loading...

Cara Menanam Terong Ungu

Tanaman yang satu ini digolongkan ke dalam jenis sayuran. Kabarnya, ia pertama kali ditemukan di wilayah Srilanka dan juga India. Terung ini memiliki kekerabatan dengan tumbuhan lain seperti kentang dan juga leunca. Terong merupakan tanaman terna yakni tanaman dengan usia yang pendek. Tingkan konsumsi terong di Indonesia cukup tinggi. Karena itu, permintaan pasar akan komoditi yang satu ini tak pernah sepi. Melihat peluang ini tentu merupakan pilihan yang cerdas jika Anda memulai usaha budidaya terong bukan. Sebelum terjun dalam skala yang besar, tak ada salahnya Anda belajar hal paling dasar seperti cara menanam terong di pekarangan Anda. Tertarik? Silahkan simak uraian berikut ini. 

Syarat Tumbuh 

Pada dasarnya cara menanam terong sangat mudah. Namun agar hasilnya maksimal, Anda sebaiknya memperhatikan syarat tumbuhnya meskipun Anda hanya menanamnya dalam jumlah yang sedikit di pekarangan rumah Anda. Adapun syarat tumbuh tering antara lain: 

Menyukai dataran rendah hingga tinggi.
  • Cocok di areal dengan suhu antara 22 sampai 30 derajat celcius.
  • Sebaiknya ditanam di tanah yang lempung, subur, kaya humus dan sedikit berpasir.
  • Penyinaran di pekarangan Anda haruslah cukup.
  • Terong suka ditanam di awal musim kemarau.

Jika pekarangan Anda sempit, terong juga bisa ditanam di pot. Bibit untuk menanam terong ini bisa Anda beli di toko bibit. Namun jika Anda hanya ingin menanam dalam skala kecil saja, gunakan biji pada terong yang Anda olah untuk disantap. Kumpulkan kemudian masukan ke dalam kain basah untuk diperam selama seharian penuh. Keesokan harinya, Anda sudah menjumoai biji terong tersebut berkecambah. Jika demikian, ambil bebijian tersebut dan semaikan di bedengan khusus. Gunakan pupuk organik agar lebih subur. Selama menyemaikan kecambah terung tersebut, janga lupa disiram pagi dan juga sore hari. Saat kecambah telah berusia 1 hingga 1,5 bulan, ia sudah siap dipindahkan ke titik tanam yang sebenarnya. 

Waktu terbaik memindahkan bibit tering tersebut adalah di musim kemarau. Pilih bibit yang sehat tanpa cacat apapun. Tanam di medium tanah dengan lubang sekitar 5 cm dengan menambahkan batang agar tanaman terong tubuh tegak. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan langkah perawatan dan pemeliharaan agar terong tumbuh sehat dan berbuah lebat. Biasanya usia terong yang berbuah antara 3 sampai 4 bulan.



loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Cara Menanam Terong Ungu"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT