loading...

TANAMAN JENGGOT MUSA YANG SEMAKIN DIMINATI


 
Tanaman Jenggot Musa adalah tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman hias dan tanaman ini merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh di Indonesia. Sebagai hiasan di rumah tanaman ini memang sangatlah cocok dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Pada habitat aslinya tanaman ini adalah tanaman yang hidupnya selalu merambat dan menempel di sebuah pohon besar. Bentuk tanaman ini memang tidak beraturan, namun tanaman ini mudah sekali di bentuk bila di tanam pada sebuat pot gantung untuk menghiasi lingkungan rumah.

Cara membuat tanaman hias dari Jenggot Musa sangatlah mudah, karena tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara memisahkan anakan yang akan muncul pada saat tanaman ini sudah mengalami fase berbunga. Anakan tanaman ini harus yang sudah tua dan dekatkanlah dengan inang lalu cucilah sampai bersih.

Jenggot Musa menurut beberapa penelitian memiliki banyak kegunaan seperti dapat menjadi obat untuk mengobati kanker, obat untuk mencegah dan mengobati penyakit HIV, campuran pembuatan obat tradisional atau ramuan herbal, dapat mencegah terserang penyakit diabetes, mengobati gatal-gatal pada kulit, menghilangkan jamur di kulit, mengobati eksim, membantu menghilangkan jerawat, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dapat menurunkan kadar kolesterol, dapat menyembuhkan rematik, dapat menghilangkan nyeri pada saat usai persalinan dan dapat menjadi obat saat mengalami sakit perut.

Tanaman ini merupakan sebuah tanaman yang termasuk dalam keluarga nanas-nanasan dan bulu halus yang ada pada bagian tanaman jenggot berfungsi untuk tetap selalu bertahan hidup. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman yang dapat hidup dengan berbagai cara seperti digantung dengan menggunakan tali biasa, menggunakan kawat dan dapat juga ditempel pada kayu.
Berikut ini adalah cara merawat Bunga Jenggot Musa:

Untuk membuat tanaman ini tumbuh subur tidaklah sulit, karena tak perlu memerlukan pupuk khusus cukup dengan menyiramkan air secara rutin tanaman ini bisa tumbuh subur. Para pecinta tanaman hias memang rela mengeluarkan dana yang besar untuk mendapatkan sebuah tanaman Jenggot Musa terbaik, karena selain bentuknya yang terlihat sangat indah dan lucu, tanaman ini juga memiliki banyak khasiat yang akan membuat kondisi lingkungan menjadi lebih baik.

Penyiraman agar tanaman Jenggot Musa tumbuh subur

Lakukanlah penyiraman secara rutin untuk membuat tanaman Jenggot Musa tumbuh subur dan gunakanlah alat semprot untuk menyiram tanaman pada pagi dan sore hari. Jika penyiraman dilakukan secara asal akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Siramlah tanaman ini setiap hari dan jangan biarkan kondisi tumbuhan kekurangan pasokan air. 

Pencahayaan agar tanaman Jenggot Musa tumbuh subur

Tanaman Jenggot Musa yang hidup liar selalu kuat dan selalu hidup dalam berbagai keadaan. Jadi pasokan cahaya harus ada untuk tanaman ini, tak perlu pasokan cahaya matahari langsung, namun hanya cahaya yang masuk pada sebuah tempat saja sudah cukup. Janganlah menyimpan tanaman Jenggot Musa pada tempat yang tertutup tanpa adanya sinar matahari masuk.

Tanaman ini memiliki banyak nama lain seperti tanaman Jenggot Dewa, Jenggot Musa, Jenggot Nabi, Jenggot Bodas, Spanish Moss dan Tanaman Angin. Tanaman Jenggot dewa juga sering disebut tanaman angin karenan tanaman ini dapat hidup secara terombang-ambing oleh tiupan angin. Tanaman ini kini menjadi yang dipertahankan oleh pemerintah, karena masa pertumbuhannya sudah jarang bahkan sudah mendekati kepunahan.

Pada jaman dulu tanaman ini pernah menjadi tanaman primadona yang sangat digemari masyarakat pecinta tanaman hias, namun kini telah banyak ditinggalkan dan hal ini terjadi karena munculnya tanaman-tanaman jenis baru yang lebih bervariasi.

Para petani tanaman hias yang ada di berbagai penjuru Indonesia dulunya banyak memperoduksi tanaman Jenggot Musa, namun sekarang hampir tidak ada yang memproduksi dan hal ini dianggap sebagai hal yang sangat wajar oleh para petani tanaman hias. Namun menurut beberapa penelitian penyebab kelangkaan tanaman Jenggot Musa di Indonesia, karena adanya ekspor secara besar-besaran ke luar negeri dan tak hanya bibitnya saja bahkan induknya juga dikirim ke luar negeri. Hal semacam ini memang berdampak baik bagi segi ekonomi, namun berdampak buruk pada sektor tanamannya.

Belakangan ini tanaman Jenggot Dewa banyak ditemukan di daerah Cihideung Lembang, karena disana masih banyak para petani tanaman hias yang khusus menjual tanamannya bagi para wisatawan yang datang ke Lembang. 

Tak hanya dijual satuan, tanaman jenggot musa juga dapat dipesan dengan jumlah banyak, namun untuk memesan banyak diperlukan pemesanan sejak awal, karena tidak bisa langsung beli, hal ini disebabkan stok bibit terbatas. Menurut beberapa petani yang ada di Lembang kini stok indukan tanaman Jenggot Musa jumlahnya sedikit dan sulit sekali membuat membibitan dalam porsi yang banyak secara cepat dan mendadak.

Para petani di Lembang juga kini sedang memperbanyak indukan Jenggot Musa untuk menghadapi permintaan pasar yang semakin sini semakin besar, apalagi dengan kemajuan tempat wisata lembang yang mendorong banyaknya wisatawan yang datang baik lokal maupun wisatawan asing. Orang asing banyak yang mencari tanaman ini, karena menurut mereka tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat yang dapat membuat tubuh dan lingkungan mendapatkan efek sehat.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara merawat Bunga Jenggot Musa yang tentunya dapat dijadikan sebagai media untuk menghias dan menyehatkan lingkungan di sekitar rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik untuk mencari informasi mengenai cara merawat sebuah tanaman yang baik dan benar
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "TANAMAN JENGGOT MUSA YANG SEMAKIN DIMINATI"

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT