CARA MELATIH ANJING PELIHARAAN


”ANJING saya tidak mau menurut jika dipanggil.”


”Anjing saya menggonggong terus sampai-sampai para tetangga mengeluh.”

”Anjing saya selalu melompat ke arah saya dan para tamu.”

Dalam semua kasus ini, para pemilik anjing yang frustrasi bertanya, ”Apa yang mesti saya lakukan?”
jawabannya adalah memberikan pelatihan kepatuhan dasar kepada anjing Anda—mengajarnya untuk menaati perintah-perintah sederhana.Nah, bagaimana Anda dapat melatih anjing Anda agar dia patuh?

Ini lah Ukuran latihan anjing menurut umur kemampuanya
Usia 1 – 5 bulan
Perintah yang harus dilatih :
-memperhatikan
-datang ketika dipanggil
-menunggu-berjalan dengan tali badan dan tali penuntun-duduk-larangan menyentuh benda

Latihan ringan :-berjabat tangan-menggonggong

Usia 5 – 8 bulan
Perintah yang harus dilatih :
-berbaring
-melepaskan benda
-duduk diam-berdiri

Latihan ringan :-mencium-merajuk-bergulingan

Usia 8 – 12 bulan
Perintah yang harus dilatih :
-Pemantaban latihan kepatuhan
-Meneruskan latihan pada usia 1 – 5 bulan dan 5 – 8 bulan

Latihan ringan :-berputar-putar-bergulingan-telentang dalam keadaan diam

Tips :
1.Ciptakan kondisi menyenangkan saat melatih
2.Cari cara mudah dan tidak membingungkan bagi anjing
3.Tanamkan pada benak anjing bahwa Anda adalah pemimpinnya
4.Jangan bentak anjing jika ia tidak menuruti perintah
5.Segera hentikan latihan jika anda mulai merasa jengah dalam melatih

Kiat-Kiat Melatih Anjing
1. Selalu gunakan kata yang sama untuk setiap perintah.
2. Anjing suka dipanggil dengan namanya. Jadi, sertakan namanya sewaktu
memberikan perintah. (”Nero, duduk!”) Tetapi, jangan sebut namanya
sewaktu memarahinya, seperti perintah ”Stop!”
3. Sering-seringlah memberinya pujian. Banyak anjing akan lebih menurut jika
diberi kasih sayang daripada diberi makanan.
4. Waktu latihan hendaknya singkat dan menyenangkan.
5. Jangan memberinya terlalu banyak perhatian sewaktu dia berulah sehingga
tanpa sadar Anda mendukung kenakalannya.

Hukuman fisik

seperti memukul atau menendang, tidak diperlukan. ”Saya cukup mengatakan ’Stop’ dengan nada tajam dan tinggi agar anjing itu tahu bahwa saya tidak senang dengan perilakunya,”Jika Anda harus bertindak lebih keras, peganglah tengkuknya dan guncangkan dengan perlahan sambil mengatakan ”Stop”. Teguran harus diberikan sewaktu atau segera setelah anjing itu melakukan sesuatu yang tidak diinginkan. Ingat, seekor anjing tidak akan tahu mengapa ia dimarahi jika ia dimarahi beberapa menit atau jam setelah kenakalannya. Ia juga tid

Cara Mengajarkan anjing untuk bersalaman?

dengan cara berilah perintah "salam" disembari dengan kita mengangkat kaki depan anjing.dan lakukan itu berkali"setiap hari.tidak lama anjing anda akan melakukan salam ketika anda memerintahkan untuk bersalaman.

Cara Mengajarkan agar anjing keluar dari ruangan jika kita menyuruhnya?

saat anjing kita masuk ruangan yang kita anggap anjing tidak boleh masuk.kita bisa memberikan perintah "Keluar"dengan nada sedikit keras.Jika anjing tetap memaksa masuk jangan perlakukan anjing dengan kasar,namun peganglah bagian kulit atas leher anjing dan seret secara pelahan keluar dari ruangan tersebut dan saat dia akan masuk lagi berilah peringatan "stop".lakukan secara berkali".

Cara Mengajarkan anjing untuk mengambil barang?

Perintah – Ambil, sebetulnya sudah dapat diajarkan bersama-sama perintah pegang bila anjing dilatih dengan cara bermain. Pada saat barang/benda kesenangan anjing dilempar, maka anjing dapat di beri perintah – Ambil, saat anjing lari untuk mengambil barang/benda kesenangannya.

Cara lain mengajarkan perintah – Ambil, ini jika anjing tidak mau mengambil ialah dengan mengajak anjing mendekati barang/benda yang harus diambil dan pawang mengambil barang/benda tersebut dan meletakkannya pada mulut anjing dengan disertai aba-aba – Pegang. Dalam hal ini perintah – Pegang, harus sudah diajarkan dan dikuasai oleh anjing.

Cara melatih anjing Anda agar tidak melompat ke arah Anda?

Metode pertama, mundurlah sambil memberi perintah ”Mundur!” dan selanjutnya perintahkan ”Duduk!” Metode lain adalah menangkap kedua kaki depannya dan maju ke arahnya sambil mengulangi perintah ”Mundur!” Pujilah sewaktu dia menurut.

Cara Untuk mengajarkan anjing Anda duduk?


pasanglah talinya, dan berikan perintah itu sambil menekan bagian belakang tubuhnya ke bawah dan menarik kepalanya ke atas dengan lembut menggunakan tali. Kemudian, langsung puji. Ulangi langkah-langkah ini sampai anjing Anda mematuhinya.

Cara Untuk mengajakanr anjing Anda agar tetap duduk diam?

Gunakan perintah ”Diam!” sambil berdiri di depannya dan merentangkan tangan Anda ke arahnya dengan telapak menghadap ke bawah. Seandainya dia bergerak, katakan ”Stop” dan kembalikan dia ke posisi semula. Ulangi perintah ini, dan pujilah anjing Anda bila dia tetap duduk untuk suatu waktu. Jika dia menaati perintah itu, perpanjanglah waktu duduknya dan juga jarak antara Anda dan anjing Anda secara bertahap.

Cara terbaik untuk mengajarkan anjing Anda agar mendekat?

adalah dengan menggunakan tali yang panjang dan menariknya dengan lembut sambil memberikan perintah ”Sini!” Sewaktu dia mendekati Anda, mundurlah sambil terus memuji dia. Tidak lama kemudian ia akan menuruti Anda tanpa perlu ditarik dengan tali. Jika anjing Anda meronta dan tidak mau menuruti perintah ”Sini!”, panggillah dan berlarilah menjauh. Biasanya, anjing akan secara naluri mengejar.

Cara mengajarkan anjing Anda berjalan di samping Anda?

tidak mendahului atau tertinggal. Untuk itu, gunakan kalung rantai latihan dan tali pendek. Taruhlah anjing di sisi kiri Anda lalu beri perintah ”Jalan!” sambil melangkah dengan kaki kiri. Jika dia mencoba mendahului Anda atau tertinggal, entakkan tali dengan cepat sambil menepuk lutut kiri Anda dan mengatakan ”Kaki”. Pujilah bila dia patuh.

Cara Mengajarkan anjing untuk Tiarap?

Ada 2 cara dalam melatih anjing untuk tiarap:

1.Dengan anjing pada posisi duduk, kaki depan satu persatu, sedikit demi sedikit dijulurkan kedepan disertai aba-aba : -tiarap-.2.Dengan anjing pada posisi duduk, tangan kanan diletakkan pada bagian belakang kedua kaki depan dan tangan kiri menekan bahu anjing; Dengan gerakan yang cepat tangan kanan mendorong kedua kaki depan anjing ke arah depan sambil tangan kiri menekan bahu membawa anjing pada posisi tiarap sambil memberi aba-aba.

Cara Mengajarkan anjing Untuk Berguling?

1.Perintahkan anjing Anda untuk berbaring pada sisi tubuhnya. Anda bisa menggunakan perintah ‘dead, Dog!’ untuk memerintahkan anjing berpura-pura mati untuk agar ia segera berbaring.
2.Genggam kedua kakinya dengan kedua tangan Anda. Genggamlah kaki depan dan kaki belakang yang berada dekat dengan lantai. Genggam dengan kuat namun tidak menyakitkan.
3.Gulingkan badan anjing ke arah sebaliknya untuk mencontohkan cara berguling. Lakukan hal ini sampai anjing Anda mengerti apa yang Anda maksud.
4.Puji anjing Anda jika ia berhasil menggulingkan badan dengan kemampuannya sendiri. Anjing yang menyukai perhatian sangat suka dipuji dan akan mudah mempelajari perintah yang Anda inginkan.
5.Jangan lupa untuk menggunakan perintah ‘guling’ sebagai tanda bagi anjing untuk berguling. Anda juga dapat mengajarkan isyarat tangan untuk anjing Anda agar ia berguling, misalnya sambil berkata ‘guling’ Anda memutar pergelangan tangan.

Cara Mengajarkan anjing untuk menyerang musuh?

Dalam melatih anjing menyerang, mula-mula anjing dibiasakan menggigit benda yang lunak seperti kain-kain bekas dan lain-lain, yang dipegang oleh orang yang tidak dikenal oleh anjing, sehingga anjing akan menganggapnya sebagai ancaman dan meningkatkan kemarahan nya.

Setiap anjing marah, penggoda lari menjauh dan pawang mengikuti anjing dengan mengejar penggoda. Penggoda harus lari ketakutan setiap kali anjing menyerangnya dan latihan ini dilakukan berkali-kali sampai anjing merasa bahwa penggoda takut padannya.

SEMOGA BERGUNA dan semoga berhasil


artikel berikutnya



1 comments:

kumoro adi sasongko mengatakan...

bagus ne..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog