loading...

MENGENAL BUNGA ANGGREK HIBRIDA

Anggrek, bunga yang sangat mempesona bagi sebagian besar umat manusia.Anggrek dibedakan menjadi dua jenis. Anggrek spesies (jenis asli yang tumbuh dengan sendirinya di alam) dan anggrek hibrida (hasil persilangan yang dibantu oleh manusia). Anggrek spesies ini rata-rata berharga tinggi karena ketersediaanya dianggap langka dan memiliki nilai prestis tinggi bila dapat mengoleksinya.



Anggrek hibrida juga tidak kalah ngetren dengan anggrek spesies, karena anggrek yang telah disilangkan oleh manusia ini mempunyai bentuk dan kombinasi warna yang sangat indah. Nah, jadi heran kan? Hehehe… Kenapa semua anggrek digemari dan berharga tinggi?

Dalam tulisan ini saya hanya akan memperdalam anggrek hibrida, untuk yang spesies kapan-kapan aja deh, atau udah banyak yang sudah mengulasnya di blog-blog terkenal.
Anggrek hibrida merupakan silangan antar populasi, antar kultivar, atau antar galur dalam suatu spesies. Dalam dunia akademiknya pengertian seperti ini sering disebut pemuliaan tanaman (pemuliaan anggrek).

Anggrek hibrida merupakan keturunan dari dua varietas, subspesies, spesies, atau dua genus yang berbeda. Untuk dua yang pertama, hibridanya disebut hibrida intraspesifik, untuk yang ketiga disebut hibrida interspesifik, dan yang terakhir disebut hibrida intergenerik. Anggrek hibrida hasil dari silangan dua anggrek spesies disebut hibrida primer (primary hybrid).

Perbedaan musim bunga , morfologi bunga, faktor perbedaan genetika, dan sebagainya. Menyebabkan anggrek jarang sekali kawin silang secara alami. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan campur tangan manusia (rekayasa). Kegiatan penyilangan anggrek oleh manusia bertujuan mencari bibit yang mempunyai banyak sifat-sifat unggulnya (hibridisasi), seperti : rajin berbunga, tahan hama dan penyakit, memiliki tingkat adaptasi sangat tinggi, ukuran bunga besar dan tebal,corak warna indah dll.

Untuk membedakan mana anggrek spesies dan mana anggrek hibrida bisa dari penamaannya. Nama-nama anggrek baik yang spesies maupun hibrida terdaftar di lembaga internasional yang mengurusi soal anggrek seluruh dunia yang bernama Royal Horticultural Society yang bertempat di Inggris. Nama anggrek spesies biasanya berciri khas nama latin. Dengan penulisan Huruf besar pada awal nama genusnya dan huruf kecil pada nama spesiesnya. Nama anggrek hibrida biasanya menggunakan nama bebas. Sesuai permintaan sang penyilangnya. Dan umumnya ditulis dengan awalan huruf besar semua. Nahhh… Masih terbuka kesempatan luas menorehkan namamu dalam deretan nama-nama anggrek yang indah nan mempesona yang akan disebut-sebut oleh masyarakat sedunia.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

2 Responses to "MENGENAL BUNGA ANGGREK HIBRIDA"

  1. Silahkan mengunjungi blognya orang yang suka berkebun. Tentang semua jenis tanaman anggrek, cara merawat, dan lainnya. http://www.anggrek.id/

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik sekali .. kami dari kebunbibit juga menawarkan produk bibit anggrek yang unggul cek link di bawah thanks .......
    https://kebunbibit.id/tanaman/tanaman-hias-bunga

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT