loading...

TEKNIK PEMBIBITAN BUNGA SANSEVERIA



TEKNIK PEMBIBITAN BUNGA SANSEVERIA

dalam teknik budidaya tanaman hal yang tidak boleh dilupakan adalah proses pembibitan. Begitu juga pada budidaya bunga sansieveria. Pada bunga ini juga ada cara dalam pembibitannya.
Sanseveria merupakan tanaman sekulen tahunan. Daun berdaging tebal banyak mengandung air. Lebih dari 3000 jenis tanaman sukulen tersebar diberbagai belahan dunia.
Cara pembiakkannya cukup mudah, dapat dilakukan melalui anakan, benih, maupun setek batang atau daun, Anakan yang telah cukup besar, berusia sekitar 1-2 bulan, dipisahkan dari tanaman induk.

Anakan akan muncul dari tanaman induk pada usia 5-6 bulan. Penjarangan anakan ini sangat penting dilakukan agar tanaman dapat tumbuh besar. Pembibitan dari anakan dapat dilakukan dibedengan atau dipolibag. Pembibitan dibedengan dapat dilakukan dengan membuat bedengan berukuran 1-1,5 m X 10 m atau menurut kebutuhan dengan jarak tanam 10 cm X 10 cm. Bedengan harus benar-benar remah agar pertumbuhan akar tidak bibit tidak terganggu.

Sedangkan pembibitan dipolibag, bisa dilakukan dengan media tanah dicampur pupuk kandang 1:1 atau 1:2 dan ditambahkan NPK 5 gram per polibag tiap dua minggu. Setelah itu polibag ditaruh ditempat yang cukup teduh namun masih terkena sinar matahari. Saat awal pembibitan merupakan tahap dimana kebutuhan air harus dipertahatikan.

Bibit mungkin akan berwarna kemerah-merahan karena belum beradaptasi dengan lingkungan. Dengan pengairan yang cukup, seminggu setelah pembibitan, bibit akan menunjukkan pertumbuhan normal/pulih dari stress lingkungan akibat pemisahan dari induk. Pengairan yang berlebihan harus dicegah karena bibiy mudah busuk akibat serangan cendawan pada keadaan lembab. Bibit yang terserang cendawan sebaiknya dibuang agar tidak menular dan tanah disekelilingnya dibuang.Cukup mudah bukan silahkan mencobanya. Semoga berhasil.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "TEKNIK PEMBIBITAN BUNGA SANSEVERIA"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT