loading...

PANDUAN OKULASI POHON NANGKA AGAR BERHASIL DAN BERTUNAS




Seperti yang kita ketahui buah nangka banyak mengandung nutrisi dan vitamin dan penanaman pun mudah nutrusi yang terkandung dalam buah nangka antara lain:

Saat masih muda pun buah nangka yang orang jawa bilang gori, bisa dibuat sayur atau orang jogja bilang gudeg yang populer di kalangan masyarakat jogja dan menjadi makanan tradisional pendamping nasi yang nikmat.

Pohon pun banyak manfaatnya diantara kayunya yang keras untuk bahan bangunan pohon dari nangka ini banyak menyimpan air jadi saat kemarau dia mampu bertahan.


Aroma dan bau buah nangka yang telah matang pun memiliki bau harum yang khas jadi saat anda panen buah nangka tetanga pasti tau. jadi alangkah baiknya jika kita berbagi.

Tapi dari sekian banyak kelebihan ada satu yang membuat buah yang satu ini tidak banyak di minati yaitu getah pohon nangka yang sangat lengket.


Meningalkan satu kekurangan tapi juga meningalkan semua kelebihan dan manfaatnya. apakah itu sebanding?. tentu tidak. Jika kita berfikir ada masalah pasti akan di hadirkan solusi. Ini dia solusi menghilangkan getah buah nangka yang lengket.
  • Dengan minyak goreng.
  • Dengan tepung.
  • Dengan selaput dari biji nangka itu sendiri. Caranya hanya dengan meremas selaput tersebut hingga muncul cairan yang licin untuk meghilangkan getah.
Langkah-langkah Cara Okulasi Pohon Nangka

Untuk yang pertama kita siapkan pohon nangka yang hendak akan kita buat okulasi atau batang bawah/rootstock.

A. Ciri rootstock yang baik dan mudah untuk di okulasi
  1. Besar pohon tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar kira sebesar kira-kira sebesar jari kita.
  2. Sehat
  3. Besar pohon sesuai dengan umur
  4. Dan yang paling penting kambium pada pohon sedang aktif. Karena saat aktif itulah kulit tanaman mudah untuk di kelupas dan saat kambium aktif tanaman akan mudah dan cepat untuk menyembuhkan luka.

Sekarang pilih batang atas atau entres. Hati-hati dalam mencari entris ini karena ketepatan sangat menentukan hasil nantinya.

B. Ciri-ciri entres nangka yang baik antara lain

  • Sehat atau terhindar dari bibit penyakit.
  • Sudah ada bakal entres yang akan tumbuh. Dilihat hanya setitik mata tunas dan belum tumbuh sempurna.
  • Dari tanaman yang berkualitas ungul dan tahan terhadap hama.
  • Besar entres kira-kira sebesar pensil.
  • Entres tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
C. Peralatan Untuk Okulasi Nangka

Sekarang persiapkan alat yang akan menunjang kita dalam melakukan praktik ini
Pisau okulasi harus yang tajam dan seteril
Plastik okulasi atau plastik biasa yg d tarik jadi panjang juga bisa.
Plastik untuk cungkup. Ini berguna agar kelembapan dan penguapan entres dapat terjaga.

D. Waktu yang tepat untuk melakukan okulasi

Alat dan bahan yang dibutuhkan sudah komplit saatnya melakukan praktik okulasi pada pohon nangka. Untuk waktu bisa pagi atau sore hari karena banyak pertanyaan tentang waktu ini. Alasanya adalah kenapa pada pagi hari karena pada saat itulah sinar matahari mengubah air dan mineral menjadi makanann menjadikan kambium aktif.

Kenapa sore hari karena pada saat itulah suhu menjadi stabil jadi entres tidak harus menahan terik sinar matahari di siang hari yang menyebabkan penguapan berlebihan dan menjadikan entres layu dan akan kering setelahnya. Dah !!! Sekarang lagsung ke praktik. Waktu sudah di pilih, alat dan bahan telah tersedia.

E. Praktek Cara Okulasi Pohon Nangka


  • Sekarang sayat pohon nangka bagian bawah lebar dan panjang sayatan disesuaikan dengan besar entres.
  • Setelah disayat potong sayatan tersebut dibagian tengah kemudian kelupas dari tengah sebagian ke atas dan sebagian ke bawah.
  • Sekarang ambil entris yang terpilih potong miring dibagian bawah dari mata tunas dan diatas mata tunas juga dilakukan potongan miring, potongan atas dan bawah yang miring tadi mendekat ke munculnya tunas.
  • Setelah itu sisipkan entres yang telah kita potong miring di bagian atas dan bawah tadi ke sayatan kulit yang ada pada batang bawah yang telah kita sayat sebelumya.
  • Dan saat sudah pas maka lagsung saja diikat dengan plastik okulasi yang telah dipersiapkan tadi. Ikat di bagian atas dan bawah potongan miring entres tadi. Potongan entres yang miring menyatu dengan kulit bagian dalam batang rootstock.
  • Pengikatan dengan plastik okulasi sebaikya tidak menutupi munculnya mata tunas karena saat entris tumbuh nanti tunas baru akan sulit untuk menembusnya dan bisa juga palah mati. Ingat juga Pengikatan tidak terlalu kuat dan tdak terlalu kendur.
  • Setelah kita lakukan semua maka sentuhan akhir adalah memberikan penyungkupan yang berguna untuk mengurangi penguapan dan agar terlindung dari air.

F. Perawatan Okulasi Nangka

Setelah semua di lakukan maka sabar dan tunggu kira-kira 14 hari atau di kira-kira, Jika entres tidak mati dan masih terlihat hijau cerah dan mata tunas sudah mulai terlihat. Nah itu kita sudah mulai lega karena bisa di bilang 70% sudah berhasil.


Dan Saat mulai terlihat mata tunas maka bisa dibuka cungkupannya karena jika tidak akan meerusak mata tunas karena mata tunas tidak mampu menembus cungkup. Setelah beberapa bulan dan dilihat telah sempurna menempel maka plastik pengikat hatus dilepas karena dapat mencekik tanaman jika dibiarkan.

Dan akhirnya selesai dalam melakukan praktik cara okulasi pohon nangka, tinggal menjaga pohon dengan pemupukan secara tratur dan tepat.
sumber : https://www.tutorialtanaman.com/

loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog