loading...

CARA BENAR VAKSINASI AYAM

Gagalnya memvaksinasi terhadap penyakit Fowl fox dan Newcastle adalah factor utama dalam penyebab kerugian besar dalam memproduksi telur. Jadi jangan sekali-kali anda menganggap remeh masalah pemberian vaksinasi pada ayam anda, jika anda tidak ingin mengalami kerugian yang cukup besar.. berikut saya coba tampilkan beberapa hal dalam pemberian vaksinasi ayam dengan benar,,, agar ayam anda tidak terserang penyakit diatas..

Vaksinasilah sebelum terlambat. Beberapa minggu produksi akan hilang bila ayam btor uetina yang tidak divaksinasi terkena penyakit setelah mereka mulai bertelur.

Vaksinasi terhadap kedua penyakit tersebut di atas dapat dilakukan setiap saat setelah ayam berumur 8 minggu. Jangan menunggu lebih lama setelah 8 minggu karena akan menghadapi risiko besar atas kehilangan beberapa ayam. Untuk mencegah reaksi yang tidak diinginkan akibat dari vaksin, pada saat divaksinasi ayam harus berada dalam keadaan sehat atau tidak sedang terinfeksi parasit. Sekali vaksinasi hanya untuk satu jenis penyakit, sedangkan vaksinasi untuk jenis penyakit lainnya dapat dilakukan kurang lebih 3 minggu sesudahnya.

Methode yang digunakan untuk memvaksinasi terhadap penyakit Fowl Pox dan Newcastle adalah methode jaringan sayap. Methode ini sangat sederhana. Semua bulu di dekat siku dari salah satu sayap dibuang sehingga jaringan kulit yang cukup luas kelihatan sebagai tempat untuk penyuntikkan vaksin agar semua vaksin dapat dimasukkan pada ayam. Isi jarum vaksin dengan obat vaksin dan suntikkan pada jaringan kulit tersebut. Proses vaksinasi selesailah sudah. Yakinkan bahwa semua ayam yang belum pernah divaksinasi telah mendapat giliran.
.
Apabila ayam betina telah berumur 16 minggu, cahaya di dalam kandang harus mulai diatur. Pemberian cahaya ini akan mempunyai pengaruh terhadap baik buruknya dalam memproduksi telurnya kelak. Induk ayam memerlukan cahaya yang konstan selama 16 sampai 17 jam tiap hari, kalau tidak terpenuhi maka mereka akan berhenti bertelur dan mulai mencabuti bulunya. Untuk mendapatkan cahaya yang konstant tiap hari, sumber cahaya listrik di dalam kandang bisa diatur dengan mempergunakan alat timer. Penjelasan tambahan mengenai pencahayaan pada induk ayam yang sedang bertelur dapat dimintakan pada penjual pakan ternak atau dinas peternakan setempat.

Sistem ventilasi harus diatur sedemikian rupa sehingga udara di dalam kandang tidak terlalu cperputaran udara harus ditingkatkan agar udara panas dalam kandang segera terganti dengan udara segar yang lebih dingin. Sedangkan pada musim hujan, perputaran udara harus dikurangi sampai pada tingkat yang cukup untuk tidak menimbulkan adanya kelembaban dan bibit penyakit. Singkirkan semua lapisan kotoran atau alas yang basah segera setelah terbentuk sehingga kandang tetap terpelihara dalam keadaan kering.
Berikut saya coba tampilkan Tabel program vaksinasi untuk Leghorn 

Umur Saat Divaksinasi Jenis Vaksinasi
Umur 1 hari Marek's
15 hari (1/2 dosis) Infectious Bursal
20 hari (1/2 dosis) Infectious Bursal
25 hari Bronchitis, New Castle, Infectious Bursal
(Contoh merek di pasar: Combo Vec. 30)
30 hari Bronchitis, New Castle, Infectious Bursal
(Contoh merek di pasar: Combo Vec. 30)
49 hari Bronchitis, New Castle, Infectious Bursal
(Contoh merek di pasar: Combo Vec. 30)
10 minggu Fowl Pox and Laryngotracheitis
(biasa dikenal sebagai LT)
12 minggu Combo Vec. 30
13 minggu Avian Encephalomyelitis
(biasa dikenal sebagai AE)
16 minggu New Castle
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

1 Response to "CARA BENAR VAKSINASI AYAM"

  1. Di mana bisa mendapatkan semua Vaksin tsb diatas ? Soalnya saya tinggal di daerah yg mana penjual Vaksin masih sangat terbatas. Yang ada Hanya IB Dan ND Lasota. Yg Lain sperti Mareks, Gumboro, Bronhitis dan Coryza blm ada yg Jual. Trims

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT