Tanaman Kehutanan Jenis Gmelina (Gmelina arborea)


Tanaman yang termasuk famili Verbenaceae ini disebut juga yemane, gmelina, gamari, dan jati putih. Disebut juga jati putih karena keawetannya hampir menyerupai kayu jati. Gmelina merupakan tanaman asli India, penyebarannya meliputi negara Pakistan, Kamboja, Thailand, Srilangka dan Cina bagian Selatan.

Pohon Gmelina dapat tumbuh baik pada ketinggian 90-900 m dpl. Dalam keadaan khusus seperti di daerah lembah Srilangka dapat tumbuh pada ketinggian 1 500 m dpl. Curah hujan tahunan yang dikehendaki berkisar antara 760 - 4 500 mm.

Bentuk pohon bulat, lurus dan tidak berbanir. Ketinggian pohon mencapai 30 m dengan diameter 100 cm dan berbatang bebas cabang 15 m. Tajuk menyerupai kerucut atau tidak teratur dengan percabangan banyak. Daur tanaman untuk bahan baku pulp 8 tahun dan non-pulp 15 tahun.

Gmelina dapat berbuah setelah berumur 4 tahun, yaitu setahun sekali antara bulan April-Juli. Untuk pembuatan benih sebaiknya dipetik dari induk yang sehat dan telah berumur 7 tahun atau lebih.


artikel berikutnya



1 comments:

Hosdiantoro mengatakan...

Salam...Klok boleh tau pupuk apa saja yg di gunakan untuk pohon gamelina, selain pupuk oraganik karna baru2 ini saya menanam 1000 phn gamelina...mohon bantuan dan saran..Trims

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog