CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT

CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT

jika anda ingin menikmati buah naga secara gratis, atau menanmnya dalam jumlah yang kecil. Itu mudah saja… anda bisa saja menanamnya dipot. Selain anda bisa menikmati buahnya, buah naga ini juga akan menghiasi rumah nada. Kelebihan yang lain adalah tanaman ini bisa anda pindah-pindah sesuai keinginan anda..



Anda bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Tetapi menurut pengalaman, pot dari bahan tanah liat adalah yang paling ideal karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin baik, minimal berdiameter sekitar 40cm.

2. Menyiapkan Tiang Panjatan
Tanaman buah naga membutuhkan tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nantinya tiang ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat yang tentu saja perlu dipilih dari bahan yang kuat tetapi juga perlu diperhatikan jangan sampai pot tidak bisa menahan beban berat tiang panjatan.

Sebaiknya tiang panjatan dibuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun. Tinggi tiang antara 150-200 cm disesuaikan dengan besar pot. Pada bagian bawah tiang diberi kaki-kaki penguat agar nantinya bisa kuat dan tidak mudah goyah. Untuk tiang dari besi beton, bagian yang terpendam dalam tanah bisa diberi aspal untuk menghindari karat. Untuk bagian atas tiang diberi piringan yang berbentuk seperti stir mobil yang berfungsi untuk menyangga cabang-cabang produksi yang banyak.
ilustrasi CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT
Setelah pot dan tiang panjatan sudah selesai disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Bahan-bahannya adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 g dicampur rata dengan bahan-bahan tersebut. Kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.

Bibit sebaiknya dipilih yang besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit. Idealnya panjang bibit yang ditanam minimal 30 cm. Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10 cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka tidak ternaungi yang terkena sinar matahari langsung.

Pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam di pot tidak jauh beda dengan buah naga yang ditanam dikebun yaitu meliputi pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan ( untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di http://www.buahnaga.us ) .Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah tanaman dipastikan menempel dengan baik pada tiang panjatan dan tidak roboh, oleh karena itu perlu dilakukan pengikatan batang buah naga pada tiang dengan menggunakan tali atau kawat dengan bentuk ikatan seperti angka ‘8’ tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusak batang atau cabang seiring pertumbuhannya yang semakin membesar.
ilustrasi CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT



artikel berikutnya



59 comments:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

thanks gan..

Industrial Maintenance mengatakan...

Boleh juga ni caranya :D

belajar forex mengatakan...

buah naga nya bagus banget,

obat pelangsing cepat mengatakan...

baru tau tanam di pot bisa berbuah....say coba deh ...

Maria Dea mengatakan...

buah naga yang ditanam di pot dengan yang di tanam langsung di tanah, buahnya enak mana?

Sitieyyyyy mengatakan...

Wah boleh di tiru dong...

Anonim mengatakan...

duh cntik buanget buah naganya,,,,jdi pengen cba nanam nech.........

Dedi Suprapto mengatakan...

ku punya tanaman buah naga yg d tanam d pot plastik tpi ga bisa berbuah cuma berbunga aja tiap taunya. Apa kesalahan dlm cara penanamanya?

Ribbon Barcode Murah mengatakan...

boleh juga nih, terimaskih gan infonya...

twinsyahid mengatakan...

luar biasa! harus di coba.

krisna jati mengatakan...

Pantas dicoba tipsnya
www.krisnajati9.blogspot.com

MUSIK U ML mengatakan...

Wah...bagus banget sangat menarik gan,,,terima kasih

Anonim mengatakan...

Gambar pohon naga dengan cara penanamannya dalam pot yang dijelaskan tidak sama. Pohon naga yang ada dalam pot itu diambil dan ditanam dari cabang pohon naga yang sedang berbuah, sekedar untuk hiasan.

Kata Valentine mengatakan...

makasih infonya :)

Nugroho Riko mengatakan...

Thanks infonya

obat kuat tahan lama mengatakan...

mantab infonya.

gamat mengatakan...

Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga berbuah?

Tani Media mengatakan...

info yang menarik... baca juga tips dari MEDIATANIoCOM biar lebih mantap

IKHZAD ASHRIQ MOHD SAZALLI mengatakan...

Naga yang ada di Sepang tidak best. RM10 = 6 biji. Awal-awal try, kecewa. Saya mahu keratan nya 2 @ 4 keratan untuk saya cuba tanam. Tanah semaian? Give your account number, I buy it from you. WhatsApp me 0197743707

obat herbal pembuluh darah pecah mengatakan...

informasi yang bagus

obat herbal batu empedu kronis mengatakan...

infonya sangat bermanfaat, terimakasih banyak
obat herbal batu empedu kronis

obat herbal kanker kandung kemih mengatakan...

Thank you for the information, and healthy greetings.
obat herbal kanker kandung kemih

Toko Online mengatakan...

Butuh berapalama agar buanya tumbuh??
apa ciri2 buah naga dengan kualitas terbaik???

Makasih :)

Heri Susanto mengatakan...

terimakasih gan infonya... i like it

WWW.KOST-JOGJA.COM

Warung Bibit mengatakan...

salam kenal,
mari kita budidayakan buah naga ini, buah yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian. Untung pun besar, jika dibudidayakan dengan serius...
omzet bisa puluhan juga rupiah lho....
bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

Jual Botol Susu Tommee Tippee Murah mengatakan...

trims buat triknya, ,
tapi ini usia berapa bulan sampai buahnya bisa di nikmati?

ahmad bahtiar mengatakan...

Nyari bibitnya di mana ya Gan?

Lusi Munika mengatakan...

Mksh bgt info nya.....iya ak jg punya pohon naga skrng ini lg berbuah / berbunga byk tp knp rontok trs nga pernah jd buah

sudarmi made mengatakan...

dapet gambarnya dari oogle hahaha

redaksi cepat mengatakan...

itu yg digambar, kok bisa pendek gitu pohonnya? pemangkasan dan pemupukannya gimana tuh?

bibit jahe merah mengatakan...

artikel menarik gan


budidaya jahe merah
jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah
budidaya jahe merah

KTA mengatakan...

Saya baca kelihatannya apa yg sdr tulis tidak sesuai foto yg tersaji,misal ditulis tiang besi beton yg 2meter tapi kelihatan stek batang yg sdh berbuah ditancepin begitu saja.betul?

DIDIN KHOLIDIN mengatakan...

Perlu di coba

Baju Hamil Katun mengatakan...

Boleh jg nih klo bs tanam sndr dirumah.. Baru tau pohonnya kecil tp buahnya bs gede gtu ya :)

AIME CHIKA mengatakan...

Klo beli jadi tinggal taruh saja, lokasi surabaya, ada/tdk ya???

RAKYAT MERDESA mengatakan...

Tengkyuuh...
http://www.twitter.com/petanimerdesa

Abi Maryam mengatakan...

ceritanya langit gambarnya bumi

fadli leo mengatakan...

mantap tuh gan,,,,

EKA_RST mengatakan...

Patut dicoba

Amri mengatakan...

Aq jg gk yakin tuh dgn gambarnya krn aq jg mnanam pohon buah naga n brbuah nya gk kyk gt,itu bs aja diambil dr pohon yg uda brbuah trus dpotong n ditanam dlm pot buat hiasan aja.

Dimas Rofiqo Haqqi mengatakan...

tanamannya jantan gk, kata istriku gitu sih, soalnya kalo pohon sawit jantan dia berbuah juga walaupun kecil kecil, itu juga kata istriku

raja4adam mengatakan...

bibitx bs diperoleh dr mana? dsini gak ada. raja 4 papua

Meningkatkan Kesuburan Pria mengatakan...

wah jadi bisa punya buah naga di rumah nih,..
makasih tipsnya saya coba yah,..

yohanes yog mengatakan...

Betul sekali bos..gambar ini cuma penipuan...

Jacky chung mengatakan...

Itu keliatan banget pohon buah naga yg udh berbuadipindahin ke pot, sampd kiamat jg ga bakalan berbuah

dfrgtr mengatakan...

ljipohygi

didik iswanto mengatakan...

gambar dengan isi petunjuk nggak sama. digambar tinggi 30cm dah berbuah, di petunjuk 30 masih bibit, wah wah wah, tertipu dg gambar saya

Afdel mengatakan...

Terasa unik dan menarik, tidak memakan tempat. Apalagi jumlah buahnya tetap lebat walau ditanam dalam pot, luar biasa. Bikin ngiler...

Al Baser Baser mengatakan...

Kalau tanam di pot berapa lama yg mau berbuah

Al Baser Baser mengatakan...

Kalau di tanam di pot berapa lama yg mau berbuah

PSC Indonesia mengatakan...

selain diambil buahnya, cara ini juga semakin mempercantik penampilan taman. jangan lupa pilih bibit yang berkualitas agar hasilnya optimal.

Jual Bibit Tanaman Buah, Bunga, dan Sayur
Telp. 0852 9208 8944
WA. 0856 4307 7157
BB. 5AB27D52
www.bibittanamansuper.com

Gregorius Wenang Setyapraja mengatakan...

Mau tanya, dirumah saya ada pohon naga nempel ditembok luar rumah, tapi pas sudah berbunga gitu kok langsung layu ya enggak mbentuk buah, solusinya gmna?

Gregorius Wenang Setyapraja mengatakan...

Mau tanya, dirumah saya ada pohon naga nempel ditembok luar rumah, tapi pas sudah berbunga gitu kok langsung layu ya enggak mbentuk buah, solusinya gmna?

Gregorius Wenang Setyapraja mengatakan...

Mau tanya, dirumah saya ada pohon naga nempel ditembok luar rumah, tapi pas sudah berbunga gitu kok langsung layu ya enggak mbentuk buah, solusinya gmna?

Sri Pangestuti mengatakan...

Aq punya 2 pohon naga ditanam didalam pot plastik.dengan media campuran tanah,pupuk kandang ,(kotoran kambing) sedikit pasir.pohon naga tsb tumbuh subur...tapi kenapa sudah hampir satu tahun kok belum juga berbuah ? Apakah salah dalam medianya ?

Pupuk Organik mengatakan...

Satu lagi yang sangat saya suka dari buah naga adalah khasiat Anti Aging. Disamping itu kandungan antioksidan-nya yang tinggi guna menangkal radikal bebas.
Trims buat admin yang sudah sharing informasi yang bermanfaat ini

Eyang Sajiman mengatakan...

Aqu pingin cuba gan tapi sinaga nanti tak tanam istrinya marah pulak ,,syur kali bah...

Arsyil Bashori mengatakan...

Sebagai pembuktian pohon naganya atau tidak, sy akan coba dulu deh..smoga berhasil.

Kapal otok otok mengatakan...

Utk daerah pesisir yg tanahnya merah cocok gak ya?

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog