RAGAM JENIS BURUNG MURAI BATU

Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau.
Murai Batu dari Tanjung Redep, Kalimantan Timur menpunyai keunikan di bagian kepalanya yang bergaris putih memanjang ke belakang. Murai Kalimantan memiliki ekor lebih pendek dengan panjang sekitar 8-12 cm, sementara Murai Batu Sumatra 15-20 cm . Ciri khas lainnya adalah Murai Batu Kalimantan apabila berhadapan dengan jenisnya akan mengelembungkan bulu-bulu disekitar dadanya sambil berkicau.Badan berukuran 14-17 cm.Makanan umum adalah serangga kecil. Hobiis biasanya memberikan kombinasi pelet, kroto, jangkrik, ulat hongkong dan telur lebah. Murai Batu juga memakan poer/voer, yang biasanya tersedia di pasaran adalah merk Phoenix , Fancy, Gold Coin, Chirpy, TopSong, dan lain-lain.

1.Burung Murai Batu Medan
Burung Murai paling mahal berasal dari Medan, ciri khasnya adalah kakinya model belimbing.

2. Burung Murai Batu Lampung Super
Burung Murai termahal urutan kedua berasal dari lampung. Mempunyai ekor panjang dan agak melengkung.

3. Burung Murai Batu Lampung
Sama-sama dari lampung tapi ekor lebih pendek drpd ljenis lampung super dan tidak melengkung, suara pun lebih kecil dari jenis lampung super.

4. Burung Murai Batu Nias
Berasal dari nias, ekor lebih pendek dan suara lebih kecil dari jenis Lampung.

5. Burung Murai Batu Kalimantan
Ini adalah jenis burung murai paling jelek. Suaranya lebih kecil dari 4 jenis diatasnya dan ekor yg lebih pendek lagi tapi utk besarnya paling besar


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog