Buah Manggis Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tahukah anda bahwa buah manggis (Garnicia mangostana) ialah tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara. Manfaat buah manggis untuk kesehatan sudah lama dikenal karena kaya akan kandungan antioksidan pada kulit manggis dan buahnya.



Manfaat buah manggis yang pertama ialah dapat mencegah penyakit yang mematikan. Hal ini disebabkan buah manggis memiliki kandungan zat xanthones. Menurut penelitian zat xanthones ini berkhasiat untuk mengatasi penyakit yang mematikan seperti kanker, diabetes, jantung dan sebagainya.

Kandungan zat xanthone yang terdapat pada manggis juga mampu mengobati beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan kanker lainnya. Manggis juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi, hypertensi yang terjadi akibat adanya gangguan pada pembuluh darah dan resiko terhadap sakit jantung dan stroke.

Bukan hanya buah manggis, bahkan kulitnyapun memiliki khasiat juga. Kulit buah manggis berkhasiat untuk antikanker, antioksi dan mengatasi jantung koroner, dan HIV. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan bersifat apotosis sebagai penghancur sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi, dan antidiare.

Buah manggis mengandung catechins yang terbukti dapat melawan radikal bebas yang ada di tubuh kita. Mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.

Selain itu di dalam buah manggis memiliki kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin yang bersifat sebagai antibakteri. Efektivitas alpha-magodtin mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline. 


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog