loading...

Tanaman Rambat Peneduh Berbunga, Pas diaplikasikan untuk Pergola

Bandel dan gampang tumbuh hingga membuat aneka flora berbunga lincah itu cocok ditanam di lahan sempit dan minim sinar matahari. Ada banyak jenis tanaman merambat berbunga yang bisa Anda pilih. Ragam, flora ini cocok bila hendak digunakan sebagai peneduh. Sebagian besar tanaman ini toleran terhadap pa¬paran berbagai intensitas matahari. Bunganya yang cantik tetap lebat dan selalu mekar meski kondisi ling¬kungan di sekitarnya teduh.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh kebanyakan tanaman merambat yaitu bandel serta mullah tumbuh. Sifat seperti ini membuat pemilik tidak direpotkan oleh pemeliharaan. Perawatan rutin yang di akukan cukup pemangkasan. Dilaksanakan setiap dua minggu sampai sebulan sekali. Pertumbuhan semakin pesat pada waktu musim hujan.

Tanaman merambat berbunga juga sering ditanam sebagai pot plant. Ukuran diameter pot yang di¬gunakan berkisar antara 20-30 cm. Mereka sangat cocok dimanfaatkan sebagai topiari. Untuk keperluan tersebut, pot harus dilengkapi kerang¬ka. Dibuat dengan kawat atau besi.
Topiari tanaman merambat berbunga dapat dipajang di tengah taman maupun di depan pintu gerbang.

Cara perambatan yang dilakukan tidak sulit. Butuh kesabaran. Juluran tanaman sedikit demi sedikit dililitkan di kerangka yang sudah tersedia. Agar tak mudah copot diikat dengan tali plastik. Ikatan bisa dilepas bila batang telah kokoh melilit kerangka. Bentuk topiari dan naungan terlihat semakin bagus bila daun tanaman tumbuh rimbun.

Pemupukan dilakukan setiap 1 bulan sekali. Menggunakan pupuk NPK. Pilih pupuk dengan kandungan Pospor lebih dari 50%. Atau dengan perbandingan NPK masing-masing 0 1 50 30. Tanaman yang di¬tanam dalam pot mendapat pupuk sebanyak 1 sendok makan. Sementara tanaman yang tumbuh langsung di pekarangan porsi pupuk yang diberikan 2 sendok makan dan diberikan 3 bulan sekali. Selain itu, pemangkasan juga dapat merang¬sang sekaligus menambah jumlah tandan bunga yang dihasilkan.

Menurut penuturan Agung Yuswan¬to, desainer taman di Jakarta Selatan, dinding dalam lorong sempit bisa disulap menjadi area yang indah dengan tanaman merambat berbunga. "Tanaman ini cocok bagi pemukiman di kota yang banyak dibatasi oleh tembok-tembok tinggi," ungkap Aria yang biasa disapa Agung itu.

Sumber " http://www.kebonkembang.com/panduan-dan-tip-rubrik-35/308-10-tanaman-rambat-peneduh-berbunga-pas-diaplikasikan-untuk-pergola.html
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Tanaman Rambat Peneduh Berbunga, Pas diaplikasikan untuk Pergola"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT