. Minyak sereh atau citronella ini merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang fungsi uniknya adalah untuk mengusir nyamuk.

Itu sebabnya tanaman sereh ini disebut juga sebagai tanaman pengusir nyamuk karena aroma dari tanaman ini membuat para nyamuk enggan mendekat.

Ciri-ciri dari daun sereh ini sangat mirip bentuknya dengan ilalang atau rerumputan liar yang tumbuh di pinggiran sungai atau sawah. Sepintas, jika dilihat dari bentuknya, daun sereh ini mirip dengan daun rumput gajah yang masih muda.

Dalam pertanian sereh, kelak yang akan sering dipanen adalah daunnya sebelum pada akhirnya nanti batang sereh juga akan dipanen dan dijual dipasar untuk bumbu dapur.

KEMBANG TANAMAN SERAI


Yang spesial dari tanaman sereh ini adalah bunganya. Bunga sereh ini berbentuk mirip gandum atau padi namun tidak berisi. Meskipun bunga ini juga bisa ditanam atau ijadikan bibitBunga sereh ini menjadi spesial karena bisa dibilang sebagai barang langka.

Tidak semua tanaman sereh bisa berbunga, khususnya sereh liar. Kembang sereh ini oleh banyak kalangan dinilai memiliki banyak manfaat, baik manfaat yang bisa dinalar ataupun manfaat yang melampaui nalar normal.

Manfaat logis dari bunga sereh ini adalah untuk obat, yakni dengan cara memasak ataupun membuat minuman dengan merebus bunga ini. Sementara manfaat spektakuler dari kembang sereh adalah untuk keperluan mistis.

Kembang sereh dipercaya memiliki kekuatan gaib yang bisa disetarakan dengan batu akik, benda-benda pusaka, atau jimat. Oleh sebab itulah kembang serai disebut juga sebagai mustika kembang sereh.

Hal ini karena kembang sereh merupakan kembang yang langka dan sebagian orang yang percaya dengan dunia gaib menganggap bahwa bunga sereh merupakan bunga yang tak semestinya ada.

Beberapa ahli supranatural meyakini bahwa mustika kembang sereh ini merupakan jimat alami penolak bala, penangkal ilmu hitam, dan pembawa keberuntungan. Cara penggunaannya cukup sederhana, kembang sereh ini disimpan dengan rapi layaknya menyimpan benda pusaka.

Atau ada juga yang mengambil beberapa bagian dari bunga tersebut untuk dibungkus dengan kertas menjadi bungkusan kecil yang bisa disimpan di domper atau di dalam tas dan hal ini diyakini bahwa mustika kembang sereh tersebut akan menjadi jimat penangkal bahaya atau pembawa rejeki.

Tidak sedikit orang yang mempercayai hal ini, oleh sebab itu kembang sereh ini merupakan salah satu benda yang paling diburu. Bahkan, ada kalanya orang rela menukarkan emas, berlian, mobil, atau harta kekayaan lainnya demi mendapatkan kembang sereh ini.

Hanya saja, kembang ini dipercaya pantang untuk diperjual belikan karena justru akan membawa sial bagi pembeli atau bahkan penjualnya. Maka dari itu, biasanya peminat akan menukarkan sesuatu yang berharga kepada pemilik.

SERAI WANGI

Tanaman sereh ada beberapa macam varietasnya dan diantaranya yang paling terkenal adalah sereh wangi, yakni sereh yang sedang kita bahas dan merupakan varietas unggulan untuk dbudidayakan. Sereh ini menjadi pilihan untuk dibudidayakan karena aromanya sekaligus kandungannya yang memiliki banyak manfaat.

Adapun beberapa jenis kandungan kimiawi yang terdapat dalam serai yakni sitrat dan sitronelol (ini merupakan kandungan yang paling utama), selanjutnya disusul oleh berbagai jenis kandungan bernama aneh seperti farnesol, geraniol, sitronelal, terpinol, mirsen, sabinen, kamfen, a-pinen, p-simen, limonene, cis-osimen, metilheptenon, dipenten, tripinil astet, sitronil asetat, beta-elemen, geranil asetat, beta-kariofilen, trans-metilsoeugenol, beta-bergamoten, beta kadinen, elemol, kariofilen oksida, geranil butirat, geranial, eugenol, lomonen, metileugenol dan eugenol. Nama yang sulit bukan, dan entah apa fungsi dari zat-zat tersebut (bisa kamu dalami di artikel lain).

Karena aroma dari sereh wangi ini memang wangi (berbeda wanginya dengan bunga melati, cengkeh, atau minyak kayu putih tentunya) maka minyak dari sulingan sereh wangi ini tak hanya mujarab dijadikan sebagai obat, namun juga sangat oke untuk bahan parfum atau pewangi lainnya.

MANFAAT BUDIDAYA TANAMAN SERAI 
MENGANALISA PELUANG USAHA BUDIDAYA TANAMAN SERAI
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "CARA BUDIDAYA TANAMAN SERAI DAN ANALISA PROSPEK USAHANYA"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT