Buah Srikaya Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Buah srikaya selain rasanya yang manis ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Manfaat buah srikaya untuk kesehatan telah dimanfaatkan semenjak dahulu. Kandungan yang terdapat dalam srikaya ini dapat dijadikan obat kulit, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.


Srikaya merupakan pohon yang berasal dari Hindia Barat yang akan berbuah setelah berumur sekitar 4 tahun. Srikaya termasuk tanaman perdu yang mudah kita jumpai di pekarangan dan bahkan banyak yang tumbuh secara liar. Daging buah srikaya berwarna putih dan memiliki rasa yang manis, sedangkan biji yang telah masak berwarna hitam.

Bagian tanaman srikaya yang dapat digunakan sebagai obat yaitu buah, daun, akar, kulit kayu, dan bijinya. Akar srikaya berkhasiat untuk antiradang, antidepresi. Manfaat daun srikaya yaitu astringen, antiradang, peluruh cacing usus, serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga.

Walaupun buah srikaya ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun penggunaannya harus dibawah herbalis berpengalaman. Karena beberapa bagian dari pohon srikaya ini beracun, seperti rebusan biji, kulit dan akar pohonnya. Bahkan untuk ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya, karena bisa berbahaya untuk kesehatan ibu dan janinnya. 


artikel berikutnya



3 comments:

rosid ridlo mengatakan...

numpang juga bos..
http://www.manfaatbuah.org

pureit mengatakan...

tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

Anonim mengatakan...

ijin copas

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog