loading...

Bunga Kamboja dan Manfaatnya


Kamboja (Plumeria rubra L.cv. Acutifolia.) daerah asal tumbuhan ini dari Amirika tropik dan Afrika. Pohon ini termasuk tanaman hias, masuk dalam keluarga Apocynaceae. Bunganya terdiri dari beberapa jenis antara lain : putih dan merah atau jepang. Batangnya berupa batang berkayu keras tinggi, mencapai 6 meter, percabangannya banyak, batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkokdan bergatah. Nama lain dari kamboja antara lain Plumeria acuminata, Ait. P. acuminata, Roxb.P. acutifolia, Poir.P. alba, Blanco.P.obtusa, Lour. P. rubra, Linn, from acutifolia Woods. P. rubra, Linn. var. acutifolia (Poir) Bailey. Daun kamboja merupakan daun hijau, berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing dan agak keras dengan urat-urat daun yang menonjol, sering rontok terutama saat berbunga lebat. Sedangkan Bunganya berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai, daun bunga berjumlah 5 buah, berbunga sepanjang tahun. Tanaman kamboja bisa tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian tanah 700 meter diatas permukaan laut, tumbuh subur hampir di semua tempat dan tidak memilih iklim tertentu untuk berkembang biaknya. Nama lokal tanaman ini antara lain :
>< Kamboja ( Indonesia ),
>< Semboja ( Jawa ),
>< Bunga jebun ( Bali );
>< Samoja, Kamoja ( Sunda ),
>< Bunga lomilate ( Gorontalo );
>< Campaka molja/ bakul ( Madura ),
>< Pandam ( Minangkabau );
>< Karasuti, Kolosusu, Tintis ( Minahasa ),
>< Capaka kubu ( Tidore ).s Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk dan damar. Kandungan minyak menguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farnesol dan fenetilalkohol.

Beberapa khasiat tanaman kamboja:
Mengobati radang kulit. Caranya, ambil getah kamboja dari batangnya lalu campurkan dengan beberapa tetes minyak kelapa. Bubuhkan / usapkan pada kulit yang terkena peradangan.

Menyembuhkan urus-urus. Caranya, ambil sedikit getah kamboja lalu campurkan dengan 1/2 gelas air hangat. Minum ramuan ini.

Pencuci darah. Caranya, ambil kulit batang kamboja secukupnya, kemudian rebus dan ambil airnya. Minum ramuan ini (rasanya pahit).

Menutup gigi berlubang. Caranya, ambil beberapa tetes getah kulit kamboja, lalu lumaskan pada kapas, dan gunakan untuk menutup gigi yang berlubang. Lakukan 1 kali sehari. Hati-hati jangan sampai kena gigi yang tidak berlubang
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

1 Response to "Bunga Kamboja dan Manfaatnya"

  1. Mantap artikelnya ne, :)
    Boleh nambahin y?
    http://bisniskamboja.blogspot.com/2012/11/kamboja-bisa-kurangi-rasa-sakit.html

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT