CARA UNIK MENYUBURKAN TANAMAN

Memelihara tanaman adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup banyak terutama memelihara tanaman hias di dalam pot. Tanaman yang ditanam di dalam pot tidak dapat mencari nutrisi sendiri. Apabila nutrisi pada tanah yang ada di pot tersebut habis, maka tanaman tidak akan dapat tumbuh dan berbunga dengan baik. Olah karena itu tanaman perlu diberi nutrisi tambahan yaitu pupuk. Namun banyak orang memilih untuk tidak memupuk tanaman peliharaannya karena berbagai macam hal (pupuk mahal, ribet, dsb). Berikut ini saya akan berikan beberapa tips untuk mengganti pupuk dengan bahan lainnya.
Sebelum kita membahas lebih jauh, saya ingin mengajak anda untuk mengetahui unsur-unsur dan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Tanaman membutuhkan 2 macam nutrisi yaitu Makronutrient dan Mikronutrient. Makronutrient adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang besar yang antara lain; nitrogen, kalsium, potasium, sulfur, magnesium, dan fosfor. Sedangkan Mikronutrient adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, contohnya; besi, boron, mangan, seng, tembaga, klor, dan molybdenum. Semua nutrisi tersebut terkandung di dalam pupuk khusus yang digunakan pada tanaman.

Selain menggunakan pupuk, anda juga bisa menyuburkan dengan bahan-bahan murah meriah dan mudah ditemukan. Apa saja bahan-bahan itu?


Vetsin / Mitcin / Penyedap Rasa, Vetsin terbukti dapat membuat tanaman menjadi lebih subur. Saya sendiri pernah mencobanya pada tanaman Anthurium saya. Dan hasilnya tanaman tersebut terlihat lebih subur hanya dalam beberapa minggu. Caranya mudah, taburkan vetsin ke akar tanaman kemudian siram dengan air. Atau anda bisa mencampurkannya dengan air terlebih dahulu kemudian disiramkan ke akar tanaman. 

Kulit telur, setelah anda memasak telur sebaiknya kulit-kulitnya jangan dibuang dulu. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman adalah Kalsium dalam jumlah besar. Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada kulit telur. Caranya mudah, tumbuk telur dan arang sampai halus kemudian taburkan ke akar tanaman dan kemudian siram dengan air. Atau anda juga bisa menggunakan air sisa rebusan telur untuk menyiram tanaman. Tapi ingat, tunggu airnya dingin dulu baru disiramkan...Hehehe 

Abu bakaran (kayu), Abu bakaran memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Abu bakaran memiliki kandungan kation K (Kalium), Ca (Kalsium), Mg (Magnesium)Si (Silika). Oleh karena itu sering kita lihat tanah yang digunakan oleh penjual bunga terkadang dicampur dengan abu bakaran. dan Kulit Bawang, Air sisa rendaman kulit bawang selama semalam dapat menyuburkan tanaman. Menurut penelitian bawang memiliki kandungan Kalsium, Fosfor dan Besi. Unsur-unsur tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. 

Ampas Teh, jangan buang sisa celupan teh anda, karena ampas teh ini dapt digunakan untuk menyuburkan tanaman. Rendamlah amas teh kedalam air kemudian keesokan harinya siramkan pada tanaman anda. 

Kulit Pisang, kulit pisang juga memiliki kandungan Kalsium yang cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman. Tumbuk kulit pisang hingga halus kemudian larutkan dalam air dan siramkan pada tanaman. 

Agar-agar, agar-agar dapat menyuburkan tanaman. Cara pemberiannya adalah dengan mencampurkan 1 sampai 2 sendok makan agar-agar bubuk kedalam segelas air panas. Setelah agar-agar larut, campur larutan agar-agar ini ke dalam 3 gelas air. Setelah larutan diaduk rata, siramkan ke akar tanaman anda. 

Sisa Obat-Obatan (puyer / tablet), kalau yang satu ini terbilang cukup unik karena seakan-akan memaksakan.... ^ ^ Namun tidak ada salahnya mencoba. Tumbuk sisa obat-obatan yang tidak terpakai / kadaluarsa dan kemudian larutkan kedalam air dan siramkan ke akar tanaman. Cara ini terbukti efektif menyuburkan tanaman. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh kandungan unsur kimia yang ada di dalam obat-obatan terutama obat-obatan yang mengandung elemen tertentu seperti Kalsium.
 
Unik? Jangan bilang unik kalau anda belum mencobanya.. ^ ^ Pemberiannya jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan hasilnya akan malah sebaliknya. Kalau anda menginginkan hasil yang memuaskan janganlah anda malas-malas memupuk tanaman anda (dengan bahan2 diatas) secara periodik. Setidaknya seminggu sekali berilah tanaman-tanaman anda yang ada di dalam pot semua nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh. Jangan biarkan tanaman anda "Hidup Segan Mati Tak Mau"... ^ ^

Selamat Mencoba.


artikel berikutnya



3 comments:

wsc biolo mengatakan...

sisa makanan kita jangan di buang gitu

Anonim mengatakan...

Mau tanya, apakah tanaman buah, bila diberi vetsin, nantinya setelah berbuah akan mengandung vetsin juga ?

Nurlaily Hawa Ekawati mengatakan...

trimasih
sangat bermanfaat informasinya :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog