Cara bercocok tanam kopi

Dalam memilih penanaman bibit kopi ada tiga kriteria yang perlu diperhatikan antara lain;
Produktivitas
Kualitas (aroma dan rasa amat berpengaruh terutama pada jenis Arabika)
Ketahanan terhadap gangguan hama/penyakit

Mengenai budidaya kopi Arabika dan Robusta dapat dijelaskan secara ringkas sebagai berikut:
*Kopi Arabika
Untuk keperluan budidaya kopi Arabika biasanya dilakukan dengan cara membuat bibit generatif (bibit semai), dan kopi Arabika tidak memerlukan cara vegetatif, kecuali untuk kebutuhan penelitian.
*Kopi Robusta
Sedangkan kopi robusta budidayanya biasa dilakukan secara dengan cara mengembangkan bibit vegetatif yaitu bibit cangkokan, sambungan, okulasi dan stek. Bibit yang diperoleh dari pihak lain, sebaiknya tidak langsung ditanam agar bibit tersebut dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
*Kopi Luwak
nyari luwak nya dulu

-Pemupukan
Pupuk yang digunakan pada umumnya harus mengandung unsur-unsur Nitrogen, Phospat dan Kalium dalam jumlah yang cukup banyak dan unsur-unsur mikro lainnya yang diberikan dalam jumlah kecil. Ketiga jenis tersebut di pasaran dijual sebagai pupuk Urea atau Za (Sumber N), Triple Super Phospat (TSP) dan KCl. Selain penggunaan pupuk tunggal, di pasaran juga tersedia penggunaan pupuk majemuk. Pupuk tersebut berbentuk tablet atau briket di dalamnya, selain mengandung unsur NPK, juga unsur-unsur mikro. Selain pupuk an organik tersebut, tanaman kopi sebaiknya juga dipupuk dengan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos.

Pemberian pupuk buatan dilakukan 2 kali per tahun yaitu pada awal dan akhir musim hujan, dengan meletakkan pupuk tersebut di dalam tanah (sekitar 10 - 20 cm dari permukaan tanah) dan disebarkan di sekeliling tanaman. Adapun pemberian pupuk kandang hanya dilakukan Tahun 0 (penanaman pertama)


artikel berikutnya



3 comments:

Aceh Hidayat mengatakan...

Salam kenal kepada Pemilik blog ini...,
Alhamdulillah, akhirnya kami telah berhasil menyelesaikan pengetikan Buku Cara Bercocok Tanam Kopi dan dilanjutkan dengan mempostingnya kedalam Blog Cara Bercocok Tanam Kopi.
Kedepan semoga Blog Cara Bercocok Tanam Kopi ini dapat memperkaya khasanah keilmuan kita khususnya dan dalam peningkatan produksi Kopi di Indonesia.

Silahkan berkunjung ke blog kami untuk lebih lanjut.

Obat untuk penyakit jantung bocor mengatakan...

Cara dan informasinya sangat bermanfaat. Terimakasih

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

mg berguna..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog