Tips Cara Memelihara Ayam Petelur

Cara Memelihara Ayam Petelur

Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai cara memelihara ayam. Pemeliharaan ayam pada dasarnya dapat dikategorikan atau dibagi dalam 3 fase. Berikut akan dibahas secara garis besarnya saja mengenai 3 fase di bawah ini.

Fase permulaan
Dalam fase permulaan berawal dari umur 0 hari sampai 6 minggu, dimana bentuk ukuran dan keseragaman sebagai tujuan bagi peternakan ayam. (untuk ayam petelur).

Fase kedua
Fase kedua berawal dari umur 6 minggu sampai 16 minggu ketika hewan ternakan (ayam) perlu dipelihara di bawah program pemakanan yang dikontrol dengan sangat teliti dan hati-hati untuk menghindari peternakan ayam dari berat badan yang berlebihan.

Fase ketiga
Fase ketiga berawal selepas 16 minggu dari umur ayam, dalam fase ini ayam dituntut untuk mempercepat pertumbuhan untuk persediaan bagi perkembangan seksual dan untuk mencapai keseragaman berat badan yang optimal.

Rincian dari fase permulaan dan keterangannya
Fase permulaan untuk ayam petelur adalah bermula dimana ayam dierami, atau mengeram, pengeraman minimal dari umur 1 sampai 14 hari.

Selain target berhasilnya proses 24 jam pertama ada juga target 14 hari pertama, yaitu ketika umur ayam menjelang 1 minggu atau 14 hari.

14 hari pertama atau umur ayam 1 minggu merupakan tempoh masa yang paling penting yang harus di fahami oleh seorang peternak.

Dalam ayam menjelang 14 hari dalam peternakan ayam petelur maupun ayam broiler, seorang peternak ayam perlu mengingat mengenai 4 dasar yang harus selalu diperhatikan adalah :

* Air
* Suhu
* Kualitas udara

Kepentingan dalam tempoh mengeram tidak boleh diabaikan. 14 hari pertama anak ayam menyediakan dasar bagi penghasilan yang baik, usaha-usaha yang dijalankan ketika bermulanya fase mengeram, jika berhasil akan memberikan kepuasan kepada peternak ketika penghasilan terakhir ternakan (panen).

Persiapan makanan dan air yang segar
Sangat perlu di sediakan keadaan air dan makanan yang segar sebelum anak-anak ayam datang di kandang.

Brooding dan alat pemanas
Perlu sering di periksa keadaan pemanas untuk memastikan alat2 pemanas tersebut berfungsi dengan baik.

Tempat minum
Tempat minum tambahan sangat di sarankan dari usia sehari sampai usia 7 hari
Gunakan tempat minum yang kecil (sesuai) dan jangan menggunakan tempat minum yang terlalu terbuka misalnya seperti baskom atau ember yang yang di potong atau bahan2 lainnya yang bersipat terbuka, ini boleh membantu menghindari masalah penyakit yang berjangkit di kaki (anak ayam) dan jangan menyimpan tempat minum di bawah pemanas.

Sumber : http://www.muksin.com


artikel berikutnya



1 comments:

Roni Firmansyah mengatakan...

blog walking
saya baru lihat ayam petelur warna putih kaya ayam broiler, kayaknya ini tipe kandangnya koloni sedangkan kebanyakan untuk ayam petelur yaitu batere

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog