loading...

Kandungan Buah Carica Buah Khas Daerah Wonosobo


Buah carica( Pepaya Dieng) adalah buah yang mirip dengan buah pepaya, pohon ini hanya akan tumbuh di dataran tinggi diatas permukaan laut. Buah ini memiliki nama yang ciri khas di daerah wonosobo yang namanya disebut carica.

Buah ini sebenarnya berasal dari dataran tinggi di Amerika Selatan (andes).Di indonesia tanaman ini bisa ditemukan di dataran tinggi didaerah dieng, pohon carica ini memiliki bentuk pohon kecil dan tidak berkayu ,pohon ini mirip dengan pohon pepaya.Namun pohon ini memiliki cabang berbeda dengan pohon pepaya yang lebih pendek dari pada pohon pepaya,pohon carica ini akan tumbuh dengan ketinggian mencapai 1-2 meter.

Bentuk dari buah carica berbeda dengan buah pepaya, buah carica berbentuk bulat sedangkan buah pepaya yang berbentuk bulat memanjang,di dieng carica memiliki ukuran buah yang panjangnya 6-10 cm dan diameternya 3-4 cm.

Buah carica ini memiliki tekstur yang sedikit keras .Buah ini juga memiliki aroma yang harum,saat buah carica dibelah didalam buah terdapat biji sarkotesta yang terbungkus berwarna putih.

Beberapa masyarakat dieng sudah kebiasaan mengkonsumsi buah ini.Buah ini juga bisa dibuat atau diolah seperti sirup, selai, dan manisan.Bagi orang yang memiliki penyakit perut kalian tidak perlu khawatir karena buah ini sangat bisa kalian komsumsi,karena buah carica ini memiliki sifat memberbaiki sistem pencernaan.

Buah carica sendiri memiliki banyak manfaat seperti melancarkan proses pencernaan,memiliki kandungan papain yang bermanfaat untuk menetralkan ph dan membunuh bakteri didalam usus.selain itu buah carica juga mengandung zat agrinin yang mampu menghambat sel kanker dalam tubuh.Buah carica juga memiliki fungsi menjaga kesehatan kulit dengan baik ,dan buah ini juga mencegah penuaan dini.

Buah ini juga mengandung berupa vitamin A,vitamin C,gula,dan kalsium. Carica (pepaya dieng) memiliki kandungan minyak atsiri merupakan turunan asam lemak,dan carica bagus untuk kesehatan mata karena carica memiliki vitamin A yang lebik banyak dari sayuran sepeti wortel.

Carica sudah menjadi makan ciri khas wonosobo,dan banyak para wisata untuk membeli makan ciri khas tersebut untuk oleh-oleh,selain itu makan ciri khas wonosobo Carica sedang memperoses untuk mengekpor ke luar negri.Sudah banyak negara tetangga bahkan eropa yang meminta makanan khas wonosobo Carica (Pepaya Dieng)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Kandungan Buah Carica Buah Khas Daerah Wonosobo"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT