loading...

CIRI-CIR TANAH HUMUS DAN MANFAATNYA




Tanah yang sangat subur dan banyak digunakan atau dimanfaatkan untuk menanam adalah tanah yang baik da banyak menjadi incaran, apalagi bagi mereka yang hobi dalam menanam tanaman, meskipun tidak semua tanaman harus di tanam di tanah yang subur, tetapi pasti akan lebih baik hasilnya jika di tanam pada tanah yang subur, dan tanah subur inilah yang disebut dengan tanah humus. Tanah humus sudah tidak asing lagi di telinga, beda ketika dahulu membahas mengenai beberapa manfaat tanah seperti manfaat tanah latasol, , dan Manfaat Tanah Organosol, tentu tanah-tanah itu masih terdengar asing, namun jika mengenai manfaat tanah kapur dan manfaat tanah humus sudah di pastikan tidak akan asing di telinga, untuk itu langsung saja membahas ciri-ciri dan manfaat tanah humus.

Ciri-ciri Tanah Humus
Memiliki warna gelap pada lapisan tanah

Sering kali ketika lewat di tanah-tanah yang ada di perkebunan sering ditemukan tanah yang berwarna agak gelap dan terletak pada lapisan paling luar tanah, tanah inilah yang disebut dengan tanah humus, tanah humus biasanya berwarna agak gelap ketimbang tanah yang lainnya sehingga sedikit mudah untuk di tandai tanahnya, selain itu keberadaan tanah humus pun dapat dengan mudah di tandai keberadaannya. 

Memiliki daya serap yang tinggi

Selain memiliki ciri-ciri warna yang gelap tanah ini pun memiliki daya serap air yang tinggi, tanah ini dapat merasakan manfaat air yang baik sehingga memiliki daya serap air yang tinggi. 

Unsur yang terbentuk dari bagian tumbuhan yang membusuk

Biasanya jenis tanah ini keberadaanya berada diantara tanaman-tanaman yang memiliki daun atau ranting yang sudah lama tertimbun sehingga tanah itu bisa menjadi tanah yang subur tau tanah humus. Tanah humus terbentuk akibat adanya timbunan ranting ataupun daun yang berada di tanah yang membusuk sehingga tanah menjadi lebih subur sehingga Manfaat Tanah Subur dapat dirasakan.

Merupakan tanah yang sangat subur

Tanah humus memang merupakan tanah yang sangat subur, sehingga tanah ini sangat baik untuk di manfaatkan dalam menanam tanaman apapun. 

Terletak pada lapisan tanah paling atas

Karana terbentuk akibat pembusukan ranting dan dedaunan, maka tanah ini biasanya seirng ditemukan pada bagian lapisan teratas dari tanah, meskipun begitu, tanah ini tetapi merupakan tanah yang subur yang baik untuk kehidupan dan menompang daya hidup tanaman lebih lama.

Dapat meningkatkan kandungan unsur hara

Unsur hara pada tanah pun dapat ditinggkatkan karena keberadaan tanah humus ini, oleh sebab itu terkadang tanah ini dimanfaatkan untuk menanam tanaman seperti tanaman hias dengan cara mencampurkan tanah biasa dengan tanah humus ini, sehingga unsur hara pada tanah tersebut dapat berubah dengan baik, dan tanaman yang akan dihasilkan pun baik. 

Digunakan sebagai sumber energi dari jasad-jasad mikro

Tak berhenti pada mengubah dan meningkatkan unsur hara saja, tetapi ternyata tanah humus ini dapat digunakan untuk memberikan sumber energi dari beberapa jasad-jasad mikro yang berada di tanah. Pada wilayah musim yang beriklim tropis banyak di jumpai tanah ini

Ciri yang terakhir adalah tanah humus biasnaya dapat di jumpai atau banyak di jumpai di wilayah yang memiliki iklim yang tropis. 

Manfaat Tanah Humus
Merupakan makanan bagi tumbuhan

Tanah humus dapat diibaratkan sebagai makanan yang baik bagi tumbuhan, meskipun tidak begitu sebenarnya, tetapi memang dengan adanya tanah humus ini dapat menyebabkan tumbuhan menjadi lebih subur dan lebih besar, bila dalam bahasa manusia bisa menjadi lebih makmur, itulah sebabnya mengapa tanah humus sering disebut sebagai makanan tumbuhan. Karena tanah humus menjadi kan tumbuhan menjadi tumbuh dengan baik. 

Struktur pada tanah terjaga

Selain sebagai makanan tumbuhan, tanah humus ini memiliki fungsi protection yaitu menjaga tanah dan tumbuhan yang ada disekitarnya dari kekeringan, karena pada dasarnya tanah ini memiliki banyak mineral dan mudah menyerap air, sehingga akan menjaga tanah dan tumbuhan dari kekeringan, selain itu tanah humus pun mememili manfaat ganda, selain untuk perlindungan tanah humus dapat digunakan sebagai pupuk dalam tanaman. 

Sebagai pupuk

Pupuk alami adalah pupuk yang terjadi karena endapan atau pembusukan ranting dan juga dedaunan pada pohon atau dapat dikatakan Manfaat Sampah Organik. Dan hasil dari pembusukan ranting dan pohon itulah yang disebut dengan tanah humus. Sehingga tanah humus memang memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai pupuk, terutama pupuk alami dalam kehidupan. Tanah humus terkadang tidak memerlukan pembentukan yang secara sengaja, biasanya tanah humus ini terjadi dengan tidak sengaja, dalam artian tanah humus ini terjadi secara alamiah tanpa di buat-buat. Biasanya tanah humus terdapat diantara temapat-tempat yang memiliki banyak pohon seperti kebun dan lain sebagainya. Kaerna pohon dan ranting serta daun pohonlah yang menyebabkan tanah menjadi tanah yang subur yang di artikan pula sebagai tanah humus. 

Menambah kandungan air pada tanah

Ciri-ciri dari tanah humus adalah mampu atau memiliki daya serap yang tinggi dari pada tanah yang lain, sehingga dengan menambahkan tanah humus biasanya akan membantu tanah yang berada di campuran tanah humus ini ikut mendapatkan air yang cukup karena tanah humus mampu memberikan serapa air yang baik pada tanah terutama pada tumbuhan. Sehingga dengan mencampurkan tanah humus atau menggunakan tanah humus dapat memiliki fungsi sebagai penambah kandungan air pada tanah. 

Sebagai bahan pengomposan

Meskipun ini terjadi secara alami, namun memang sejatinya tanah humus ini dapat dijadikan sebagai bahan pengomposan. Tanah ini biasanya di letakan pada bagian atas tanah. Misalnya ketika hendak menanam bunga atau tumbuhan lain di pot, biasanya diberikan terlebih dahulu tanah kemudian biji tanaman atau tanaman yang kecil, kemudian baru diberikan tanah humus di atasnya, hal ini agar tanah humus dapat bekerja lebih maksimal karena berada di permukaan dari tanah yang lainnya.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog