loading...

Inilah Tanaman Lee Kwan Yew, Tanaman Rambat Terpopuler Saat Ini


Tanaman rambat merupakan jenis tanaman hias yang marak dicari sekarang ini. Masalah keterbatasan lahan menjadi sebab para pencinta tanaman hias beralih memilih tanaman yang bisa tumbuh secara vertikal karena penempatannya yang hemat ruang. Salah satu tanaman rambat yang sangat populer digunakan sekarang ini adalah tanaman Lee Kwan Yew.


Tanaman yang berasal dari Burma ini sekarang sudah dikembangbiakkan di berbagai negara lain seperti India dan Australia. Hal ini membuat tamanan Lee Kwan Yew semakin populer di kalangan para pencinta tanaman hias di dunia. Tidak hanya itu, tanaman Lee Kwan Yew juga memiliki beberapa hal spesial lainnya yang membuatnya semakin menjadi favorit banyak orang.

1. Sebutan tanaman Lee Kwan Yew diambil dari nama mantan Perdana Menteri Singapura

straittimes.com

Pasti kamu bertanya-tanya, siapa sebenarnya Lee Kwan Yew? Dan kenapa tanaman rambat ini dinamai dengan nama itu? Lee Kwan Yew merupakan mantan Perdana Menteri Singapura yang pada tahun 1967 menyelenggarakan sebuah proyek pembangunan ramah lingkungan bernama Garden City.

Bangunan yang dibangun dalam proyek Garden City tersebut sebagian besar dihiasi oleh tanaman rambat jenis Vernonia elliptica. Karena kesuksesan proyek yang dijalankan dan Lee Kwan Yew berhasil mempopulerkan penggunaan tanaman merambat ini, maka sejak saat itu namanya dipakai sebagai nama populer dari Vernonia elliptica.

2. Memiliki banyak nama dengan segudang makna

pinterest.com

Tidak hanya dikenal dengan nama tanaman Lee Kwan Yew, di Indonesia tanaman rambat ini juga dikenal dengan nama ‘janda merana’ bahkan tanaman Lee Kwan Yew ini memiliki tiga nama ilmiah yang berbeda, yaitu Vernonia elliptica, Vernonia elaeagnifolia, Tarlmounia elliptica. Masing-masing nama ilmiahnya memiliki arti yang merepresentasikan karakter dari tanaman Lee Kwan Yew.

Elliptica menunjukan daun tanaman Lee Kwan Yew yang berbentuk elips. Sementara elaeagnifolia berarti murni dan bersih seperti halnya buah zaitun, hal ini terlihat pada bentuk daun tanaman hias Lee Kwan Yew yang menyerupai daun dari pohon zaitun. Karakter tanaman rambat yang tumbuh menjuntai ke bawah ini juga membuatnya dikenal dengan nama curtain creeper.

3. Populer digunakan untuk taman vertikal

shutterstock.com

Sebelum banyak yang mengetahui tentang tanaman Lee Kwan Yew, para arsitek dan desainer lanskap telah lama menggunakan tanaman rambat ini untuk membuat taman vertikal. Pasalnya, tanaman Lee Kwan Yew memang memanfaatkan tempat-tempat vertikal seperti dinding agar ia dapat menjulurkan batang-batang dan daunnya yang ringan. Batangnya bisa menjalar sepanjang 0.5 meter sampai 3 meter.

4. Sebagai dekorasi eksterior

straittimes.com

Namun tidak sebatas sebagai penyusun taman vertikal, Tanaman Lee Kwan Yew juga bisa dijadikan sebagai dekorasi eksterior rumah yang lain. Tanaman rambat ini bisa menjadi salah satu tanaman hias yang ditanam di taman atau kebun atap rumah (rooftop garden), bisa juga dipasang pada pagar rumah ataupun sebagai dekorasi balkon untuk menghasilkan kesan tirai yang menjuntai.

Untuk menciptakan dekorasi yang lebih kreatif dari tanaman Lee Kwan Yew, kamu bisa mengombinasikannya dengan tanaman rambat lainnya, lalu dililitkan pada tiang dan tralis pergola di halaman rumahmu.

5. Tanaman Lee Kwan Yew tumbuh sepanjang tahun

pinterest.com

Tidak seperti tanaman rambat yang hanya tumbuh pada musimnya saja, tanaman Lee Kwan Yew tumbuh di sepanjang tahun. Cara menanam tanaman Lee Kwan Yew juga terbilang mudah, tanaman rambat ini tidak begitu bergantung dengan suhu dan kelembapan dan hanya memerlukan tanah yang mudah menyerap air. Meskipun begitu, tanaman Lee Kwan Yew memerlukan ekspos matahari yang penuh.

Bukan berarti karena ia tanaman rambat, maka kamu memerlukan wadah vertikal untuk menanamnya. Kamu cukup menyediakan wadah sederhana, seperti pot ataupun boks plastik. Untuk membuat sistem irigasi bisa dibuat langsung pada wadah tanamnya, menyiramnya pun tidak perlu sampai ke batang dan daunnya yang merambat secara vertikal.

6. Memiliki bunga yang cantik

wikimedia.org

Tanaman Lee Kwan Yew umumnya memiliki bunga-bunga cantik berwarna putih, namun ada juga yang bunganya berwarna putih kemerahan (pinkish-white). Bunga tanaman Lee Kwan Yew tersusun dari kelopak yang menyerupai tangkai-tangkai yang tipis.

Keberadaan bunganya membuat efek tirai yang diciptakan tanaman Lee Kwan Yew menjadi lebih menawan. Namun jika kamu ingin memaksimalkan pesona tanaman rambat ini, tanamlah secara berdekatan agar terlihat rimbun.

7. Tanaman Lee Kwan Yew dapat berfungsi sebagai pelindung

pinterest.com

Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman Lee Kwan Yew juga merupakan elemen dari arsitektur urban, yaitu arsitektur tropis. Tanaman rambat ini bisa dimanfaatkan sebagai tabir atau natural screen yang melindungi bangunan dari paparan sinar matahari. Dengan menggunakan tanaman Lee Kwan Yew sebagai kulit kedua, bangunan terasa selalu sejuk setiap saat. Selain itu, perannya sebagai pelindung juga bisa memberikan rasa aman untuk kamu yang membutuhkan privasi yang lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Inilah Tanaman Lee Kwan Yew, Tanaman Rambat Terpopuler Saat Ini"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT