Mengenal Tanaman Kehutanan Eukaliptus (Eucalyptus sp.)


Marga (genus) eukaliptus terdiri dari sekitar 500 jenis pohon danperdu. Namun jenis-jenis yang sudah umum dikenal antara lain E. alba(ampupu), E. deglupta (leda), E. grandis (hooded gum), E. platyphylla (hue), E. saligna (sidney blue) dan E. umbellata (forest red gum).

Ketinggian tempat yang sesuai untuk eukaliptus berbeda-beda. Umumnya Eucalyptus sp. tumbuh baik pada tanah jenis aluvial kecuali E. saligna yang memerlukan jenis tanah podsol, kelembaban tinggi dan tergenang air. Jenis E. Deplupta (leda) tumbuh baik pada tanah alluvial subur, bertopografi datar dan rendah serta waktu hujantanahnya tergenang kemudian mengering.

Tanaman ini bertajuk tidak rapat, tingginya bervariasi menurut jenisnya. Jenis ampupu tingginya dapat mencapai 35 m dengan diameter 120 cm. Jenis hue tingginya dapat mencapai 25 m dengan diameter 125 cm. Eukaliptus mempunyai musim berbunga yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Biji eukaliptus tergolong sangat halus, kecil dan lembut. Berikut ini dapat dilihat musim berbunga untuk masing-masing jenis eukaliptus.

Tabel 1. Musim Berbunga Jenis-jenis Eukaliptus

Jenis/spesies

Nama Daerah/umum

Bulan berbunga

E. deglupta

E. platyphylla

E. alba

E. saligna

E. grandis

E. umbellata

Leda

Hue

Ampupu

Sidney blue

Hooded gum

Forest red gum

April-Juli

Juli-November

Oktober

September-Desember

Januari-Agustus

Agustus-Oktober



artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog