loading...

Sayuran Jepang dalam Tradisi Nanasuka

Setiap hari pasti semua orang membutuhkan sayur-sayuran.Sayuran adalah makanan yang banyak dikonsumsi di dunia. Ada berapa jenis sayuran di dunia? Jenis sayuran sangat beragam. Setiap negara mempunyai jenis sayuran yang berbeda-beda. Ada sayuran Jepang, ada sayuran Cina, ada sayuran India dan masih banyak jenis lainnya.

Sayuran juga mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan manusia. Sayuran merupakan makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh orang banyak. Kandungan gizi dan mineral di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. TIdak hanya untuk saluran pencernaan dan organ-organ dalam tubuh.

Sayuran sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan seringya kita mengkonsumsi sayuran, maka kulit akan menjadi cerah, sehat dan mulus. Bahkan sayuran juga bermanfaat untuk merawat kecantikan alami wajah. Sayuran Jepang adalah salah satu rahasia kecantikan wanita Jepang.

Lihat saja kulit wanita Jepang yang kekuningan dan mulus cerah. Lalu perhatikan wajah wanita Jepang yang sudah berumur. Kebanyakan dari mereka masih memiliki kulit wajah yang kencang. Hal itu, karena sayuran Jepang sudah menjadi menu wajib santapan mereka.

Memakan sayuran Jepang juga memiliki tradisi sendiri. Di mana terdapat hari Nanasuka, yang merupakan sebuah tradisi makan bubur nanasuka yang dicampur berbagai jenis sayuran. Tradisi Jepang Dalam Dinasti Tang, terdapat tradisi untuk makan sup berisi berbagai jenis sayuran yang diyakini menghindarkan dari berbagai bentuk penyakit.

Acara ini dilakukan masyarakat Jepang melalui cara makan bubur yang terdiri dari 7 jenis serealia, yang terdiri dari beras, jewawut, proso milet,Echinochloa esculenta, wijen, kacang azuki, dan Beckmannia syzigachne. Bubur tersebut hanya diberi sedikit garam.

Acara makan bubur ini digabungkan dengan tradisi memetik daun muda (wakana tsumi) dari tanaman yang tertutup oleh salju. Bubur ini akhirnya dikenal sebagai bubur nanakusa. Bubur nanasuka berguna untuk kesehatan perut. Bubur nanakusa juga dipercaya menjaga ketahanan tubuh dari segala macam penyakit.


Berikut berbagai jenis sayuran Jepang yang dipakai dalam membuat bubur nanasuka. Tanaman ini dikenal sebagai tujuh tanaman rumput musim semi, dan ditulis dengan nama asli beserta nama Jepangnya.

  • Seladren (Oenanthe javanica) : Seri
  • Capsella bursa-pastoris : Penpengusa atau nazuna
  • Gnaphalium affine : Hahakogusa atau gogyō
  • Stellaria media : Hakobe atau hakobera
  • Lapsana apogonoides : Ko-oni Tabirako atau hotokenoza
  • Lobak cina (Brassica rapa) : Kabu atau suzuna
  • Lobak (Raphanus sativus) : Daikon atau suzushiro
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Sayuran Jepang dalam Tradisi Nanasuka"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT