loading...

OBAT ALTERNATIF PENYAKIT DARI JUS KULIT MANGGIS


Buah Manggis (Garcinia Mangostana) adalah buah asli dari kepulauan nusantara yang saat ini begitu sangat populer. Bagaimana tidak? Buah yang rasanya manis dan kaya kandungan vitamin C ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu buah manggis bersifat antiinflamasi dan antioksidan dan di luar negeri dinobatkan sebagai buah dengan antioksidan tertinggi di dunia. 


Disamping manfaat yang terkandung dalam buah manggis dan berbagai khasiat dari buah manggis, kulit manggis ternyata juga tidak kalah bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Xanthone merupakan senyawa yang terkandung di dalam kulit buah manggis yang juga mengandung antioksidan yang tinggi. itulah sebabnya bukan hanya buahnya saja yang populer, namun kini sudah banyak negara yang mengembangkan produk-produk dari bahan kulit manggis sebagai ramuan herbal yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Namun akibat mahalnya produk-produk jadi dari kulit buah manggis tentunya bagi sebagian orang akan mencari cara bagaimana memanfaatkan kulit buah manggis tanpa mengurangi khasiat dari kulit manggis tersebut. Tidak mungkin juga begitu buah manggis sudah habis langsung mengunyah kulitnya begitu saja karena rasanya jelas sangat pahit dan sepat. Salah satu cara termudah dan termurah mengolah kulit manggis sebagai penunjang kesehatan adalah dengan membuatnya menjadi jus kulit manggis.

Untuk membuatnya perlu sedikit kesabaran dan beberapa campuran untuk setidaknya meminimalisir rasa pahit dan sepatnya kulit manggis tersebut (terkecuali memang tidak masalah dengan rasa pahit). Di sini akan dibahas mengenai Cara Membuat jus Kulit Manggis Yang Benar Dan Sehat. Beberapa bahan dan hal-hal yang perlu disiapkan dan diperhatikan adalah sebagai berikut.

Bahan dan peralatan untuk membuat Jus Kulit Manggis :

  • Buah Manggis secukupnya (untuk untuk 1 orang bisa menggunakan 2-4 buah manggis, sesuai selera)
  • Air Putih yang sudah matang, untuk campuran membuat jus
  • Madu adalah alternatif terbaik untuk yang tidak suka rasa pahit
  • Gula rendah kalori juga baik sebagai pengurang rasa pahit dan sepat (gunakan gula aren)
  • Blender untuk membuat jus.

Cara membuat Jus Kulit Manggis :

Pilihlah kulit buah manggis yang bagus (jika ada) agar tidak perlu susah membersihkan.
Bersihkan dahulu bagian dalam kulit manggis dengan mencuci dengan air bersih agar kotoran yang melekat hilang, lalu bersihkan bagian dalam kulit manggis dengan mengeroknya dengan sendok kecil. Hati-hati dengan kulit yang berwarna hitam dan getah kuning sebaiknya dihindari agar jus tidak pahit dan sepat.

Jika sudah bersih langkah selanjutnya adalah merebus kulit manggis tersebut dengan air secukupnya (langkah ini merupakan langkap optional untuk mengurangi rasa pahit dan sepatnya). Jangan membuang air rebusan karena air rebusan tersebut juga bermanfaat untuk berbagai macam terapi kesehatan. simpanlah di lemari pendingin untuk digunakan suatu waktu.

Masukkan kerokan kulit dalam manggis atau kerokan kulit yang sudah direbus (pada langkah sebelumya) kedalam blender. Tambahkan bahan-bahan campuran jika diperlukan seperti madu, gula aren, atau alternatif lain sebagai bahan campuran untuk mengurangi rasa pahit dan sepatnya. Tambahkan air secukupnya (sesuaikan berapa banyak anda akan membuatnya, jika hasilnya sisa anda bisa menyimpannya di lemari pendingin). Blenderlah bahan yang sudah disiapkan.

Jus kulit Manggis pun siap diminum dan rasakan khasiatnya.

Aturan pakai dan efek samping :

  • Disarankan dan sebaiknya diminum setelah makan.
  • Pada permulaan meminun jus mungkin akan terasa mual karena belum terbiasa.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "OBAT ALTERNATIF PENYAKIT DARI JUS KULIT MANGGIS"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT