loading...

MANFAAT BIJI TANAMAN SELASIH BAGI KESEHATAN



Selain Daun Selasih bisa digunakan sebagai Insektisida alami untuk mengusir lalat buah ternyata BIJI SELASIH ATAU KEMANGI sangat bermanfaat bagi kesehatan. Simak informasinya dibawah ini 


http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/manfaat-biji-tanaman-selasih-bagi.html
Gambar Biji Selasih/Kemangi


Apakah anda tahu tanaman selasih/kemangi?. 
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/manfaat-biji-tanaman-selasih-bagi.html

http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/manfaat-biji-tanaman-selasih-bagi.html

Tanaman selasih dengan nama ilmiahnya Ocimum, yaitu tanaman yang terna yang hampir keseluruhan tanaman ini digunakan sebagai bahan rempah-rempah. Bagian tanaman selasih yang sering digunakan adalah bijinya, biji selasih sering digunakan sebagai pelengkap makanan seperti sebagai pelengkap minuman dingin, jally ataupun lainya. Biji selasih yang ukuranya sebesar wijen, yang memiliki warna hitam kecil dan dikelilingi warna putih bening diluarnya. Bukan hanya sebagai bahan pelengkap makanan biji selasih sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Menurut beberapa penelitian, selasih memiliki kandungan yang beragam seperti eugenol. Eugenolmerupakan sebuah zat atau bahan aktif yang berfungsi sebgai fungisida. Kandungan lainya yaitu Tymol, tymol ini sangat baik untuk mengatasi seranggga. Kandungan atau bahan aktif lainya adalah meta eugenol, ini digunakan untuk pemikat hama buah. Kandungan aktif tersebut sangat berguna bagi tanaman. Biji selasih dalam pengobatan herbal sering dijadikan sebagai tanaman alternative untuk menyembuhkan macam-macam penyakit.

Menurut Prof. Hembing, seorang ahli tanaman menyebutkan bahwa biji selasih memiliki beberapa khasiat, seperti yanga akan dijelaskan dibawah. Khasiat biji selasih bagi kesehatan, diantaranya:

Khasiat Biji Selasih sebagai Mengurangi Kegelisahaan ataupun Susah Tidur
Bagi Anda yang mengalami kegelisahan berat, baik itu karena keadaan keluarga ataupun persoalan kerja. Cobalah konsumsi beberapa biji selasih ataupun makanan yang telah dilengkapi dengan bisi selasih. Karena menurut penelitian biji selasih memiliki khasiat menenangkan.

Khasiat Biji Selasih untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan
Biji selasih sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, gunakanlah biji selasih secukupnya bila perlu penggunaan biji selasih disajikan dengan makanan.

Khasiat Biji Selasih lainya
Khasiat biji selasih lainya menurut Prof. Hembing yaitu untuk merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan penderita kejang, sebagai penurun demam, sebagai pembersih racun dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Penggunaan Biji Selasih sebagai Pengobataan Alami atau Herbal
Mengatasi Radang lambung Ambilah 5 gram biji selasih dan rebuslah dengan suhu air 200cc, lalu campurlah dengan 1 sendok makan madu murni. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat, lakukan 2 kali dalam sehari.

Sebagai Ramuan Kecantikan 
Tumbuklah biji selasih, lalu sedu dengan air secukupnya. Gunakan sebagai lulur pada wajah Anda, lakukanlah 1 hari sekali.

Obat Sakit Gigi 
Ambilah 10gr biji selasih dan rebuslah bersama 4 butir cengkeh dengan air mendidih. Lalu minumlah air tersebut selagi hangat.

Obat Sakit Kepala Ambil 5gr biji selasih rebuslah dengan 15gr jahe dan 15 buah angco dengan menggunakan suhu air 400cc. Saringlah ramuan tersebut, dan minumlah selagi hangat.

Sebagai Penenang 
Bagi Anda yang sering gugup, biji selasi bisa dijadikan sebagai penenang caranya, Seduhlah 5gr biji selasih dengan air 200cc. Lalu minumlah 2 sendok teh dalam satu kali minum.

Pembengkakan Jantung
- Daun selasih 1/2 genggam
- Biji selasih 1/2 sendok teh
- Akar selasih 2 kilan
- Kencur 1 biji sebesar kelereng
Cara membuat
Bersihkan kencur lalu memarkan, rebus bersama bahan lain dalam 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, saring dan minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
BONUS AYAM GORENG SELASIH
http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/manfaat-biji-tanaman-selasih-bagi.html

http://tipspetani.blogspot.com/2014/12/manfaat-biji-tanaman-selasih-bagi.html


loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog