loading...

KHASIAT TANAMAN HERBAL “TARUM”



Tarum (Indigofera tinctora) ini kaya akan kandungan kimia seperti alkaloid, flavonoid, polifenol, dan saponin pada daun. Senyawa saponin dan tanin terdapat pada bunga. Anggota famili Fabaceae itu bersifat antisipilis dan antelmintik.

herbal tarum TANAMAN HERBAL TARUM

Kandungan Kimia dan efek farmokologis tarum adalah sbb : Alkaloid, flavonoid, dan saponin pada daun. Senyawa saponin dan tanin terdpat pada bunga. Anggota familli fabacea itu bersifat antisipilis dan antitelmintik.
Adapun cara pembudidayannya sbb : Perbanyak tanaman dengan biji dan setek batang. Pemeliharaan tanaman ini mudah antara lain membutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar.
Khasiat tanaman herbal tarum :
  1. Raja singa atau spilis : Cuci bersih daun tarum secukupnya. Rebus daun dalam 3 gelas air  sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan sekaligus.
  2. Cacingan, Epilepsi, dan mengurangi depresi : Cuci bersih daun tarum secukupnya. Rebus daun dalam 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan mibum ramuan sekaligus.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya … ^^
Sumber : Penebar Swadaya
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog