loading...

YANG PERLU KITA KETAHUI TENTANG HEWAN KAKI SERIBU


Kaki seribu atau dikenal juga dengan sebuatan keluwing adalah salah satu hewan kebun yang kehadirannya cukup meresahkan. Banyak orang merasa takut jika bertemu dengan kaki seribu sebab bentuk fisik dari hewan ini menyerupai kelabang.

Tentu saja anggapan tersebut tidak benar, kaki seribu tidak sama dengan kelabang, dan tidak memiliki racun yang berbahaya bahkan cenderung pemalu. Kalau kita sentuh sedikit saja, maka kaki seribu akan melingkarkan tubuhnya sebagai tanda perlindungan diri.

Meskipun tidak berbahaya, namun perlu adanya tindakan yang tepat untuk membasmi hama ulat kaki seribu ini agar tidak semakin mewabah. Jika Anda berfikir dengan membunuhnya atau menyingkirkan satu – dua ekor kaki seribu sudah cukup efektif, maka Anda keliru.

Ulat kaki seribu memiliki banyak telur dan larva yang sudah siap untuk kembali menyerbu perkebunan Anda, bahkan pada beberapa khasus ulat kaki seribu dewasa akan masuk ke dalam rumah. Lalu bagaimana cara membasmi hama ulat kaki seribu yang benar? Berikut akan kami berikan solusinya.

Bagaimana membedakan jantan dan betina? Bida dilihat dari kaki. Jantan memiliki kaki khusus bernama gonopod. Jantan akan menampung dan menyalurkan sperma di gonopod ke kelamin betina. Si betina, sebagian mampu kawin hingga berulang kali, dan mampu menelurkan sedikitnya 1.200-2.000 butir. “Ada juga sekali kawin dan bertelur, setelah itu mati.”

Cara Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu

Untuk membasmi hama ulat kaki seribu tidak diperlukan banyak teknik atau cara-cara khusus yang rumit, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktekkan untuk melenyapkan hewan yang memiliki sebutan ulat gagak ini.

1. Gunakan Furadan

Ada yang berpendapat bahwa penggunaan furadan tidak dianjurkan karena bisa merusak kesuburan tanah. Namun pendapat tersebut tidak seratus persen benar. Penggunaan furadan yang tepat sesuai dosis dan aturan pemberian bukanlah suatu permasalahan.

Taburkan sedikit furadan di tempat-tempat kaki seribu biasa bersembunyi, diantaranya di balik batu, pada dedaunan kering, juga pada pot tanaman. Tunggu beberapa saat dan hama ulat kaki seribu akan mati dengan sendirinya.

2. Berikan Akses Pada Sinar Matahari

Jika Anda kerap menjumpai lahan atau rumah Anda didatangi oleh hama ulat kaki seribu, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa lingkungan Anda termasuk lingkungan yang lembab. Sebaiknya Anda sering-sering membuka jendela rumah atau memberi lubang angin yang cukup agar sinar matahari dapat masuk ke dalam.

Demikian pula pada kebun pertanian Anda, bersihkanlah dari tanaman yang terlalu tinggi atau rimbun, agar sinar matahari bisa menembus. Dengan mengurangi kelembapan, maka tempat Anda akan terbebas dari hama ulat kaki seribu.

3. Bersihkan Rumah dengan Karbol

Hama Kaki seribu tidak menyukai bau yang menyengat, karena itulah gunakan karbol atau pembersih lantai lainnya untuk mengepel dan menghadirkan bau yang tajam seperti bau pine di rumah Anda. Niscaya hama kaki seribu akan enggan untuk sekedar mampir ke dalam rumah.

4. Berikan Insektisida atau Kapur Semut

Seperti halnya bau karbol yang menyengat, hama kaki seribu juga tidak senang dengan kapur semut. Berikan atau garisi akses masuk kaki seribu dengan kapur semut untuk menghalangi masuk ke dalam rumah. Melingkari lubang sembunyi dari hama kaki seribu juga bisa Anda lakukan agar binatang tersebut tetap berada dalam sarangnya.

5. Mengusirnya Secara Langsung

Hama kaki seribu adalah hewan yang berjalan lambat, karenanya Anda dengan mudah dapat membunuhnya dan menyingkirkannya. Cara ini cukup praktis dan tidak membutuhkan banyak upaya, namun kelemahannya tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama disamping bau dari kaki seribu yang tidak enak jika dibunuh.

Lagi pula cara tersebut tentu tidak akan efektif mengingat di luar sana masih banyak telur atau larva yang siap berkembang biak. 

Dampak Negatif Kehadiran Kaki Seribu

Kaki seribu memang tidak menggigit atau pun menimbulkan kerusakan parah terhadap perkebunan, namun kehadirannya tentu saja akan menimbulkan dampak negatif, terlebih jika sudah beranak pinak dan mewabah di lingkungan sekitar kita. Inilah alasan mengapa Anda harus membasmi hama kaki seribu.

1. Dapat Merusak Akar

Sebenarnya kehadiran hama kaki seribu pada perkebunan tidaklah sepenuhnya merugikan, kaki seribu dapat perperan seperti cacing yang mengurai daun dan sampah di dalam tanah sehingga ikut berperan dalam kesuburan.  Hewan ini masuk katagori decomposer, artinya pemakan sisa-sisa tumbuh-tumbuhan. Kotoran sisa pengolahan makanan yang dikeluarkanpun, mampu meningkatkan zat hara di tanah. Hingga mampu menyuplai kebutuhan dan kesuburan tanah, yang bermanfaat bagi tumbuhan.
Namun populasinya yang berkebihan dan kurangnya bahan makanan di habitatnya bisa membuat hama ini menjadi pemkan akar tanaman yang masih muda. Karena itulah kaki seribu baiknya segera dibasmi.

2. Menggundang Hadirnya Kelabang

Dalam rantai makanan, kaki seribu kecil adalah mangsa atau makanan dari kelabang. Karena itulah kehadiran hama kaki seribu dalam jumlah yang besar dapat mengundang kelabang. Hal ini tentu semakin tidak baik, mengingat kelabang memiliki racun yang berbahaya bagi manusia.

3. Kehadiran Kaki Seribu di Rumah Berbahaya

Kaki seribu yang berukuran kecil atau ulat gagak bisa saja masuk ke dalam telinga manusia ketika tidur, selain itu hewan ini akan mengeluarkan semacam lendir yang bisa membuat beberapa orang menjadi alergi dan gatal-gatal. Dari pada menghadapi resiko yang tidak menyenangkan tersebut, pasti akan lebih baik untuk segera mengambil langkah memusnahkan hewan ini.

4. Pembengkakan Pada Permukaan Kulit

Pada orang yang tidak tawar dengan kehadiran kaki seribu atau lendirnya, alergi yang ditimbulkan bisa lebih parah dari sekedar gatal-gatal. Beberapa akan mengalami pembengkakan pada area tubuh yang terkena interaksi bahkan hingga demam.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "YANG PERLU KITA KETAHUI TENTANG HEWAN KAKI SERIBU"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT