loading...

Jenis Sarang Walet yang Disukai



Jenis Sarang Walet yang Disukai
Jenis Sarang Walet yang Disukai - Pembuatan sarang yang bisa mencapai 80 hari membuat para pemilik gedung walet bersabar menanti panen. Bila tidak sabar, maka harga sarang burung bisa jatuh. Jenis sarang burung walet ini bermacam-macam. Ada yang warnanya tidak bersih. Malahan mengandung lumut. Tapi jenis sarang walet ini disukai oleh orang Singapura dan Malaysia.

Sarang yang berwarna keruh ini pada umumnya diambil dari gua-gua di tepi pantai. Sarang dari tempat alami ini lebih kenyal dan tidak cepat pecah saat dimasak. Sedangkan orang Cina dan Indonesia lebih menyukai warna sarang burung walet yang putih bersih.

Warna yang putih bersih inilah yang membuat pedagang bermain mata. Mereka membersihkan sarang burung walet dengn pemutih. Akhirnya hal ini diketahui oleh pembeli yang berpengalaman. Yang terjadi adalah harga sarang burung walet dari beberapa daerah di Indonesia menjadi turun. Yang awalnya mencapai 17 juta per kilo, kini mungkin hanya sekira 7-8 juta sahja per kilo. Hal ini tentu saja merugikan para penjual sarang burung walet yang jujur.http://tipspetani.blogspot.com/

Biaya pemeliharaan dan penjagaan untuk satu gedung tidak murah. Bahkan karena gedung sarang burung walet ini sangat berharga, pemasangan cctv dan peralatan keamanan lainnya dipasang di sekitar gedung. Ada juga yang malah tinggal di gedung yang sama. Tingkat pertama dan kedua untuk rumah tinggal dan untuk berbisnis yang lainnya, seperti membuka toko kelontong, sedangkan tingkat tiga hingga lima, dibuat khusus untuk membudidayakan sarang burung walet.

Tentu saja suara burung walet yang sangat berisik itu menjadi salah satu kendala bagi yang membutuhkan ketenangan dalam bekerja. Banyaknya nyamuk juga menjadi satu hal yang harus ditangani dengan baik. Apalagi ketika merebaknya isu virus flu burung. Banyak juga orang yang khawatir terutama yang tinggal dekat arah melintasnya burung walet.

Perlu diketahui bahwa membuat gedung untuk burung walet ini bukan perkara gampang. Pemilik gedung harus tahu perlintasan burung walet agar burung-burung itu mau masuk ke dalam gedung. Bentuk gedung dan pencahayaan juga harus diperhatikan dengan saksama.


loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog