CARA MEMELIHARA AYAM

Cara Memelihara Ayam
 
 
Pengurusan anak ayam.
Dalam artikel ini, yang akan informasi peternakan ayam uraikan adalah, Panduan pengurusan ayam pembiak cobb 500. walaupun panduan yang akan di tulis mengenai pengurusan ayam cobb, akan tetapi cara/teknik pengurusan secara dasarnya atau garis besarnya semua jenis ayam pengurusan nya adalah sama.

Kalau pengurusan dari umur 0 hari sampai umur 2 minggu akan mengalami banyak kesamaan, dan boleh diterapkan peda pemeliharaan jenis ayam apa saja, Misalnya anda sangat faham dan mengerti teknik pemeliharaan anak ayam (DOC) ayam petelur, jadi skill anda tidak ada salahnya jika di terapkan pada ayam jenis broiler misalnya, di karenakan Tujuan pemeliharaan ayam dari umur 1 hari sampai satu minggu adalah bagai mana sebisa mungkin caranya agar bisa mengendalikah suhu ayam sebagai mana yang di butuhkan pada masa itu (masa eraman).

Selain kondisi pakan atau air yang juga harus di perhatikan, Suhu yang baik juga sangat begitu membantu terhadap pertumbuhan anak ayam tersebut.

Jadi yang saya maksud adalah walaupun panduan buat ayam cobb (PS) pada dasarnya, akan tetapi tidak ada salahnya panduan ini di aplikasikan kepada pemeliharaan ayam-ayam lainnya, seperti ayam kampung (jenis komersial) atau ayam kampung semi intensif atau intensif, ayam potong, ayam petelur dan ayam ayam yang lain.

PERSEDIAAN KEDATANGAN ANAK AYAM

Kunci terhadap keberhasilan seorang peternak terletak pada program pengurusan eraman yang baik, berawal dari persediaan sebelum anak ayam datang ke kandang.

Apabila anda meng-import anak ayam atau bibit ayam dari negara lain, sangat di anjurkan mempunyai pekerja yang terlatih yang berpengetahuan dalam peraturan-peraturan kastam, dan procedur dokumen2 yang di perlukan untuk memastikan pelepasan dari bea dan cukai secepat mungkin.

Kemudian pengangkutan anak ayam dari lapangan terbang di haruskan berada dalam keadaan bersih, disanitasi, kendaraan mempunyai pengudaraan yang bisa di atur suhunya, setiap usaha perlu di buat untuk menyelaraskan jadwal pengangkutan supaya anak ayam akan mendapatkan pelepasan dari airport dan sampai ke kandang dengan tepat waktu untuk menghindari dehidrasi, dan harus ditempatkan ke kandang secepat mungkin,

Ketika anda menerima anak ayam dengan kondisi yang panas (di ariport) maka alangkah baiknya jika anda membawa botol sprayer, dan buka semua box atau kardus ayam, dan spray ayam yang ada di dalam box atau kardus dengan menggunakan botol spray.

Tapi dengan catatan menggunakan air yang bersih, boleh juga menggunakan air minum mineral misalnya air Aqua, dan sejenis nya, penyemprotan ini bertujuan untun menurunkan suhu ayam yang ada di dalam box untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan.

Memelihara ayam di dalam kandang , harus mempunyai umur yang sama, pastikan kandang yang akan di isi terpisah dari kandang ayam yang lebih tua, (jika anda memelihara ayam dengan cara multi age), tapi sebaiknya anda memelihara ayam dengan sistem atau program “all-Inn /all -out” dengan program keselamatan yang baik.
Pekerja hanya boleh bekerja khusus untuk ayam kecil saya (atau hanya memelihara di dalam brooding).

Peralatan peternakan mestilah dalam keadan bersih dan bebas kuman sebelum anak ayam datang ke kandang, baca prosedur pembersihan yang terperinci dan biosekurity yang baik, dan biosekuriti kandang tersebut harus terpelihara dengan baik setiap saat, biosekurity di terapkan 365 hari setahun termasuk dalam jangka masa ketika kandang kosong.

Lokasi kandang harus dan perlu berada dalam keadaan selamat, kendaraan yang memasuki kawasan kandang perlu menjalani prosedur pembersihan yang baik (dengan disinpektan).

Hanya orang2 tertentu saja yang bisa memasuki kawasan kandang dan mereka harus mengikuti prosedur-prosedur biosekurity yang baik terrmasuk mandi, dan memakain pakain dan sepatu keselamatan yang sudah di sediakan.

Pintu kandang harus selalu tertutup, untuk menghindari binatang pemangsa masuk ke dalam kandang, seperti kucing, anjing dan binatang lain nya yang akan mengganggu keselamatan ayam peliharaan tersebut. Artikel lanjutan nya berada di sini Cara memelihara ayam petelur

Sumber : http://www.muksin.com


artikel berikutnya



1 comments:

Obat Kuat Herbal Alami mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog