loading...

Kicauan Cucak Rante Emas Yang Sudah Langka



Salah satu burung dari spesis Cica daun ( Chloropsis ) yang kini semakin jarang ditemukan baik di-pasaran ataupun dihabitat aslinya adalah burung Cucak Rante Biru atau Cucak Rante Mas ( Chloropsis venusta) yang juga dikenal dengan nama Blue-masked Leafbird.


Burung yang merupakan endemik dan berhabitat hanya di Pulau Sumatera ini, keberadaannya semakin sulit ditemukan setelah habitat aslinya yang mulai rusak dan berkurang akibat pengalihan fungsi lahan hutan akibat dari kebijakan pemerintah ( dimana aneka ragam tanaman diganti dengan satu jenis tanaman seperti Palma, karet, dll ) dan juga rusaknya ekosistem akibat pembalakan liar yang kerap terjadi di hutan-hutan sumatera. Hal itulah yang turut membuat keberadaan burung yang merupakan endemik asli indonesia ini harus berada di ujung tanduk dari populasinya yang mulai jarang ditemukan akibat semakin berkurangnya tempat habitat mereka yang penyebarannya di Pulau Sumatera ini meliputi Aceh, Bukit barisan hingga Lampung.


Burung Cucak rante biru / emas jantan

Burung Betina


Beberapa burung yang termasuk dalam jenis Chloropsis yang penyebaran bisa ditemukan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera adalah :

  • Chloropsis sonnerati, Cucak Daun Besar, Cucak Ijo Kepala Polos
  • Chloropsis aurifrons, Cucak Ijo Kepala Kuning, Cucak Ijo Medan/Sumatera
  • Chloropsis cochinchinensis, Cucak Ranti Kuning, Ranti Bunga
  • Chloropsis cyanopogon, Cucak Ranti Hijau Polos, Ranti Gandum, CI Mini
  • Chloropsis venusta, Cucak Ranti Emas/Biru
  • dan dari keluarga Chloropsis yang juga banyak dipelihara disini tetapi bukan berasal dari wilayah Indonesia adalah Chloropsis palawanensis, Chloropsis flavipennis, dan Chloropsis hardwickii atau Cucak Cungko .
Sama seperti burung dari jenis Cica daun yang terkenal dengan kicauan dan lagunya yang bisa bervariasi dan menirukan suara burung lainnya, Burung Cucak rante biru ini juga terkenal sangat pintar menirukan suara kicauan burung lain dengan cepat, proses pemasteran yang cepat inilah membuat kicauan burung ini selalu penuh variasi dan tanpa ngeban atau lagu sama yang diulang-ulang.

Selain itu suara kicauannyapun berbeda dengan suara burung cucak rante sejenis yang dominan dengan suara kutilangnya, oleh karena itulah burung inipun layak juga mendapat gelar burung 1001 suara seperti halnya burung Cucak cungko.

Video Cucak Rante biru/emas dari youtube




Untuk mendownload suaranya dalam format mp3 silahkan klik Download


Sangat disayangkan memang kalau sampai burung cantik bersuara merdu ini harus menghilang dari habitatnya di hutan-hutan Pulau Sumatera karena ambisi manusia yang ingin menguasai lahan hutan untuk dijadikan industri tanpa memikirkan penanganan masalah hewan atau burung yang berhabitat di lokasi tersebut, oleh karena itulah peran serta kicau mania dibutuhkan dalam menyeimbangkan dengan kondisi tersebut yaitu dengan jalan menangkarkannya. salam kicau

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Kicauan Cucak Rante Emas Yang Sudah Langka"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT