loading...

Penyebab Pohon Durian Tak Kunjung Berbuah

Penyebab Pohon Durian Tak Kunjung Berbuah

buah durian

Masalah ini sering sekali timbul, bertahun-tahun durian tak berbuah. “Jangan-jangan durian jantan?” Tidak seperti itu. Ada beberapa faktor yang membuat tanaman durian tidak berbuah, di antaranya :

KURANG MENDAPAT SINAR MATAHARI

Idealnya, durian membutuhkan sinar matahari penuh selama 8-12 jam sehari. Untuk mengatasinya, cukup mengatur jarak tanam dari kemungkinan bangunan yang menghalangi penyinaran matahari.

KONDISI TANAH

Jenis tanah dan kesuburannya juga mempengaruhi pembuahan durian. Jenis tanah yang cocok adalah tanah lempung berpasir.

ASAL BIBIT

Bibit dan umur tanaman tidak jelas. Di alam, tanaman durian baru berbuah setelah umur 10 - 12 tahun. Untuk durian lokal yang telah dibudidayakan butuh waktu 8 tahun. Durian unggul Monthong dan Chanee (Thailand) serta Mdur (Malaysia) hanay butuh waktu 5 tahun.

KETERSEDIAAN AIR

Penyiraman tanaman perlu diatur jika kondisinya sangat kekeringan. Sebaliknya, jika kondisi tanahnya terlalu lembap perlu dibuatkan saluran drainase (selokan) di sekeliling tanaman untuk mengurangi kelembapan tanah.

GAGAL PENYERBUKAN

Faktor kegagalan pembungaan dan penyerbukan juga bisa membuat durian tidak berbuah, karena bunga dan bakal buah rontok. Masalah ini dapat diatasi dengan menambah unsur hara dan pupuk organik (pupuk kandang). Kekurangan unsur fosfor, kalium, dan unsur mikro, serta kelebihan unsur nitrogen menyebabkan kegagalan pembungaan dan penyerbukan. Penambahan pupuk SP-36, KCl dan pupuk mikro pada saat pemupukan akan mengatasi masalah tersebut. Sementara itu, pupuk organik merupakan salah satu sumber unsur mikro.

MUSIM

Tanaman durian mulai berbuah biasanya setelah melewati masa kering 2-3 bulan berturut-turut dan m
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

3 Responses to "Penyebab Pohon Durian Tak Kunjung Berbuah "

  1. Lam knal...mas,durian saya Üϑ∂ђ berumur 6-7thn dan blm pernah berbuah cuma satu satunya D̶̲̥̅̊​ȋ̝̊̅̄​ kebun ...mohon pencerahan nya,apa perlu D̶̲̥̅̊​ȋ̝̊̅̄​ suntik

    BalasHapus
  2. luar biasa tips nya ,,, sangat membantu,,,
    salam kenal > http://tokobibitdurian.com

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT