Tips Perawatan Burung Kacer

Kunci dalam bermain Kacer di lapangan adalah rawatan harian. Kenapa ?? Seperti yang sering saya ulas yang penting kita atur adalah mental,emosi dan birahi Kacer tsb.




Burung fight seperti Kacer memang diibaratkan petarung yang harus komplit memiliki, mental ,stamina n killing punch.....
mental kurang = mbagong
stamina kurang = mbagong (awal kerja separoh jln mbagong)
killing punch = ga menang (ngerol aja ga punya tembakan,puayaahhh....)

Makanya sering muncul istilah “jalani rawatan pemilik sebelumnya”, 
menjadi solusi singkat walau belum tentu jitu. Kenapa ?? Apakah kita 
yakin betul dengan rawatan pemilik sebelumnya Kacer tersebut telah 
stabil, atau hanya kebetulan saja pada saat tersebut dia mau nampil.

Jadi main kacer yang terpenting adalah 3 point ;

1. Membaca dan memahami karakter Kacer kita (ini dibutuhkan 
pengamatan yang perlu waktu & kesabaran)
2. Rawatan Harian adalah fooding,kandang dan tangkringan,mandi 
& jemur juga banyak yang menggunakan Umbaran
3. Rawatan/Setting Lapangan 

A. RAWATAN HARIAN

Penjemuran

Kacer harus di jemur rutin setiap hari agar lebih fit & mempunyai
nafas yang lebih panjang.
Durasi Jemur bisa naik secara bertahap setiap minggunya

contoh : minggu 1 jemur dari jam 8 s/d jam 10 
minggu 2 jemur dari jam 10 s/d jam 10.30
dst sampai ketika di jemur lama tidak buka mulutnya

Ketika penjemuran dilakukan coba keluarkan semua 
pakannya,karena Ini gunanya untuk menambah tebal suaranya. 
Setelah selesai dijemur taruh kandang
ditempat yang teduh untuk diangin-anginkan sampai mulutnya tidak
mangap lagi kemudian masukan dahulu Voernya pasti dia akan 
memakan karena selama penjemuran kcaer tersebut tidak makan 
sama sekali.
Kenapa Voernya dahulu yang diberikan adalah supaya sewaktu 
memakan voernya ikut tertelan juga lendir kering yang ada 
dikerongkongannya.
Setelah memasukan Voer makanannya selama 15 menit baru 
masukan air minumnya. larutan bagus diberikan berguna untuk 
kejernihan suara burung tsb.
Kalau air Larutan tersebut diminum sampai habis baru kita ganti 
dengan air putih sampai esok pagi.


Mandi
Yang mendasar mandi berguna utk menstabilkan birahi/emosi,jadi 
pada dasarnya kita biasakan Kacer tsb mandi setidak-tidaknya 1x 
setiap harinya. Efek lain 
dari mandi adalah sedikit mengurangi kelelahan kacer dan 
mengurangi emosi.
Tapi banyak juga yang kacernya kurang ngedur memandikan 
Kacernya berapa hari sekali ini agar birahi nya naik karena panas 
badannya. 
Tips : Ane lebih suka mandikan kacer malam ini salah satu solusi 
juga untuk mengurangi/menghilangkan mbagong,bagusnya 
menggunakan air dingin 
Pada saat mandi itulah kita berikan EF dan membersihkan 
kandangnya.


Ekstra Fooding

Buah
Buah bagus dibiasakan untuk kacer yang berfungsi untuk 
menurunkan birahi & menajamkan suara

Buah yang biasa dipakai buat kacer ;

Pepaya, Lebih sering diartikan untuk menurunkan birahi (walau 
tidak signifikan) 

Apel, Biasanya digunakan untuk menajamkan suara (walau tidak 
signifikan) dan membikin suara menjadi lebih jernih.

Pisang
Belum pernah coba neh,bikin kacer gemuk..?
Kacer ane ga kebagian terus karena keseringan ane bikin pisang 
goreng 

Jangkrik
Sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkrik digunakan utk power 
suara Kacer tp ini bisa menaikkan birahi...
Untuk harian jangan diberikan terlalu banyak agar terjaga birahinya.
Menjelang lomba baru di naikan karena lomba memerlukan energi 
extra
Contoh ane berikan, bisa diterapkan sbb :

Persiapan kacer ke lomba : 
1. Jangan sampai ketemu dgn Kacer,MB
2. Pagi dimandikan setelah itu masuk kdg umbaran n latih terbang 
+/- 200 x
3. Jemur sekuatnya
4. Setelah dimandikan sore/malam masuk kdg harian
5. EF mulai masuk minggu terakhir ditingkatkan 
contoh : Senin pagi jangkrik 5 , sore jangkrik 5
Selasa pagi jangkrik 6 , sore jangkrik 6
Rabu 7-7 + Ulat Hkg 
Kamis 8-8 + Ulat Hkg - pindah ke sangkar lomba
s/d sabtu
Minggu EF kembali normal 5-5 cuma di tambah Ulat Hkg 
6. Turun yg ke 2 lihat performa main pertama tadi baru di tambah 
EF secukupnya (Jangkrik+Ulat Hgk)
7. Kalau tidak jalan atau mbagong/kuda laut jual saja segera 
(bercanda bro)

Tips : Ane pribadi menyukai settingan rendah utk jangkrik pada 
hariannya, kalau bisa maksimal 3-4 ekor/hari. Teknisnya 
disesuaikan dengan aktifitas kita, bisa dilakukan dengan pemberian 
sekaligus atau diatur 2x pemberian. Yang terpenting kita coba 
biasakan dengan kebiasaan dan kesanggupan kita.
Untuk Kacer yang mbagong baik di poloskan dulu saja atau diberikan
jangkrik hanya 1x1 saja/harinya 
jangrik terbanyak yang pernah ane tahu sekitar 120 ekor,ini 
diberikan H-1

Cacing
Cacing bisa diberi untuk menurunkan efek birahi pada Kacer. 
apa cacing diberikan bisa untuk membongkar lagu pada Kacer
(seperti pada MB) ane belum ada waktu untuk penelitiannya neh 
Tips : Usahakan cacing di hapus dari harian kecuali Kc yang kita 
miliki adalah KC muda, karena KC muda rata-rata memiliki birahi 
yang LABIL dan cenderung di bawah standar.

EF Lainnya
Kroto, 
Untuk membuat kacer gacor & birahi naik jd lebih neken ketika di 
adu. 
Ane rasa semua kacer itu awalnya pasti atau kebanyakan 
mengkonsumsi kroto yang di campur dengan voor nya,betul ga 
neh...?
kalau tidak pasti deh uth kacer ga doyan voor...
jadi ini kebiasaan yang digunakan saja,kacer tanpa kroto lebih 
hemat biaya banyak lho & banyak kacer yg moncer tanpa kroto....
Kalau ane sih sering nyoba2 jadi semua kacer ane pasti doyan 
kroto & untungnya tidak mbagong...

Ulat Bambu (UB), 
Biasa diberikan 1-3 ekor di lapangan ketika di adu kacernya 
nubruk2 sangkar/ngejeruji alias kegalakan.
UB berfungsi untuk menurunkan birahi,jadi ini juga salah satu
trik agar kacer tidak mbagong ketika di adu,tp ini balik kekarakter
kacer ente masing2 yach 

Ulat Hongkong (UH), 
sebaiknya jangan menggunakan UH sebagai EF harian karena UH 
memiliki efek (emosi)/panas tubuh yang instan.
baik diberikan ketika hari hujan tidak ada panas,menjelang lomba ini
biasa ane berikan 1-2 sesi sebelumnya,takaran bisa 10-20 ekor 

B. Kandang dan Tangkringan

Kandang Harian
kita pilih yang mudah dibersihkan biasa menggunakan sangkar 
kotak/tempe ukuran bisa 40x40x70,40x45x70 dsb 
Biasakan bersihkan setiap hari agar kacer tidak gampang terkena 
kutu dan rumah kita tidak bau,kotoran kacer cukup menyengat 
hidung lho....

Kandang Lomba 
Sesuaikan dengan kocek anda saja....

Tangkringan
Sesuaikan dengan gaya main nya & pastikan dalam memasang 
tangkringan ekor jangan sampai terkena kandang agar tidak patah 
bulu ekornya.

Model Sejajar
Bisa digunakan secara bertingkat sejajar untuk kacer dengan gaya 
naik-turun lincah sambil mengkibas-kibaskan ekor,goyang mang....

Model Palang 
Tangkringan palang bisa dipakai untuk kacer yang tidak terlalu 
banyak bergaya cenderung agar lebih nancap/nagen.

Model 3 tangkringan
Ane dapat dari bangka,biasa 2 dibawah,1 di atas (tengah2) salah 
satu cara agar kacer main tidak turun ke bawah.

C. Rawatan Mabung
- Jangan dimandikan,
- Full kerodong, 
- Bersihkan kandang 2-3 hari sekali
- Saat yang tepat untuk rubah/reset settingan
- Saat tepat untuk memaster kacer
- EF normal harian saja

Selesai Mabung
- Mulai mandikan
- Terus di master
- EF di biasakan kembali
- Ketika bulu sudah full semua baru pelan2 di jemur lagi
- Krg lebih 1 bulan full jemur tunggu bulu tuaan,baru mulai di 
lombakan kembali 

Tips tambahan :
- Dirumah jangan saling lihat kalau kacer lebih dari 1
- Dirumah taruh dekat dengan burung2 Master
- Dirumah jangan dekat2 burung2 type Fighter lainnya seperti MB/TL
- Dilapangan juga jangan gantung dekat2 Kacer,MB lebih baik agak 
menjauh agar
lebih hemat energiny ga koar2 duluan...
Mudah2an berguna untuk KacerMania...(Joko_BBC/KM)
This article was originally published in forum thread: Tips Perawatan Kacer started by Joko_BBC View original post


artikel berikutnya



2 comments:

galih n gumilar mengatakan...

mantap dah tips merewat burungnya

baharudin mengatakan...

boleh dicoba
moga berhasil

-mampir balik gans :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog