loading...

Usaha Sayuran: Tips Menjaga Kesegaran Sayur dan Buah

Bagi Anda pecinta sayuran dan buah-buahan, tingkat kesegaran merupakan faktor terpenting ketika Anda membeli. Anda tentunya tidak ingin membeli sayuran atau buah-buahan yang “loyo”, bukan? Tingkat kesegaran tersebut bisa mencerminkan kandungan nutrisiyang masih dimiliki oleh sayuran atau buah-buahan.

Jika Anda memiliki usaha sayurandan buah-buahan segar, berikut tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan sayuran agar selalu segar dan menarik minat pembeli.

Tips Agar Sayuran Segar

Seperti telah disinggung di awal, kesegaran memberikan nilai tambah tersendiri bagi sayuran yang Anda jual. Caranya:

  • Bersihkan kandungan pestisida yang mungkin masih melekat.

Isu adanya kandungan pestisida dan racun yang mungkin melekat, membuat pecinta dan konsumen setia sayuran menjadi semakin selektif dalam memilih sayuran yang akan mereka beli. Oleh karena itu, sebagai penjual, Anda dianjurkan untuk membersihkan sisa-sisa pestisida tersebut terlebih dahulu.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu keras membersihkannya karena bisa melarutkan kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran itu. Pembersihan bisa dilakukan dengan bantuan pembersih yang biasa dijumpai di pasaran.

  • Pisahkan sayuran berdasarkan jenisnya.

Pemisahan ini dimaksudkan untuk membedakan perlakuan masing-masing jenis sayuran. Misalnya untuk sayuran yang berjenis bunga, yang perlu Anda perhatikan adalah usahakan teksturnya terlihat cantik dan tidak terlalu lembek. Sementara itu, untuk sayuran yang berjenis umbi-umbian, usahakan sayuran Anda bertekstur keras, namun tetap memiliki bentuk yang menarik.

  • Simpan sayuran Anda dalam lemari pendingin.

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menjagakesegaran sayuran adalah suhu ruangan di mana sayuran tersebut berada. Penjagaan temperatur tersebut dimaksudkan untuk menjaga agar nutrisi yang ada dalam sayuran tidak terbuang percuma akibat pencahayaan atau peningkatan suhu yang berlebihan.

Tips Agar Buah-Buahan Segar

Seperti halnya sayuran, buah-buahan pun memerlukan perlakuan khusus agar tampak lebih segar. Berikut ini tips dan trik yang bisa dilakukan.

  • Bersihkan kandungan pestisida yang mungkin masih melekat.

Sama halnya seperti sayuran, pada kulit buah-buahan pun terkadang masih melekat pestisida. Oleh Karena itu, upaya pembersihan perlu dilakukan. Selain itu, cara yang mungkin masih bisa dilakukan adalah dengan membeli dan memilih buah-buahan organik. Seperti telah diketahui, buah-buahan yang dihasilkan dengan pertanian organik tidak menggunakan pupuk kimia atau sintetis dalam pengolahannya.

  • Pisahkan buah-buahan berdasarkan jenis.

Pemisahan ini juga dimaksudkan untuk memudahkan calon pembeli dalam memilih. Banyak sekali cara yang dilakukan oleh pembeli dalam memilih buah yang baik. Salah satu caranya adalah mengetuk-ngetuk atau menekan pelan pada buah-buahan, seperti yang dilakukan ketika memilih buah apel.

  • Simpan sayuran dalam lemari pendingin.

Cara ini tidak jauh berbeda seperti halnya dengan penanganan sayuran.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Usaha Sayuran: Tips Menjaga Kesegaran Sayur dan Buah"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT