TUMBUHAN ANEH YANG ADA DI DUNIA

0 comments
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html

Rafflesia arnoldi, Venus fly trap, kantong semar, atau Amorphopallus titanum mungkin sering masuk deretan tumbuhan-tumbuhan teraneh. Tapi itu sih versi “cupu”. Ini nih list 10 tumbuhan teraneh yang bakal bikin kita merinding. Rasanya sulit percaya tumbuhan-tumbuhan ini benar-benar ada di dunia ini dan untungnya sebagian besar tak ada di negara kita.

1. Hydnellum peckii
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Jenis jamur ini pasti langsung membuat kita jijik karena terdapat bagian mirip tetesan darah pada bagian atasnya. Jamur ini sering disebut juga “bleeding tooth fungus”, “strawberry and cream”, “red juice tooth”, dan “devil’s tooth”. Jamur ini sebenarnya bermanfaat karena bisa berfungsi sebagai obat antikoagulan (pencegah penggumpalan darah) hingga antibiotik. Namun jamur ini bukan jenis jamur yang bisa dimakan. Yikes...memangnya ada yang mau mencoba memakan jamur ini?

2. Actaea pacypoda
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Sekilas tumbuhan ini tampak seperti trofi pembunuh berantai yang menancapkan mata korbannya ke sebatang kayu (OK, no more watching “Hostel”). Sering disebut dengan nama *innocent* seperti “doll’s eye” dan “white banberry”, tumbuhan ini tergolong sangat beracun (peringatan buat kalian yang tergoda untuk memakannya, siapa tahu saja).

3. Aseroe rubra
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Jamur yang dijuluki sea anemone mushroom ini bentuknya menyerupai monster fiksi ilmiah yang muncul dari dalam tanah. Jamur ini hanya bisa ditemukan di Australia.

4. Chlatrus columnatus
Sudah jelas kenapa jamur ini juga dijuluki Octopus stinkhorn, karena bentuknya menyerupai tentakel gurita. Selain iu, jamur ini juga menyebarkan bau busuk karena membutuhkan bantuan lalat untuk menyebarkan sporanya.

5. False Morels
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
False morels adalah julukan bagi jamur-jamur dari genus Gyromitra, Helvella, dan Verpa. Keanehan jamur ini adalah bentuknya yang mirip otak. Bikin jijay emang liatnya (tapi kalo dipikir-pikir jamur kuping bentuknya kayak daun telinga gitu tetep aja kita doyan hehehe).

6. Buddha’s Hand
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Buah asal Cina ini memiliki nama ilmiah Citrus medica varietas Sarcodactylis. Walaupun bentuknya sangat aneh, namun buah ini sebenarnya adalah sejenis jeruk dan bahkan bisa dimakan.

7. Equisetum giganteum 
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html


Dikenal pula sebagai paku ekor kuda raksasa, tumbuhan paku ini sebenarnya adalah tumbuhan purba yang lebih tua daripada dinosaurus, namun hingga kini masih ada di bumi. Ngeliatnya jadi agak gimana gitu.
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html

8. Peter Pepper dan Jamur Penis
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Peter pepper atau Capsicum annuum varietas annuum merupakan cabai merah yang memiliki bentuk yang sangat disturbing, yaitu bentuk mirip penis manusia yang sudah disunat.
Selain Peter Pepper, tumbuhan lain yang bentuknya mirip penis adalah jamur stinkhorn (Phallus impudicus), yang tak hanya memiliki batang buah mirip penis, namun juga muncul dari dua buah “bola” yang berbentuk mirip testis.
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html

9. Welwitschia mirabilis
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Tumbuhan ini mungkin mirip seperti tumbuhan alien yang keluar dari Star Wars atau film fiksi ilmiah lainnya. Tumbuhan yang termasuk Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka, berkerabat dengan pinus dan melinjo) ini hanya memiliki dua helai daun yang terus memanjang seumur hidupnya. Tumbuhan ini juga sangat tahan terhadap kekeringan.

10. Hydnora africana
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan bersifat parasit terhadap akar tumbuhan Euphorbiaceae (jarak-jarakan). Satu-satunya bagian tumbuhan ini yang terlihat di atas tanah adalah bunganya yang menyerupai alien.
BONUS
Chinese Fleece Flower
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tumbuhan-aneh-yang-ada-di-dunia.html
Tumbuhan aneh yang hidup di Provinsi Shandong, Cina ini memiliki keunikan yang cukup mengerikan. Akarnya membentuk figur manusia lengkap dengan kepala, tangan, kaki, wajah, jari, hingga alat kelaminnya. Menurut beberapa sumber yang kubaca, bentuk ini benar-benar asli dari sononya, bukan buatan manusia. Tapi aku sih nggak yakin gitu …


tipspetani sarikan dari kaskus

read more

BUNGA PALING INDAH YANG LANGKA DI DUNIA

0 comments
Dalam postingan tipspetani kali ini kita akan melihat beberapa bunga indah yang luar biasa, sayangnya, bunga-bunga di bawah ini adalah bunga yang sangat langka, dan terancam punah di habitatnya.


1. Jade Vine (Strongylodon Macrobotrys)
Bunga Jade Vine adalah bunga langka yang memiliki habitat di hutan hujan tropis di Filipina. Pohon bunga ini termasuk anggota dan keluarga kacang-kacangan dan terkait erat dengan kacang merah. Tanaman ini memiliki bunga yang berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung dari cabang-cabang pohonnya. Bunganya sendiri dapat mencapai hingga tiga meter panjangnya. Warna bunga bisa bervariasi dari hijau kebiruan sampai hijau mint. Spesies ini telah terbukti sangat sulit untuk berkembang biak, dan dianggap sebagai spesies yang terancam punah akibat perusakan habitat dan penurunan penyerbuk alami.


2. Paruh Kakatua (Lotus Berthelotii)
Bunga indah ini telah digolongkan dalam kategori langka sejak tahun 1884. Bunga ini diyakini benar-benar telah punah di alam liar. Tanaman menakjubkan ini adalah tanaman endemik yang terdapat di Kepulauan Canary. Penyerbukan bunga ini diyakini dibantu oleh burung sunbird, yang diketahui sudah lama punah di Kepulauan Canary. Hal ini dapat membantu untuk menjelaskan kelangkaan tanaman ini. Percobaan telah dilakukan untuk menemukan penyerbuk baru untuk bunga-bunga ini, dengan harapan bahwa mereka dapat berhasil diperkenalkan kembali ke Kepulauan Canary, namun pada 2008, tidak ada buah yang berhasil diproduksi sama sekali.


3. Kosmos Cokelat (Cosmos Atrosanguineus)
Bunga yang berwarna merah gelap sampai cokelat ini merupakan salah satu spesies dari Cosmos, yang berasal dari Meksiko. Bunga ini telah dinyatakan punah di alam liar selama lebih dari seratus tahun. Spesies ini berhasil bertahan hari ini sebagai klon tunggal yang infertil, yang diciptakan pada tahun 1902 melalui perkembangbiakan vegetatif. Bunga-bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki ukuran diameter sekitar 3-4 cm. Bunga-bunga ini memiliki aroma vanili yang juga membuatnya menjadi tanaman hias yang indah.


4. Koki’o (Kokai Caokei)
Pohon yang sangat langka ini merupakan pohon endemik di Hawaii. Pohon ini ditemukan pada tahun 1860, di mana waktu itu hanya terdapat tiga spesimen tersisa yang dapat ditemukan. Pohon ini terbukti sulit untuk berkembangbiak, dan pada tahun 1950, setelah bibit terakhir mati, maka pohon ini pun dianggap punah. Pada tahun 1970 satu-satunya pohon yang selamat ditemukan, yang sayangnya hancur dalam kebakaran pada tahun 1978. Untungnya salah satu cabang dari pohon yang tersisa dapat diselamatkan dan berhasil dicangkokkan, dan sekarang ada 23 pohon yang ada saat ini, yang semuanya terletak di berbagai tempat di Hawaii. Pohon ini adalah pohon kecil yang tumbuh sampai tinggi sekitar 10-11 meter. Hal yang paling mencolok dari pohon ini adalah ratusan bunga merah terang yang pohon-pohon dewasa hasilkan setiap tahunnya. Sayangnya, karena kelangkaannya ini, hanya sedikit orang yang boleh untuk melihatnya.


5. Anggrek Hantu (Epipogium Aphyllum)
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/bunga-paling-indah-yang-terancam-punah.html
Anggrek Hantu merupakan tanaman langka menarik yang diduga punah selama hampir 20 tahun, dan baru-baru ini berhasil ditemukan hidup kembali. Tanaman ini sangat langka karena pada dasarnya tumbuhan ini tidak memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Tanaman ini tidak memiliki daun, tidak bisa berfotosintesis dan tidak memproduksi makanannya sendiri. Seperti Lady Slippers, tanaman ini memerlukan jamur tertentu yang memberinya makan. Anggrek Hantu tidak pernah menumbuhkan daun, dan akan selalu bergantung pada jamur untuk makanannya. Anggrek Hantu dapat hidup di bawah tanah selama bertahun-tahun, tanpa menunjukkan tanda-tanda eksternal dan hanya akan mekar ketika semua kondisi optimal. Hal ini menjelaskan mengapa beberapa pencarian anggrek ini selama bertahun-tahun tidak menghasilkan apapun.

read more

BUNGA INDAH TETAPI MENYIMPAN BAHAYA

0 comments
1. Lyly of the valley

http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/bunga-indah-tetapi-menyimpan-bahaya.html
Lyly of the valley terlihat sangat cantik dan tampak tidak berbahaya tapi jangan salah bunga ini sangat beracun. Mengkonsumsi satu atau dua dari bunganya yang berbentuk bell tidak terlalu menyakiti orang dewasa. apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak bunga ini menyebabkan rasa sakit di mulut,muntah-muntah,keram di seluruh tubuh, dan diare. racun di bunga ini juga menyebabkan disfungsi jantung dan detak melemah.

2. Belladona
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/bunga-indah-tetapi-menyimpan-bahaya.html
Bunga ini dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling beracun di Barat Hemisphere, Belladona mengandung tropane alkoids yang berpotensi membahayakan. seluruh bagian tanaman ini berbahaya tapi bagian yang paling berbahaya adalah buah nya yang sepertinya enak dimakan, khususnya membahayakan anak2. gejala yang terjadi dari racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi dan kegilaan. Atropine racun yang terkandung di dalam bunga ini mengganggu sistem saraf membuat gangguan pernapasan, berkeringat dan detak jantung. 

3. Rhododendron
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/bunga-indah-tetapi-menyimpan-bahaya.html
Apabila musim berbunga tampak sangat indah sekali dari rekaman sebuah xenophon menceritakan tingkah laku yang aneh pada sejumlah pasukan inggris saat memakan madu dari bunga ini. Rhododendron mengandung andromedatoxin yang menyebabkan muntah, rasa sakit yang hebat kejang-kejang hingga kematian. 

4. Oleander
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/bunga-indah-tetapi-menyimpan-bahaya.html
Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di bumi, sering digunakan untuk bunuh diri di selatan India. berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah dimana ke semua itu terjadi secara bersamaan. korban akan mengalami gejala kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit, koma, hingga kematian. getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutan pada mata. 

5. Autumn Crocus
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/bunga-indah-tetapi-menyimpan-bahaya.html
Juga merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia, mungkin ini yang paling beracun. mengandung colchicine, obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. racun yang terkandung di dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada obatnya. keracunan tanaman ini menyebabkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.

read more

TANAMAN UNIK YANG ADA DI INDONESIA

0 comments

http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tanaman-unik-yang-ada-di-indonesia.html
Kantong semar adalah tumbuhan karnivora. Keunikan tubuhan ini adalah karena tumbuhan ini memiliki organ berbentuk kantong yang bagian bibirnya beraroma manis sehingga menarik serangga untuk menghampirinya. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantung. Kemudian cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantung tengah akan mencerna tubuh mangsa itu.

Di dunia terdapat hingga 129 jenis kantong semar yang sedikitnya 64 spesies hidup di Indonesia

2. Daun Sang (Daun Raksasa)
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tanaman-unik-yang-ada-di-indonesia.html
Daun Sang menjadi tumbuhan unik selanjutnya. Keunikan pohon Daun Sang bisa dilihat dari ukuran daunnya yang sangat besar dengan panjang mencapai 6 meter dan lebar 1 meter. Yang unik lagi dari pohon dengan nama latin Johannesteijsmannia altifrons dan merupakan anggota palem (arecaceae) ini adalah daunnya yang tampak langsung menyembul dari dalam tanah. Hal ini dikarenakan batang Daun Sang ini memiliki ukuran yang pendek dan biasanya tersembunyi di dalam tanah.

Di Indonesia Daun Sang tumbuh di Sumatera dan Kalimantan. Selain itu juga bisa didapati di Thailand dan Malaysia.

3. Bunga Edelweiss (Bunga Abadi)
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tanaman-unik-yang-ada-di-indonesia.html
Edelweiss termasuk tanaman yang unik, tumbuhan yang hidup di puncak-puncak gunung ini kerap kali dianggap sebagi bunga abadi dan perlambang keabadian cinta. Hal ini dikarenakan bunga Edelweiss tidak akan layu meskipun telah dipetik dari tangkainya. Walaupun sudah mengering, namun bentuk dan penampilannya tidak berubah.

Terdapat berbagai jenis bunga Edelweis yang tumbuh di dataran tinggi di berbagai negara termasuk di Indonesia. Yang sering ditemukan di gunung-gunung Indonesia adalah spesiesAnaphalis javanica.

http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/info-tumbuhan-sarang-semut.html
Sarang semut (Myrmecodia tuberosa) merupakan tumbuhan dengan simbiosis yang unik.Sarang semut merupakan tumbuhan epifit yang hidup menumpang di tanaman lain (seperti halnya bunga anggrek). Namun selain bersimbiosis dengan tumbuhan inang yang ditempelinya, seperti namanya sarang semut juga bersimbiosis dengan hewan (semut).

Batang sarang semut menggelembung menyerupai umbi dengan rongga-rongga yang terdapat di dalamnya. Rongga-rongga di ‘umbi’ sarang semut yang menyerupai labirin ini yang kemudian menjadi tempat hidup dan bersarangnya semut. Tumbuhan ini pun memproduksi glukosa (gula) yang selain menarik kedatangan semut sekaligus menjadi makanan semut. Sebagai gantinya, semut akan meninggalkan kotoran yang bermanfaat sebagai makanan (nutrisi) bagi tumbuhan sarang semut tersebut. Unik sekali bukan???

5. Ara Pencekik (Sang Pembunuh Inang)
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/tanaman-unik-yang-ada-di-indonesia.html
Ara pencekik (Ficus annulata) ,beringin pencekik, atau kiara koneng (Ficus annulata) menjadi unik karena tumbuhan yang semula empifit (menumpang) pada pohon lain ini seiring dengan pertumbuhannya, kemudian membunuh pohon yang ditumpanginya. Ara pencekik merupakan tumbuhan parasit, sejak tertempel di pohon lain ia akan menyerap nutrisi dari pohon inangnya.

Pohon yang tersebar di Indo China, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi ini menumbuhkan akar-akar sulurnya menjulur ke bawah, merambat, dan membelit tubuh pohon inangnya hingga mengalahkan pohon inang baik dalam menyerap makanan dari tanah maupun dalam merebut sinar matahari. Hingga secara perlahan pohon inang mati meninggalkan lubang besar nan eksotis dan unik di tengah-tengah sekumpulan akar sulur ara pencekik yang saling melilit.

read more
Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog