loading...

Mempercantik Kebun

Berkebun merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Namun berkebun cenderung juga merupakan kegiatan yang mahal, karena membuat kita merogoh kocek untuk membeli alat, bibit dan keperluan berkebun yang kadangkala harganya tidak bisa dibilang murah. Berikut adalah 20 tips untuk membuat kebun cantik tanpa memboroskan anggaran :


1. Belilah bibit dalam jumlah kecil. Anda tidak perlu membeli sekantung bibit karena yang Anda perlukan hanya beberapa buah saja

2. Pesanlah melalui mail order. Karena katalognya biasanya menawarkan banyak pilihan. namun ingat jangan memesan terlalu banyak.

3. Gunakan bahan-bahan berkebun lokal. Karena harganya murah.

4. Carilah alternatif tempat pembelian bahan dan bandingkan harganya. Pilihlah yang menjual bahan berkualitas bagus dengan harga murah

5. Pilihlah bahan berkebun yang natural, misalnya pupuk kompos atau pupuk dari tanaman. Karena harganya lebih murah daripada pupuk buatan pabrik.

6. Usahakan mengambil sendiri barang pesanan Anda karena jika memakai jasa pengantaran akan memakan lebih banyak uang.

7. Belilah pupuk dalam jumlah besar, karena akan lebih murah daripada membeli dalam jumlah kecil.

8. Bersahabatlah dengan para pedagang bunga dan bibit, karena mereka mengetahui mana tanaman yang bagus dan kapan kiriman barangnya akan datang

9. Tanamlah tanaman yang kecil atau perkecil ukuran tanaman agar Anda tidak mengalami kerepotan dan juga tidak membutuhkan biaya banyak saat merawatnya

10. Belilah bibit pada musimnya, karena akan lebih murah dibandingkan bila Anda membelinya ketika bunga tersebut sedang tidak musim.

11. Bila perlu tidak usah membeli bibit. Mintalah cangkokan dan stek pada teman, saudara atau tetangga.

12. Buatlah anti hama sendiri. Dari campuran 1-3 sendok amonia dan air Anda dapat mengkontrol kebun anda dari seranga serangga dan hama.

13. Rawatlah kebun Anda sendiri, karena mempercayakan perawatan pada orang lain berarti Anda harus membuat anggaran untuk menggajinya.

14. Pilihlah tanaman yang alami, dapat tumbuh dikebun anda dan tidak membutuhkan perawatan extra

15. Kuasailah beberapa hal tentang cara berkebun yang baik dan benar. Anda bisa mendapatkannya dari bertanya pada teman, tetangga, saudara atau Anda dapat membaca buku tentang berkebun.

16. Jika Anda hidup di daerah yang panas, berilah rerumputan sebagai pupuk untuk tanaman Anda.

17. Belilah alat penyiram yang dapat dikontrol sehingga Anda tidak membuang banyak air. Bukankah ini juga akan menghemat anggaran Anda?

18. Tanamlah tanaman Anda dalam wadah tertentu, lalu pindahkan mereka kekebun saat mereka tumbuh agak besar.

19. Buatlah anggaran belanja.

20. Belilah perlengkapan berkebun yang berkualitas bagus dengan harga murah.

(*/irene) kapanlagi.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Mempercantik Kebun"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT