loading...

Memilih Jenis Merpati Yang BAik




Memilih Jenis Merpati



Memilih Jenis Merpati - Untuk memilih jenis merpati yang berkualitas tentu bukan hal yang mudah. Terutama jika kita menginginkan jenis merpati yang hendak digunakan untuk kegiatan olahraga. Tentunya merpati tersebut harus memiliki kelebihan dibandingkan jenis merpati lainnya.


Untuk jenis merpati yang memiliki garis keturunan dari merpati yang pernah menjuarai sebuah kompetisi, pasti akan memiliki harga yang lebih mahal. Meski demikian, bagi mereka yang memiliki dana terbatas pun tidak perlu takut. Sebab, dengan mengenal beberapa kriteria khusus, kita bisa mendapatkan merpati yang berkualitas bagus dengan harga yang cukup murah.

Secara umum merpati yang hendak dipilih haruslah merpati yang sehat. Ciri dari merpati sehat itu sendiri adalah mempunyai bulu yang bagus. Selain itu, di ujung sayap merpati tersebut tidak turun. Selain itu, merpati juga akan agresif apabila hendak ditangkap, dan terlihat melakukan perlawanan.http://tipspetani.blogspot.com/

Selain itu, usia juga merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan saat hendak membeli burung merpati. Merpati yang usianya muda, sebaiknya dipilih karena lebih produktif daripada merpati yang usianya sudah tua. Untuk mengetahui usia burung merpati, kita bisa melihat pada bagian paruhnya, jika di bagian tersebut terdapat daging yang tebal dan pada lubang hidung terdapat kerutan tebal, maka itu merupakan ciri merpati yang sudah tua. Selain itu, bagian paruh sendiri terlihat kurang mengkilat.

Dari sisi mental, kita bisa melihat burung merpati yang berada dalam sangkar secara berkelompok. Jika burung tersebut terlihat dominan, maka bisa dipastikan burung tersebut memiliki mental yang bagus.
Hindari pula memilih merpati yang memiliki bentuk kepala menyerupai ikan lohan. Karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan sebab gesekan yang terjadi dengan udara saat terbang sangat tinggi. Pilihlah merpati yang memiliki bentuk kepala mengerucut menuju paruh yang lebih aerodinamis.

Kita bisa pula mengamati bagian mata merpati tersebut. Merpati yang baik akan memiliki bentuk mata yang bening serta tajam. Akan lebih baik jika kita bisa memilih merpati yang memiliki mata beralis merah karena cenderung lebih tajam penglihatannya. Selain itu, bulu merpati yang bagus akan terasa halus dan lembut pada saat kita menyentuhnya.



loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog