loading...

SEJARAH TANAMAN TEBU DAN MANFAAT TEBU




Tanaman tebu (Saccharum officinarum L) merupakan tanaman asli tropika basah.

- Penanaman tebu di Indonesia dimulai pada saat sistim Tanam Paksa (Tahun 1870) yang memberikan keuntungan besar untuk kas negara pemerintahan kolonial Belanda. Setelah sistim Tanam Paksa dihentikan,usaha perkebunan tebu dilakukan oleh pengusaha-pengusaha swasta.


- Perluasan perkebunan tebu tidak pernah melampaui Pulau Jawa karena memang jenis tanaman dan pola pertanian di Pulau Jawa lebih sesuai untuk penanaman tebu. Daerah jantung perkebunan tebu yang tumbuh sejak tahun 1940-an dan berkembang sampai sekarang adalah daerah pesisir utara dari Cirebon hingga Semarang di sebelah selatan Gunung Muria hingga Madiun, Kediri, Besuki, disepanjang Probolinggohingga ke Malang melalui Pasuruan.


- Pusat Penelitian dan Pengembangan Gula Indonesia (P3GI) Pasuran telah berperan melakukan penelitian-penelitian untuk menghasilkan varietas unggul danberbagai produk turunannya seperti fermentasi pembuatan etanol dari tetes, pembuatan ragi roti, pakan ternak, gula cair, pulp, karton danparticle board dari ampas tebu, pembuatan kompos dari blotong, pemanfaatan pucuk tebu dari empulur ampas tebu untuk pakan ternak.

Manfaat Tebu


Tebu (Sacharum officinarum) adalah termasuk keluarga Graminae atau rumput-rumputan dan berkembang biak di daerah beriklim udara sedang sampai panas. Tebu cocok pada yang mempunyai ketinggian tanah 1 sampai 1300 meter di atas permukaan laut.


Tebu yang tumbuh di lebih dari 200 negara, India adalah terbesar kedua produsen gula sdangkan pengasil terbesarnay adalah Brasil. Di negera Negara Karibia tebu dioleh menjadi Falernum dan dipergunakan sebagai bahan campuran cocktail.

Selain sebagai bahan baku gula, tebu juga banyak berkhasiat sebagai obat, khasiat dari Tebu adalah sebagai berikut :


Ada beberapa manfaat tebu diantaranya gigunakan untuk dikomsumsi langsung dengan cara dibuat jus, dibuat menjadi tetes rum dan dibuat menjadi ethanol yang nantinya digunakan sebagai bahan bakar. Limbah hasil produksi dari tebu bisa dimanfaatkan menjadi listrik.
Ekstrak sari tebu yang ditambah jeruk nipis dan garam biasa di komsumsi di India itu dimaksudkan untuk memberika kekuatan gigi dan gusi
Air tebu dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh sakit tenggorokan dan mencegak sakit Flu serta bisa menjaga badan kita sehat. Air tebu ini bisa dimanfaatkan oleh penderita diabetes dimanfaatkan sebagai pemanis karena kadar gula yang rendah. Karena tebu bersifat alkali sehingga dapat membantu melawan kanker payudara dan prostat.
Mengkomsumsi air tebu secara teraktur dapat menjaga metabolisme tubuh kita dari kekurangan cairan karena banyak kegiatan yang sudah dilakukan sehingga dapat terhindar dari stroke. Dengan banyaknya kandungan karbonhidrat sehingga dapat menambah kekuatan jantung, mata, ginjal dan otak. Membantu dalam pengobatan penyakit kuning karena memberikan kekuatan untuk hati yang menjadi lemah selama penyakit kuning. Membantu dalam menjaga aliran air kencing yang jelas dan juga membantu ginjal untuk menjalankan fungsi mereka dengan baik.

loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog