loading...

Kiat Marketing Meningkatkan Penjualan Produk Kerajinan




Ramainya persaingan bisnis di sektor industri kerajinan tentunya mengisyaratkan perkembangan yang cukup positif dibidang industri tersebut. Geliat usaha yang ditunjukkan para pengrajin di penjuru nusantara menjadi salah satu pertanda bahwa bisnis kerajinan di Indonesia belakangan ini mulai menunjukan perkembangan yang cukup signifikan setiap tahunnya.
Tak hanya fokus membuat produk-produk baru yang bernilai seni tinggi, sekarang ini para pengrajin di Indonesia mulai aktif memasarkan kreasi produknya ke berbagai daerah untuk mendatangkan penjualan yang cukup besar setiap bulannya. Bahkan, sekarang ini tak hanya pasar lokal saja yang digarap para pelaku usaha, mereka juga mulai aktif memperkenalkan produk unggulannya ke pasar nasional serta mulai menjangkau pasar ekspor ke negara tetangga untuk menjajal peruntungan bisnisnya di kancah internasional.
Karenanya, agar bisnis kerajinan yang Anda jalankan tak kalah bersaing dengan kompetitor lainnya. Berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran sederhana yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan.
  • Berani berkreasi, berinovasi, dan berkompetisi
Seperti kita ketahui bersama, selama ini produk kerajinan bukan menjadi barang kebutuhan primer yang banyak dicari para konsumen. Karenanya, para pengrajin harus pintar-pintar menciptakan keunikan tersendiri yang akhirnya bisa menarik minat calon konsumennya. Meskipun produk ini tidak dibutuhkan konsumen setiap hari, namun peluang pasarnya diperkirakan masih sangat luas, sehingga Anda bisa membidik peluang tersebut untuk mendatangkan transaksi penjualan sebanyak mungkin dalam waktu sebulan.
  • Cobalah dengan sistem konsinyasi
Setelah berkreasi dan berinovasi menciptakan produk kerajinan unik bernilai seni tinggi, selanjutnya Anda bisa mencoba memasuki pasar ritel dengan menitipkan karya-karya Anda di beberapa art shop (toko kerajinan), gallery, maupun di toko-toko swalayan yang ada di sekitar lokasi bisnis Anda. Dalam hal ini Anda bisa mencoba menerapkan sistem konsinyasi (titip jual) untuk menjalin kerjasama dengan para pemilik toko. Semakin banyak Anda menjalin kerjasama dengan toko-toko besar di sekitar Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan tansaksi penjualan setiap bulannya.
  • Aktif dalam mengikuti bazar dan pameran
Untuk memperluas pemasaran, Anda bisa mengikuti beberapa event bazar maupun pameran kerajinan yang sering diadakan pihak pemerintah ataupun swasta. Dengan aktif dalam event-event tersebut, Anda bisa memperkenalkan keunikan produk Anda kepada khalayak ramai, menggaet calon konsumen dari berbagai kalangan masyarakat, serta tidak menutup kemungkinan untuk bisa mendapatkan partner bisnis baru yang mengunjungi stand pameran Anda. Untuk itu, bergabunglah dengan asosiasi pengrajin yang ada di kota Anda guna mendapatkan informasi jadwal pameran maupun event-event rutin lainnya yang sering melibatkan peran para pengrajin.
  • Jangan pernah abaikan brand produk Anda
Dalam menjalankan sebuah usaha, penting bagi Anda untuk mempromosikan brand produk yang tengah Anda usung. Pastikan bila semua produk kerajinan yang Anda produksi telah dilengkapi dengan label produk yang bertuliskan nama brand atau merek yang diusung perusahaan Anda, serta optimalkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan kartu nama, brosur, dan pamflet yang menggambarkan produk kerajinan Anda dengan jelas. Semakin sering Anda menginformasikan brand produk Anda kepada masyarakat luas, maka semakin mudah pula para calon konsumen untuk mengingat keberadaan produk Anda.
  • Perluas jangkauan pasar dengan mengoptimalkan peran internet
Selain memilih pemasaran offline, Anda juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan mengoptimalkan peran internet. Luasnya jaringan internet memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk-produknya ke pasar lokal, nasional, bahkan merambah pasar internasional. Tidaklah heran bila sekarang ini banyak pelaku usaha kerajinan yang akhirnya berhasil mendapatkan buyer dari luar negeri berkat lapak online yang Ia miliki. Karenanya, tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mulai membuka lapak online untuk memperluas pemasaran.
Cukup mudah bukan? Semoga setelah membahas tips marketing meningkatkan penjualan produk kerajinan, para pembaca maupun pelaku usaha bisa mengaplikasikan langsung tips sederhana tersebut untuk mendatangkan omzet penjualan cukup besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
sumber:http://bisnisukm.com
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog