loading...

Daun Cerah Membuat Taman Rumah Tak Monoton Lagi

Pola dan warna ternyata bisa dihadirkan dalam taman minimalis. Keberadaannya justru bisa dijadikan sebagai focal point.

Pohon tunggal yang tumbuh di atas hamparan rumput atau ground cover merupakan ciri umum pada taman minimalis. Varian dari taman formal biasa­nya tak banyak dihiasi oleh tumbuhan dengan dedaunan berwarna. Tujuannya agar taman bersih dan simpel. Tak jarang kondisi taman seperti itu justru mudah membuat pemilik jadi bosan. Tapi kesan monoton di atas sirna saat Anda memasuki taman minimalis milik Rezi di Kelapa Gading, Jakarta Timur bikinan Suwardi Hagani.

Taman minimalis kaya warna tersebut terbagi menjadi 3 bagian. Bagian utama menghampar di samping ruang keluarga seluas 80 m². Kemolekan taman itu bisa dinikmati sambil bersantai dengan anggota keluarga, karena berbatasan langsung dengan ruang keluarga.

Taman utama ini memiliki ukuran paling luas bila dibandingkan dengan ukuran dua bagian taman lain. Untuk menyamarkan kesan monoton yang muncul lantaran adanya dinding pembatas rumah, Hagani menanam berbagai tanaman berdaun semarak di sepanjang bagian bawah tembok itu. Diantaranya Agave, Caladium , Sansevieria , dan Lili paris . Pohon Tabebuya tumbuh di tengah tanaman berdaun semarak itu. Pohon berbunga kuning ini sekaligus berperan sebagai focal point .

Hagani juga membubuhi taman tersebut dengan 2 buah Plumeria . Pohon berdia­meter batang 45 – 50 cm itu di tanam di dua sudut taman. Di bagian bawah Plumeria itu diimbuhkan tanaman berdaun warna-warni:Aglaonema dan Anthurium . Sebagai penutup tanah dipilih rumput gajah mini.

Di sisi lain dari ruang keluarga dan kamar biliar Anda bisa menyaksikan taman minimalis dengan gaya yang sedikit berbeda dengan taman utama. Taman ini menghampar seluas 50m². Untuk melunakkan kesan keras yang muncul dari hamparan batu split, Hagani menanam beberapa pohon Ficus berderet membelah kolam palsu berair batu split tersebut.

Taman bagian yang ketiga terletak di lantai dua. Luasnya tak lebih dari 15 m. Berposisi tepat di atas ruang biliar. Bisa juga dikategorikan sebagai roof garden . Taman ini berbatasan langsung dengan kamar tidur. Taman ini dihuni oleh beberapa buah tanaman alokasia berukuran besar. Di bagian bawah tajuk alokasi tersebut tumbuh gerombolan kenikir. Bila disaksikan dari atas, bidang kaca tersebut menyerupai sebuah genangan air. “Dari bawah berfungsi sebagai teras. Tapi kalau dari atas bisa berfungsi sekaligus sebagai pengganti kolam. Atau kolam artifisial,” ungkap Hagani.


http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Taman-dan-tanaman/Inspirasi-taman/Daun-Cerah-Membuat-Taman-Rumah-Tak-Monoton-Lagi

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Daun Cerah Membuat Taman Rumah Tak Monoton Lagi"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT