JENIS-JENIS AYAM BURMA

JENIS-JENIS AYAM BURMA



Ayam Burma atau ayam Birma merupakan ayam yang berasal dari negeri Myanmar/Burma adalah sejenis ayam kebanyakan di perkampungan negeri Myanmar. seperti halnya di negeri kita, disana juga banyak warga yang memang menyukai ayam aduan, bisa jadi karena bisa dijadikan sebagai symbol kekuasaan ataupun hoby belaka yang tentunya bisa saja dibumbui dengan perjudian.

Karakteristik fisik ayam burma memiliki tubuh yang relatif kecil, tulangannya relatif tipis, berbulu lebih lebat dengan warna dominan jalak (wido) dan brintik kecoklatan. kontruksi kaki ayam burma seperti kaki burung pemakan ikan lebih besar sedikit, merit, padat dan keras. warna kakinya memiliki kekhasan kebanyakan kukunya agak berwarna kehijauan atau kecoklatan.

Ayam burma mulai terkenal sebagai ayam aduan adalah setelah orang Thailand membawa & mengembangbiakan dinegeri siam, dan ternyata mampu memberikan perlawanan bahkantipspetani memenangkan dalam banyak pertandingan biarpun kalah tandingan.

Kelebihan ayam burma adalah pada tingkat akurasi pukulannya hingga 90% adalah sekitar kepala, paruh dan mata lawan yang dibuatnya tidak berdaya. Sementara

Kekurangan ayam burma adalah pada ukuran zise yang memang lebih kecilan dan berkisar 2,0 hingga 2,75 Kg, dengan kontruksi tulangan yang tipis, dirasa kurang tangguh jika di hadapkan dengan ayam yang memiliki pukulan keras dan mengarah ke badan.


Ayam Burma Gostan adalah salah satu jenis ayam burma original generasi baru dengan ciri khas memiliki gaya bertarung adalah selalu mundur menghindar dan melemparkan pukulan (Defensive agresive) yang mengarah ke kepala, paruh & mata lawan. 




Ayam Burma Rambong adalah salah satu jenis ayam burma original dengan ciri khas yang merupakan kelebihannya adalah sangat lincah seperti berjoget ( Rambong istilah Siam = joget ) dan sambil melemparkan pukulan kea rah kepala, paruh dan mata, bahkan sambil jatuhpun ayam ini masih mampu melemparkan pukulan.




Ayam Burma Brasilian adalah hasil crossing breeding antara ayam burmatipspetani dengan ayam Brasil dengan prosentasi 85% genetik ayam burma dan 15% genetik ayam Brasil. Karakter ayam ini adalah memiliki daya tahan pukulan dan ketangguhan yang lebih baik dibandingkan ayam burma original. Kualitas pukulannya lebih keras dan mematikan. Akan tetapi tingkat kecepatannya tidak secepat original. Ukuran zise lebih besaran jika dibandingkan ayam original berkisar 2,6 hingga 3,3 Kg.




Ayam Burma Mabin adalah salah satu jenis ayam burma generasi terbaru dengan ciri khas yang merupakan kelebihannya adalah pukulannya sambil melompat lompat seperti kuda terbang & sangat lincah sambil melemparkan pukulan kearah kepala, paruh dan mata. Ukuran ayam Burmatipspetani mabin ini hampir sama dengan ukuran jenis ayam burma lainnya hanya memiliki portus yang lebih ramping & tinggi.




Ayam Pama adalah hasil crossing breeding antara ayam burma dengan beberapa jenis ayam aduan yang ada, seperti ayam burma dengan ayam Saigon, ayam burma dengan ayam siam, ayam burma dengan ayam Malaysian.

Karakter ayam pama ini karena masih memiliki sifat genetic ayam burma hingga 50% maka tentunya akurasi pukulannya mendekati ayam burma ditambah sifat yang ada pada ayam crossing-nya. Seperti diantaranya:
ayam burma X ayam Saigon disebutnya magon. Ayam jenis ini memiliki karakter sifat yang dibawa dari ayam saigon seperti tahan pukul dan pukulan keras dengan ukuran body yang relatif besar. Kelebihan jenis ayam ini pastilah adalah ukuran yg besar dan pukulan yg keras ditambah lagi akurasi yang sempurna dibawa dari sifat ayam burma. Dengan penampilan yang lebih gagah dan kekar serasa membuat percaya diri pemilik jika di bawa dalam arena pertandingan.

Ayam burma X ayam Siam disebutnya mathai. Memiliki tehnik bermain seperti ayam BK yaitu seperti ayam lock, bongkar, nyayap ditambahkan sifat pukulan ayam burma dan kecepatan defensive yang sulit untuk dipancing atau antilock tipspetani dan pukulan yang keras lagi akurat, membuat jenis ayam ini menjadi trend tersendiri sebagai jenis ayam pama bangkok antilock.



Ayam burma X ayam Pakhoy (Malaysian +Texas) disebutnya makhoy. Ayam ini bukan hanya memiliki tehnik ayam pakhoy (ketip bulu) seperti mematuk punggung sayap, paha , memukul badan yang sangat keras akan tetapi sifat pukulan akurat dan keras sekitar kepala justru menjadi kelebihan jenis ayam ini. Sekarang ini justru ayam jenis ini sedang menjadi trend di negeri Siam. Beberapa arena pertandingan banyak dimenangi jenis ayam Makhoy



artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog