loading...

Mengenal Jenis Burung Pheasant



Burung Pheasant jenis ini merupakan pheasant yang paling umum dan jumlahnya sangat banyak karena mudah diternakkan. Bahkan, di Amerika hewan ini sengaja dilepaskan dalam jumlah banyak di padang rumput untuk kemudian dijadikan kegiatan perburuan. Habitat asli dari pheasant adalah daerah Kaukasus dan Rusia.
Photobucket


Phasianus Colchicus


Golden Pheasant (Crystolopus Pictus)

Mahluk cantik ini aslinya berasal dari China bagian barat, namun kini banyak diternakkan di dataran Inggris. Golden Pheasant jantan rata-rata berukuran 90-105 cm, sementara betina 60 – 80 cm.


Photobucket


Golden Pheasant


Lady Amhers Pheasant(Crystolopus Pictus)

Pheasant jenis ini berasal dari Cina sebelah barat daya dan Myanmar. Sang jantan rata-rata berukuran 100-120 cm, sementara betina 70 – 90 cm. Jika ingin memelihara pheasant ini, pastikan lingkungan kandangnya tidak basah dan dingin, karena hewan ini tidak menyukai keadaan lembab.

Blue Eared Pheasant (White eared pheasant)

Burung pheasant ini berasal dari Cina Tengah. Ukurannya cukup besar, sekitar 96 cm. Antara jantan dan betina secara fisik serupa, yang membedakan adalah ukuran jantan sedikit lebih besar.

White eared pheasant (Crossoptilon crossoptilon)

Pheasant ini berasal dari dataran tinggi himalayan, biasanya hidup dalam kelompok besar. Antara betina dan jantan dari segi penampilan tidak banyak perbedaan, hanya jantan sedikit lebih besar. Jenis pheasant ini baru mau kawin ketika sudah berumur dua tahun. Seperti kebanyakan pheasant lain, pheasant putih hanya bertelur 6 – 7 butir setiap tahun antara bulan Juni sampai Agustus.

Silver pheasant (Lophura nycthemera)

Pheasant ini berasal dari Asia Tenggara dan China Selatan. Jantan dan betina pheasan ini mudah dibedakan karena jantan berwarna putih hitam, sementara betina berwarna coklat. Ukuran jantan jauh lebih besar, sekitar 125 cm dan betina sekitar 70 cm.

Ruffed grouse (Bonasa umbellus)

Jenis pheasant satu ini berasal dari Kanada dan Alaska. Ukurannya seperti ayam kampung. Namun untuk jantan, ekornya seperti kalkun, dapat direntangkan bak kipas. Betina memiliki bulu coklat biasa tidak seperti jantannya yang bulunya lebih atraktif.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog