loading...

CARA PERAWATAN MESIN POTONG RUMPUT




Memiliki halaman rumah yang indah dengan ditumbuhi rumput hijau serta bersih merupakan dambaan bagi sebagian orang. Halaman dengan rumput yang hijau dan bersih sangat indah untuk dipandang serta dapat memberikan nuansa tenang, pikiran pun akan terasa rileks.

Akan tetapi kita pun sering terpikirkan bahwa merawat rumput sangatlah merepotkan ketika berkeinginan untuk memiliki halaman dengan rumput yang hijau serta bersih. Anda bisa memakai jasa layanan pemotong rumput, ataupun melakukannya sendiri.

Jika halaman rumah anda tidak begitu luas, anda dapat menggunakan gunting pemotong rumput, sedangkan jika halaman rumah anda lumayan luas anda dapat memakai mesin pemotong rumput. Apabila anda tidak memiliki mesin tersebut dan berencana hendak membelinya, baca lebih lanjut artikel ini yang akan memberikan tips memilih mesin potong rumput. Dalam memilih mesin potong rumput Anda harus memperhatikan 3 hal yaitu jenis mesin potong rumput, tipe pisau mesin pemotong rumput dan cara perawatannya. Berikut ulasannya untuk Anda.



Jenis Mesin Potong Rumput

Ada 2 jenis mesin pemotong rumput yaitu:

1. Pemotong Rumput Dorong

Mesin jenis ini hanya dipakai untuk halaman yang memiliki permukaan tanah rata. Pada bagian tangkai pendorong pada mesin jenis ini bisa dilipat sehingga mudah sekali ketika disimpan. Mesin jenis ini bisa memotong rumput hingga pinggir sesuai dengan jalur roda. Mesin jenis ini pun terdapat penampung rumput yang tidak sulit ketika dipasang maupun ketika melepaskannya. Apabila halaman maupun lapangan lumayan luas serta berbentuk segi empat, lebih baik pakai mesin potong rumput dorongserta ketika menggunakannya lebih baik berkeliling memutar. Hal ini bertujuan supaya rumput yang terpotong dapat terkumpul di tengah-tengah halaman, sehingga rumput yang sudah terpotong tersebut mudah dikumpulkan serta dibuang dan hendaknya ketika memotong rumput dikerjakan sewaktu siang hari saat embun telah hilang, gunanya adalah agar rumput yang sudah terpotong tersebut tidak banyak menempel di kantong penampungan pada mesin tersebut sehingga mudah untuk dibersihkan




2. Pemotong Rumput Gendong

Mesin potong rumput gendong digunakan untuk memotong rumput di lapangan maupun halaman yang permukaan tanahnya tidak rata maupun bergelombang. Bentuk mesin jenis ini hampir sama dengan alat penyemprot hama yang kerap digunakan oleh petani untuk menyemprot dan membasmi hama. Mesin jenis ini mempunyai gagang besi berukuran panjang. Cara menghidupkannya hanya dengan menarik tuas yang terletak di dekat mesin. Ketika menggunakan mesin jenis ini, sebaiknya dipakai dengan cara berjalan maju, bukan dengan cara berjalan mundur. Bila terdapat batu pada tanah, sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu sehingga bagian pisau pemotong rumput tidak cepat rusak atau cacat.


Tipe Pisau Pada Mesin Pemotong Rumput

Ada 3 jenis pisau pada mesin potong rumput tipe gendong yaitu:
  • Pisau palang : Dipakai untuk memotong rumput berukuran besar misalnya alang-alang, rumput gajah, dan sebagainya.
  • Pisau bulat bergigi 8 : Pisau jenis bulat bergigi 8 dipakai untuk memotong semak belukar.
  • Pisau bulat bergigi 80 : Pisau jenis bulat bergigi 80 digunakan untuk memotong tumbuhan yang amat besar.




Tips Merawat Mesin Potong Rumput

1. Rutin Mengganti Oli dan Bensin

Selalu pastikan oli atau pelumas penuh sesuai dengan parameter yang ada dan jangan lupa untuk menggantinya secara berkala. Pastikan juga bensin selalu terisi sebelum menggunakannya.

2. Rajin Memanaskan Mesin

Sebelum dipakai, jangan lupa untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya kemacetan di tengah pemakaian. Jangan lupa juga untuk menjauhkan kabel busi dari businya terlebih, karena bisa menyebabkan mesin menyala mendadak.

3. Mengganti Saringan Udara

Mengganti saringan udara ini juga harus dilakukan secara berkala. Saringan udara yang sudah terlalu kotor dapat menghambat kerja mesin sehingga tidak maksimal.


4. Pakailah Busi yang Sesuai dengan Mesin

Suku cadang merupakan komponen utama dari sebuah mesin. Oleh karena itu, jangan sembarangan memakai suku cadang, khususnya pada busi. Gunakan busi yang sesuai, pilih yang memiliki jangka waktu pemakaian panjang, serta jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin.

5. Perhatikan Senar Pada Mesin

Sama halnya dengan saringan udara, senar pada mesin pemotong rumput juga harus selalu diperhatikan dan diganti secara berkala.

6. Gunakan Pisau Pemotong Standar

Selalu gunakan pisau pemotong standar sesuai dengan spesifikasi. Hindari penggunaan pisau pemotong yang tidak sesuai karena akan menjadikan mesin bekerja dengan tidak maksimal.

7. Hindari Bensin yang Tercampur Air

Sebisa mungkin hindarkan air masuk ke dalam tabung bensin. Rajinlah membersihkan karburator untuk membersihkan air dan kotoran yang tertinggal.

8. Gunakan Mesin dengan Baik dan Benar

Bukan hanya perawatannya saja yang penting, pemakaian mesin juga harus diperhatikan. Gunakan mesin potong rumput dengan baik dan benar. Dan hindari kecerobohan dalam pemakaiannya. Jangan memaksa mesin untuk bekerja terus menerus karena akan menurunkan kinerja mesin. Rawat motor mesin secara berkala, setidaknya enam bulan sekali dengan membersihkan kerak yang menempel pada piston, ruang bakar, knalpot, dan sekrup mesin.

9. Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak

Usahakan jangan libatkan anak-anak dalam kegiatan menggunakan mesin potong rumput ini. Karena akan sangat berbahaya bagi anak-anak jika mereka dibiarkan menggunakan alat tersebut.

10. Simpan di Tempat yang Terlindung

Penyimpanan mesin juga harus diperhatikan. Jauhkan mesin dari sumber api agar tidak berpotensi terbakar.

Sumber:
http://dapurteknik.com
http://alatkebunku.com
https://news.ralali.com
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog