loading...

BEDA Agronomi, Agroteknologi dan Agribisnis

http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/beda-agronomi-agroteknologi-dan.html


Ketiganya sama-sama program studi di Fakultas Pertanian namun mempunyai pembagian yang berbeda. Kata Agro dan Agri memang sangat erat kaitannya dengan pertanian, terutama di jenjang pendidikan. Kemudian baru-baru ini muncul istilah Agroteknologi yang merupakan istilah dari studi pertanian modern.

Perbedaan antara Agronomi, Agribisnis dan Agroteknologi 

Agronomi adalah ilmu pertanian yang lebih memfokuskan pada teknik budidaya tanaman, mempelajari aspek-aspek dari persemaian biji hingga perawatan tanaman supaya mendapatkan hasil produksi yang optimal. 
Agronomi mempelajari teknik budidaya tanaman hortikultura, serealia, tanaman obat, tanaman bunga, dan tanaman buah. Agronomi bisa diibaratkan jantungnya, jika pertanian adalah tubuhnya.

Setelah hasil produksinya optimal, selanjutnya bidang Agribisnis lah yang bertugas untuk mendapatkan keuntungan optimal. Inti dari agribisnis adalah berorientasi profit. Namun Agribisnis sendiri tidak hanya pada produk hasil pertanian, tapi juga usaha penyedia input seperti alat-alat pertanian, pupuk dan bibit. 

Agroteknologi adalah jurusan kuliah yang yang dipopulerkan mulai tahun 2007-2008 sebagai jurusan baru ilmu pertanian yang lebih kompleks. Di Agrotek studi akan dilanjutkan ke minat sub-sub bidang pertanian, antara lain adalah agronomi, ilmu hama, ilmu tanah dan sebagainya. Jadi Agroteknologi adalah studi bidang pertanian secara bahasa modern, intinya juga materi teknologi ilmu pertanian, bukan teknologi pembuatan input pertanian seperti, tarktor, mesin giling, atau teknologi hasil pertanian pasca panen.

Nah semoga info di atas dapat memberi  gambaran untuk memilh program studi di perguruan tinggi..
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

2 Responses to "BEDA Agronomi, Agroteknologi dan Agribisnis"

  1. Oh ternyata ini perbedaannya min?? terima kasih banyak admin atas informasinya..

    BalasHapus
  2. Terus perbedaan​ agroteknologi sama ilmu tanah tu apa ya?

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT